Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Pantai Wini di Perbatasan RI - Timor Leste


Lanskap Pantai Wini, Timor Tengah Utara, NTT @Edisiswanto

Penulis: Fredy Suni

TAFENPAH.COM - Pesona pantai Wini di ujung Timor Barat, Nusa Tenggara Timur mampu membius setiap orang yang pernah berkunjung ke sana.


Bagaimana tidak, Kombinasi dari dataran rendah, pegunungan, dan laut yang membentang seluas samudera merupakan bagian dari keindahan Wini.


Baca Juga: Pantai Teluk Gurita dan Surganya Timor Barat, NTT


Wini adalah salah satu wilayah yang berada di Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU),NTT.


Wini juga menyimpan segudang keindahan alam yang tiada duanya di dunia. Karena  selain letak geografis yang berbatasan langsung dengan Laut Timor Leste dan Australia bagian Selatan, ada tempat-tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan, ketika berkunjung ke sana.


Berikut adalah tempat-tempat Wisata yang ada di Wini dan sekitarnya.


PLBN Wini

Lanskap Pantai Wini, Timor Tengah Utara, NTT.@Edisiswanto

Sejak era Jokowi, Indonesia bagian Timur, khususnya Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT diperhatikan dengan totalitas. Di mana berbagai fasilitas dan infrastruktur jalan, ruang publik, dan tempat-tempat wisata mulai bermunculan.


Memang, sebelum Jokowi, tempat-tempat wisata yang ada di pulau Timor (Kefamenanu) sudah ada. 



Namun, sarana dan prasarana belum begitu bagus. Akibatnya, wisatwan domestik dan mancanegara tidak begitu familiar dengan Wini.


Akan tetapi, sejak Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini resmi diperkenalkan oleh Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah TTU, Wini semakin maju dan menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa pun untuk sekadar menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga tercinta.


Kini, di setiap waktu luang, rakyat TTU pasti berburu spot-spot menarik di sepanjang PLBN Wini yang berhadapan langsung dengan samudera perairan yang sangat indah dan eksotik.


Apalagi bagi kawula muda atau ABG yang lagi beradu asmara sambil mengabadikan momen spesial tersebut dengan view PLBN Wini yang begitu menggoda.


Bukan hanya ABG saja, tua-tua pun bisa bernostalgia di sepanjang PLBN Wini dengan memincingkan mata dan pikiran menuju era 70-90-an, ketika masih memadu asmara dengan pendamping hidup yang sekarang ini.


Karena di sana ada ruang untuk berbagi, bernostalgia, berswafoto, sembari menikmati terbenamnya Matahari (Sunset) di balik perairan laut Timor yang perlaham-lahan hilang dari hadapan dua kekasih yang sedang bernostalgia, sembari menikmati instrumen Timor dan kelap-kelip lampu taman serta para nelayan yang sudah mulai menyiapkan diri untuk mencari ikan di laut.



Dataran Sawah yang Menggoda

Kakak Clarise Jenifer sedang menikmati indahnya Keeksotikan Pantai Wini, pulau Timor


Selain menikmati momen-momen yang berharga bersama keluarga, wisatawan pun akan disuguhkan dengan pemandang sawah milik rakyat setempat yang sangat luas dan viewnya makin menghipnotis.


Karena lokasi persawahan Wini pun di apit oleh pegunungan dan seluas mata memandang ada hamparan laut biru pulau Timor dan Timor Leste.


Melukis senja dan berbalut imajinasi bersama terbit dan terbenamnya sang Surya di dataran persawahan milik warga setempat juga ikut membangkitkan hasrat traveling bagi siapa pun untuk terus mengeksplor keindahn Wini dan sekitarnya.


Lalu, dibagikan kepada publik sebagai dokumenatsi perjalanan selama di pulau Timor (Wini).


Pantai Tanjung Bastian

Lanskap Pantai Wini Timor, NTT

Salah satu spot menarik yang wajib dikunjungi oleh wisatawan adalah pantai Tanjung Bastian. Karena view dari pantai ini pun tidak kalah jauh dari pantai-pantai yang ada di nusantara ini.


Hamparan pasir putih, pepohonana raksasa, dan pegunung menjadi daya tarik juga bagi pengunjung. 


Selama di pantai Tanjung Bastian, pengunjung juga bisa berenang sepuasnya. Karena Pemerintah setempat dari dulu hingga saat ini menjadikan pantai tersebut sebagai ruang publik bagi semua orang.


Hanya bermodalkan beberapa puluh ribu saja, pengunjung sudah menikmati sepuas pantai Tanjung Bastian.


Namun, jika pengunjung ingin menguji adrenalin, biasanya di setiap bulan Agustus ada lomba pacuan kuda antar warga setempat.


Atraksi ini serupa perlombaan kuda zaman Kerajaan Rowawi dan Yunani Kuno yang menampilkan petarung-petarung handal.


Wisataku Timor

Demikian ulasan sederhana dari saya selaku anak Timor sendiri untuk memperkenalkan pariwisata di daerah saya melalui bidang literasi. 


Tentu saja masih banyak tempat-tempat wisata yang berada di Wini. Namun, di lain kesempatan saya akan kembali mengulasnya, sebagai wahana literasi dan dukungan saya kepada pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT.


Instagram @Tafenpah.com dan @Fredy_Suni18
Frederikus Suni
Frederikus Suni Hello pembaca Tafenpah...! Salam kenal dari saya Fredy Suni ya | Menulis adalah bagian dari kegiatan berbagi dan sarana mengabadikan setiap momen yang kita lalui setiap hari || Selamat membaca!! Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @Fredy_Suni18

Posting Komentar untuk "Pesona Pantai Wini di Perbatasan RI - Timor Leste"