Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Tafenpah


Tafenpah berasal dari bahasa Dawan Timor yakni membangun bangsa. 


Meskipun berada di daerah perbatasan RI dan Timor Leste, bukan menjadi alasan bagi anak-anak Desa Haumeni, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk berkarya.


Sebab, kehadiran revolusi industri 4.0 dan kini beralih ke revolusi industri 5.0 dst, memberikan peluang bagi siapa pun untuk berkarya di era digital.


Inilah KENISCAYAAN yang berhasil dimanfaatkan oleh anak-anak muda Desa Haumeni dalam menciptakan masa depan mereka di bisnis digital.


Filosofi Membangun sesuatu dari Timur, khususnya tanah Timor (NTT) pun harus melintasi semua arah mata angin, selain semangat dari mantan Presiden Amerika Serikat, John F Kennedy yang mengatakan "jangan tanya apa yang negara berikan kepadamu. Tapi, tanyalah pada dirimu sendiri, apa yang sudah kamu berikan untuk negara."



Etimologi Tafenpah


Tafenpah berasal dari dua suku kata, yakni; TAFEN artinya MEMBANGUN, dan PAH yang berarti; BANGSA.


Jadi, TAFENPAH secara umum adalah MEMBANGUN BANGSA.


Terlebih dalam konteks ini adalah membangkitkan hasrat menulis anak-anak muda dari tapal batas RI dan Timor Leste untuk berkarya di bidang literasi.


Hal unik di situs TAFENPAH bukan sekadar menulis, tetapi kita dituntut untuk selalu update, menguasai bidang teknologi dasar, kemampuan membangun jaringan lintas profesi, kritis, jujur, dan bertanggung jawab dengan pemikiran kita sebagai anak bangsa.


Sebagai generasi milenial yang peduli pada bidang literasi, kami menyumbangkan ide untuk literasi Indonesia melalui karya-karya kami di blog atau website ini.

Selain itu, kami ingin mengajak semua penulis pemula untuk berani menunjukkan dirinya dalam berkarya. 


Terlepas dari anak desa atau pun kota, itu pun tidak masalah.


Karena tinggal di desa dan kota itu hanyalah perbedaan glamouritas dan suasananya saja. Tetapi paradigma/epistemologi pikiran kurang lebih sama, yakni berpikiran kritis, visioner, Integritas, Profesional, dan pentingnya jejaringan lintas profesi di era digital.


Tafenpah atau membangun bangsa dengan dunia literasi. Tema-temanya seputar Humaniora (Budaya, Filsafat, Inspirasi, dan Religi), Suara Kampus (Opini Kampus, Pers Mahasiswa, Prestasi, Info Beasiswa, Tugas Kampus, dan Rekomendasi Buku), Olahraga, Politik (Berita, Internasional, fiksi), Gaya Hidup (Wisata, Selebriti, Milenial, Quotes/Caption, dan Perantau) serta Galeri (Foto, Tutorial, Video, dan Produk)

Tafenpah memiliki tagline "Memotret dari Tapal Batas RI - Timor Leste untuk Dunia


Berani berkarya, berani menatap masa depan. Karena menulis adalah bagian dari perjalanan. 


Kamu boleh merantaiku. Kamu juga boleh menghancurkan diriku. Tetapi kamu tidak memenjarakan pikiranku!



Tafenpah.com merupakan situs online yang dikelola oleh Frederikus Suni (Mantan Jurnalis) serta juga dibantu oleh kontributor dari sejumlah Wartawan Nasional dan para profesional yang ada di Indonesia.



Karya Novel pertama berjudul : Terjebak, Superego, Jejak Aksara, Wanita Tangguh Peraih Masa Depan (Biografi), Muda Berkelana Tua Bercerita, dan sejumlah buku yang sementara digarap dan belum diterbitkan.

Media Sosial: Instagram @fredy_suni18 @Literasi_Tafenpah, dan @tafenpah.com
Snack video: TafenpahNews, 
TikTok: Tafenpah
Facebook: Tafen Pah 
Email: Freddysuny18@gmail.com, Tafenpahtimor@gmail.com

Salam tafenpah




2 komentar untuk "Tentang Tafenpah"

  1. Selamat dan turut bangga ya Mas Fredy atas kehadiran tafenpah.com. Sesuai nama semoga dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa melalui media literasi.
    Hormat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya Pak Pudji. Ya, semoga apa yang saya cita"kan bisa terealisasi

      Hapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan ya! | Terima kasih


Diperbolehkan mengutip tulisan dari Tafenpah tidak lebih dari 30%, dengan syarat menyertakan sumber | Mari, kita belajar untuk menghargai karya orang lain | Salam hangat