Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daya Tarik Pantai Wini dan Wisata Magrovenya di Batas Negeri Indonesia dan Timor Leste

Penulis: Fredy Suni

Pesona Pantai Wini dan Pelabuhannya yang sangat eksotik | Foto: Gres Haki Manikin

Tafenpah.com - Pulau Timor yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, seakan tak ada habisnya untuk dibicarakan di berbagai media lokal, nasional maupun internasional.



Pasalnya, wisatawan akan takjub dengan panorama alam eksotisnya pulau Timor.

Gres Haki Manikin sedang menikmati hamparan pantai Wini dari ketinggian 

Karena di sana ada wisata religi, padang sabana yang view wow, perbukitan yang selalu membingkai lembah Timor, belum lagi pantai dan ekosistem margovenya bikin suasana hati jadi lebih tenang deh.





Teruntuk sobat travel yang berada di bawah kungkungan rutinitas kerja serta banalitas kehidupan harian dan problematikanya di kota-kota metropolitan Indonesia, mengunjungi Pantai Wini, termasuk PLBN dan taman magrovenya adalah solusi yang tepat deh.



Karena pantai yang berbatasan dengan Laut Timor Leste ini selalu menyediakan ruang rehat, sembari menikmati kuliner khas Timor,  dan segarnya air kelapa muda di tepian pantai ikut meninggalkan goresan asmara perjalanan. 


Selain, memberikan sudut pandang yang berbeda tentang arti perjalanan dalam mencari jati diri, terutama kebahagiaan.




Meskipun berbicara tentang kebahagiaan itu tidak akan pernah usai, karena ini menyangkut dengan pengalaman riil setiap subjek (manusia) dalam menafsirkan arti kebahagiaannya tersendiri.



Semakna dengan pandangan filsuf Plato dalam ETIKA NICOMACHEA, yakni; Tujuan tertinggi dan terakhir dari pencarian manusia adalah KEBAHAGIAAN.



Kebahagiaan sobat travel hanya ada di pulau Timor, terlebih bila ingin mengambil quality time bersama orang-orang tercinta.



Sebab alam dan pantainya yang masih perawan, alias belum tercemar dengan polusi darat, laut, dan udara, layak dipertimbangkan dalam daftar destinasi sobat travel dari kota metropolitan Indonesia.


Lantas, apa sih keunikan dari Pantai Wini dan Taman Magrovenya?

Gres Haki Manikin dan temannya sedang berswafoto di hamparan Hutan Magrove Pantai Tanjung Bastian | Foto: Gres Haki Manikin


Mari kita mulai berkelana ke tempat yang lebih dalam, terlebih mengikuti perjalanan sobat Gres Haki Manikin dkk ketika mengunjungi Pantai Wini dan Taman Magrovenya.




Matahari pulau Timor saat ini sangat bersahabat, alias tidak sepanas musim kemarau (Juli - Pertengahan Desember).



Karena pulau Timor sedang memasuki musim dingin yang berlangsung dari akhir (Desember - Juni).


Gres Haki Manikin dan eksotiknya Hutan Magrove Pantai Tanjung Bastian


Meskipun cuaca pulau Timor dingin dan matahari tidak bersabahat, tapi semangat travelling saudara Gres Haki Manikin melintasi himpitan pegunungan yang mengitari pantai Wini dan Hutan Magrove Pantai Tanjung Bastian.


Gres Haki Manikin dan temannya sedang menikmati eksotiknya Hutan Magrove Pantai Tanjung Bastian



Mari kita melihat sekilas Hutan Magrove Pantai Tanjung Bastian yang dilansir Tafenpah dari JurnalUnimor yakni; hutan magrove ini memiliki luas kurang lebih 37 ha.



Sayangnya, setiap tahun luas Hutan Magrove Pantai Tanjung Bastian ini mengalami penurunan.



Lantaran ada pembukaan pertambakan serta keperluan  kayu bakar dan bahan bangunan, entah untuk kepentingan diri sendiri maupun tujuan komersial (Anonimous, 2005).



Okey, lupakan problematika di atas!


Melanjutkan perjalanan Gres Haki Manikin dkk, dalam unggahan mereka di facebook, tampak dengan jelas, mereka sangat menikmati pesona Hutan Magrove Pantai Tanjung Bastian.

Gres Haki Manikin dan eksotiknya Hutan Magrove Pantai Tanjung Bastian


Euforia itu terpancar dari senyuman mereka, sembari mereka pun tak lupa untuk mengabadikan momen travelling tersebut dalam lensa kamera.


Lokasi dan Transportasi Menuju Pantai Wini


Lokasi Hutan Magrove Pantai Tanjung Bastian berada di Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.



Untuk mencapai lokasi ini, sobat travel akan menempuh 67 kilometer dari kota Kefamenanu (Pusat Administrasi) Kabupaten Timor Tengah Utara/TTU.



Moda transportasi yang bisa digunakan sobat travel adalah kendaraan roda dua, empat, dan enam (bus).



Terkait biaya masuk Hutan Magrove Pantai Tanjung Bastian sobat travel jangan khawatir. Karena harganya bersahabat dengan isi dompet.



Biaya konsumsi juga masih murah termasuk biaya perjalanan (transportasi).



Keuntungan Mengunjugi Pantai Wini dan Hutan Magrovenya


Tujuan perjalanan sobat travel sudah pasti terkait eksotisme alamnya yang indah.


Keindahan pantai Wini tidak hanya ada pada hutan magrovenya saja.


Karena ada PLBN Wini yang merupakan pintu menuju negara Timor Leste, bila melalui perjalanan laut.



Selain itu, sobat travel juga bisa menikmati pasir putih pantai Wini yang bertaburkan deburan ombak, dan anginnya yang sepoi-sepoi. Selain, langit biru pulau Timor.



Sobat travel juga berkesempatan untuk mengabadikan senja di perairan laut pantai Wini yang viewnya tidak kalah menarik dari wisata lain yang ada di pulau Timor.


Setelah berpuas menikmati pesona alam eksotik pantai Wini dan Hutan Magrovenya, sobat travel juga punya peluang untuk menikmati deretan sampan dan kapal yang sandar di pelabuhan Wini.

Gres Haki Manikin dan eksotiknya pelabuhan Wini


Ada juga pemandangan alam sekitar yang wajib dikunjungin wisatawan, salah satunya Bukit Tua Mese yang kian mendunia.



Demikian potretan singakat tentang pesona Pantai Wini, Tanjung Bastian, dan Hutan Magrovenya dari redaksi TAFENPAH.COM



Salam travelling






















Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Daya Tarik Pantai Wini dan Wisata Magrovenya di Batas Negeri Indonesia dan Timor Leste"