Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Kualitas PAUD, Menteri Nadiem Pimpin Pertemuan Tingkat Menteri Pendidikan ASEAN


Nadiem Anwar Makarim saat memberikan informasi seputar peningkatan pendidikan usia dini kepada para menteri pendidikan se-ASEAN. Foto tangkapan reels instagram @nadiemmakarim

Tafenpah.com - Peran kekuatan Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Riset) Nadiem Anwar Makarim memimpin pertemuan menteri pendidikan se-ASEAN dalam membahas transformasi PAUD di kawasan Asia Tenggara.

Kesempatan emas ini didapatkan Indonesia, setelah sukses memimpin pertemuan G20 2023 di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur beberapa bulan yang lalu.

Menanggapi kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah, kepala negara di ASEAN kembali mempercayakan Indonesia sebagai pemimpin transformasi PAUD di era perkembangan dunia pendidikan dewasa ini.

Dalam pertemuan tersebut, Nadiem menyuarakan peningkatan PAUD yang selaras dengan program merdeka belajar.

"Program Merdeka Belajar sangat diapresiasi oleh para menteri dari negara-negara se-ASEAN. Karena mereka menilai program tersebut sukses. Lantaran memberikan kebebasan penuh kepada para pelajar dan tenaga pendidik untuk mengeksplor diri yang tidak terbatas pada ruang dan waktu" ujar Nadiem seperti yang terlihat Tafenpah melalui laman instagram @nadiemmakarim, Sabtu, 29 Juli 2023.

Pengusaha digital ini juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk saling bekerja sama dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi generasi penerus bangsa.

"Mari kita kuatkan kerja sama mulai dari tingkat satuan pendidikan, di seluruh Indonesia sampai Asia Tenggara, dan dunia, untuk memberikan pendidikan terbaik bagi generasi bangsa" imbuhnya.

Menanggapi himbauan sekaligus harapan dari Nadiem, pemilik akun instagram @rizqyrahmat ikut mengapresiasi sistem zonasi dari program pendidikan Nadiem.

Menurut saya tujuan zonasi ini bagus. Untuk pemerataan kualitas pendidikan. Supaya tidak ada lagi stigma tentang sekolah favorit dan bukan.

Sebagai pendekatan kontekstual, pemilik akun ini juga mengisahkan zaman ia masih sekolah. 

Terlebih ia menyoriti tindakan orang tua yang menggunakan beragam cara, agar anak bersekolah di sekolah favorit.

Lebih sadisnya, ada oknum orang tua tertentu yang menggunakan cara-cara di belakang layar.

Ia juga merasa senang dengan keberadaan sistem zonasi. Karena semua sekolah termasuk sekolah favorit.

Manfaatnya ada pemerataan kualitas pendidikan antara satu sekolah dan sekolah lainnya. Baik yang berada di kota maupun desa.

Ia juga berharap melalui sistem zonasi ini, tidak ada lagi diskriminasi pendidikan. Tujuannya adalah peserta didik merasa lebih nyaman dalam mencari ilmu. Jauh lebih penting adalah adanya pemerataan dan keadilan pendidikan di setiap daerah.

Sumber instagram @nadiemmakarim





Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Tingkatkan Kualitas PAUD, Menteri Nadiem Pimpin Pertemuan Tingkat Menteri Pendidikan ASEAN "