Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tolak Penggunaan Sampah Plastik, Susi Pudjiastuti dan Selebriti Aurelie Moeremans, turun ke Jalan untuk menyuarakan Aspirasi Warga



Tolak Penggunaan Sampah Plastik, Susi Pudjiastuti dan Selebriti Aurelie Moeremans, turun ke Jalan untuk menyuarakan Aspirasi Warga | Foto instagram @jktinfo

Tafenpah.com, Jakarta - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Dr. Susi Pudjiastuti bersama selebriti Aurelie Moeremans ikut pawai tolak penggunaan sampah plastik di Kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (30/7/2023).

Sebagaimana yang kita ketahui dan alami bersama sebagai perantau dan tinggal di Jakarta, sampah plastik memang menjadi persoalan pelik yang tak pernah habis untuk diatasi pemerintah.

Karena setiap hari, kita selalu menggunakan plastik dalam berbagai kegiatan. Belum lagi, masifnya pusat-pusat perbelanjaan modern, pabrik, dan industri apa pun pasti menggunakan plastik dalam berbagai kegiatan.

Memang, beberapa bulan yang lalu, ketika kita bepergian untuk berbelanja di pasar swalan, ada kebijakan untuk membawa tas belanjaan sendiri.

Awalnya kampanye tersebut berhasil. Namun, lambat laun, kebiasaan berbelanja dengan tidak membawa tas sendiri, mau tidak mau memaksa pihak pasar swalayan dan senisnya untuk kembali menggunakan plastik.

Tentunya ini bukan masalah kelompok atau komunutas tertentu, namun ini kembali pada masalah setiap individu.

Makanya, melalui konvoi penolakan sampah plastik yang dimotori Susi Pudjiastuti dan Aurelie Moeremans hari ini, setidaknya sebagai warga DKI Jakarta, kita pun menyadari dan sudah seyogyanya mengikuti etika dan aturan lama, yakni membawa tas pribadi, saat berbelanja dan melakukan kegiatan lainnya.

Ratusan organisasi dan komunitas terus menyuarakan penolakan sampah plastik, permasalahannya kembali lagi pada tingkat kesadaran masyarakat dalam merawat bumi yang kian hari kian mencemaskan.

Kecemasan terbesar kita adalah, jika kita tidak mengubah kebiasaan, dampak yang jauh mengerikan adalah kelangsungan hidup generasi penerus bangsa.

Berbagai jurnal lokal, nasional, internasional, dan publikasi kreator konten di kanal-kanal terpercaya pun seolah menjadi angin lalu bagi kita.

Kecenderungan ini dilihat sebagai penyakit atau sindrom manusia dewasa ini yang pandai dalam segala hal.

Tapi lemah dalam sense of environment. Tentu saja ini bukan pembenaran dari penulis dan para praktisi lingkungan hidup.

Tapi, ini soal keberlangsung kita di tengah isu lingkungan hidup yang tak pasti.

Problematik-problematika ini sebaiknya kita minimalisir, sebagaimana aspirasi dari Susi Pudjiastuti dan selebriti super cantik, Aurelie Moeremans seputar penghentikan sampah plastik di Ibukota negara Indonesia ini.

Bukan hanya di kota Jakarta, tapi juga berlaku bagi setiap provinsi yang ada di Indonesia ini. Karena bagaimana pun juga, kita butuh udara yang bersih.

Apalagi Indonesia dan Brazil adalah bagian dari pusat paru-paru dunia.

Pastinya, kita akan terus disoroti negara lain, lantaran penggunaan sampah plastik yang seakan tak pernah berkesudahan.

So, sekali lagi tingkat kesadaran kita itu perlu dan wajib di actio-kan dalam berbagai kegiatan, khususnya menghentikan penggunaan sampah plastik.

Sumber instagram @jktinfo dan pandangan pribadi





Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Tolak Penggunaan Sampah Plastik, Susi Pudjiastuti dan Selebriti Aurelie Moeremans, turun ke Jalan untuk menyuarakan Aspirasi Warga "