Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Goes to ITB, Pertamina NRE Jaring Talenta Muda Terbaik

Penulis: Fredy Suni


Mahasiswa ITB dari berbagai jurusan dan fakultas saat mengikuti pemaparan materi dari tim Pertamina NRE | Foto; Nadiah Nur, Senior Account Executive FleishmanHillard


Jakarta, Tafenpah.com - Sebanyak 275 mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dari berbagai jurusan dan fakultas berpartisipasi dalam ajang University Engagement & Outreach yang bertemakan "Energizing Future Talent." 
Kegiatan penjaringan talenta muda Indonesia di bidang energi baru terbarukan diselenggarakan oleh Pertamina New @ Renewable Energy atau yang dikenal masyarakat dengan sebutan 'Pertamina NRE.'

"Pertamina memiliki peran strategis dalam menjaga ketahanan energi sekaligus mendukung target pemerintah mencapai net zero emission 2060. Untuk itu proses transisi energi sangat krusial dan perlu didukung oleh semua pihak. Kami mengundang talenta-talenta terbaik Indonesia, terutama dari generasi muda, untuk bergabung dan mengambil peran dalam transisi energi,” kata Direktur Perencanaan Strategis & Pengembangan Bisnis Pertamina NRE Fadli Rahman, alumnus ITB Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan. 

Para Pembicara dalam kegiatan Pertamina NRE di hadapan 275 mahasiswa ITB | Foto; Nadiah Nur, Senior Account Executive FleishmanHillard


Untuk memicu ketertarikan mahasiswa di bidang energi, kegiatan ini juga dibagi dalam beberapa sesi, di antaranya; sesi insight sharing, talkshow, mengunjungi mini exhibition, dan mendaftarkan diri dalam talent pool.


Pihak Pertamina berharap dari ajang tersebut, mahasiswa memiliki ketertarikan untuk berkarir di industri hijau selepas masa perkuliahan. 


Antusiasme Mahasiswa ITB untuk Berkarir Industri Hijau
Para Pembicara dalam kegiatan Pertamina NRE di hadapan 275 mahasiswa ITB | Foto; Nadiah Nur, Senior Account Executive FleishmanHillard


Antusiasme peserta sangat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada para narasumber saat sesi Green Careers Talk. Para narasumber berbagi pengetahuan dan pengalaman, baik mengenai industri energi baru dan terbarukan tapi juga tips sukses mengembangkan karir. 

 
Direktur Proyek & Operasi Pertamina NRE Norman Ginting yang juga alumnus ITB Fakultas Teknik Kimia menekankan pentingnya penguasaan soft skill, selain keahlian teknis. “Kemampuan berkomunikasi dan menjalin relasi sangat penting dalam pengembangan karier. Aktivitas berorganisasi di bangku kuliah akan sangat berguna untuk mengembangkan soft skill.” 

Sementara Direktur SDM & Penunjang Bisnis Pertamina NRE Said Reza Pahlevy menambahkan, “Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dan sistem yang baru adalah kuncinya, sehingga siap untuk ditempatkan di posisi mana saja dengan posisi apa saja.” 


Acara ini sangat diapresiasi oleh pihak ITB, seperti yang disampaikan oleh Direktur Kemahasiswaan ITB, Gregorius Prasetya Adhitama, “Kami sangat mengapresiasi acara ini bisa dilaksanakan di ITB karena topik acara ini tidak saja penting untuk masa depan mahasiswa, tapi juga masa depan bangsa dan umat manusia, karena apa yang kita bicarakan ini adalah tentang energi yang ramah lingkungan untuk kelangsungan kehidupan di bumi.” 

Antusiasme mahasiswa terhadap topik energi baru dan terbarukan serta isu lingkungan  selaras dengan survei global terhadap Millenial dan Gen-Z[1]yang menyebutkan bahwa generasi yang membentuk wajah masa depan tersebut memiliki kepedulian yang tinggi terhadap perubahan iklim dan keberlanjutan. 

Sebagian besar, atau 90%, dari mereka melakukan aksi nyata untuk mengurangi dampak lingkungan. Terkait tempat bekerja, para Millenial dan Gen-Z ingin berkarya di perusahaan yang memprioritaskan aksi iklim yang melibatkan karyawan secara langsung. 

Pertamina NRE University Engagement & Outreach Sasaran akan dilakukan dalam format roadshow, dengan ITB sebagai sesi perdana. Selanjutnya, ajang serupa akan dilakukan sepanjang 2023 di Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. 

Sumber: Humas FleishmanHillard
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Goes to ITB, Pertamina NRE Jaring Talenta Muda Terbaik"