Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ucapan Bahasa Dawan di HUT Kota Kefamenanu ke- 100 Tahun | Tafenpah

Penulis: Fredy Suni

Dirgahayu 100 tahun kota Kefamenanu | Dokumen Tafenpah

Tafenpah.com - Hari ini masyarakat kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merayakan Ulang Tahunnya ke-100 tahun.



Euforia perayaan HUT Kota Kefamenanu bisa dilakukan melalui beragam cara oleh setiap orang, terutama masyarakat ATOIN PAH METO.


BACA JUGA: Peringati 100 Tahun Kota Kefamenanu, Tim Kaisar Haumeni Taklukkan 40 KM



Admin Tafenpah juga ikut merayakan HUT kota kelahiran Kefamenanu dengan 5 ucapan berbahasa Dawan (Uab Meto) sebagai berikut;



Hasil olahan Admin Tafenpah dari Canva



Makna ucapan "Nek Mese, An saof Mese, Tafenaha hit Pah Biinmaffo" artinya; sebagai masyarakat Dawan atau yang biasa dikenal ATOIN METO, kita harus sehati, sepikiran, sesuara, sependapat dalam membangun Kabupaten Timor Tengah Utara.



Dokumen Tafenpah.com


Artinya; Dalam keadaan baik atau kurang baik, tanah Timor, khususnya Kefamenanu selalu yang terbaik untuk semua orang.



Dokumen Tafenpah.com


Filosofi ucapan ini cocok untuk perantau. Setiap tahun anak-anak di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) memilih untuk pergi mencari kehidupannya di negeri asing.


Ada yang berhasil, ada yang tidak. Demikian ada yang kembali menjenguk orang tuanya.


Tetapi, ada yang sama sekali tidak pernah kembali ke kota kelahirannya.




Karena berbagai alasan. Namun, dalam keadaan tersebut, sebenarnya di dalam hati mereka ada kerinduan untuk kembali dan mengulangi kisah masa kecil mereka bersama keluarga tercinta.


Nah, arti dari ucapan atau filosofi di atas adalah "Saya memilih untuk menyusuri perjalanan yang panjang ini, entah di benua mana pun. Tetapi, ketika kerinduan akan kampung halaman, semuanya tinggal hujan air mata di dalam kamar."



Dokumen Tafenpah.com



"Pulau Timor, khususnya wilayah Biboki, Insana, dan Miomaffo sudah memasuki usia satu abad, lantas apa yang musti kita lakukan untuk memperbaiki kehidupan kita ke depan?"



Dokumen Tafenpah.com



"Segalanya akan tampak indah dan damai, ketika kita masih tinggal bersama orang tua. Tapi, mau bilang apa. Karena bagaimana pun juga, pada waktunya kita akan pergi meninggalkan mereka. Tujuannya kita bisa menciptakan masa depan kehidupan kita, entah di mana pun keberadaan diri kita."



Demikian 5 ucapan HUT Kota Kefamenanu versi bahasa Dawan.



Silakan dibagikan, bila bermanfaat.



Selamat merayakan 100 Tahun berdirinya kota Kefamenanu.



Instagram @Literasi_Tafenpah





Frederikus Suni
Frederikus Suni Hello pembaca Tafenpah...! Salam kenal dari saya Fredy Suni ya |Instagram: @Fredy_Suni18 | TikTok: @TafenpahNew | SnackVideo: @TafenpahNews | Facebook: @Tafenpah Selamat membaca!! Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @Fredy_Suni18

Posting Komentar untuk "5 Ucapan Bahasa Dawan di HUT Kota Kefamenanu ke- 100 Tahun | Tafenpah"