Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Drs. Soleman Dapa Taka Apresiasi Kreativitas dari Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Undana Kupang

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang

Penulis: Fredy Suni

KUPANG, Tafenpah.com - Menimba ilmu sebanyak mungkin selama di Perguruan Tinggi itu sangat penting bagi mahasiswa. Karena mahasiswa adalah calon pemimpin perubahan masa depan bangsa Indonesia dan dunia, khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur.


"Saya sangat mengapresiasi kreativitas dari mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Undana Kupang, karena mereka sangat kreatif dalam menyelenggarakan beberapa kegiatan di pekan ilmiah ini. Tujuan dari mereka mengadakan kegiatan tersebut, adalah untuk melatih softskill dan hardskill yang nantinya akan berguna bagi mereka di masa depan" Ujar koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Undana Kupang, Drs. Soleman Dapa Taka, MA, Selasa (17/5/2022).


Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Undana Kupang

Soleman juga mengatakan dirinya khawatir dengan mahasiswa yang sama sekali tidak terlibat dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan, atau pun kegiatan di luar kampus.


Ia pun mengatakan organisasi adalah sarana yang tepat dan efektif bagi mahasiswa untuk melatih dirinya dalam berbicara, berkoordinasi, menjalin hubungan dengan siapa pun serta berani mengekspresikan dirinya dengan bebas dan bertanggung jawab. Selain itu, mahasiswa juga semakin cerdas dalam membaca perkembangan dunia di era digital yang semakin menantang ini.


Baca Juga: Fahmi Mubarok, Ilmuwan ITS Terpilih Menjadi Salah Satu Finalis European Inventor Award 2022


"Momentum pekan ilmiah tingkat prodi ini benar-benar menjadi hal yang menarik sekaligus visioner dari Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Di mana, saya pun belajar dari kegiatan ini, selain memberi apresiasi kepada mahasiswa yang mau terlibat dalam kegiatan pengembangan diri" pungkas Soleman.


3 Event Mega Dahsyat dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Undana

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Undana Kupang

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNDANA Kupang menyelenggarakan 3 kegiatan/event/perlombaan mega dahsyat di pekan ilmiah, yakni; Lomba Desain Media Pembelajaran, Lomba MicroTeaching, dan  Lomba Karya Tulis Ilmiah.


Ketiga event besar dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Undana ini dikoordinir oleh Ibu Merlyn Kristine Nelloe,S.Pd, M.Ed, M.App.Ling. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari.


Dalam pembukaan Lomba pekan ilmiah ini, turut hadir juga Bapak Dekan FKIP Universitas Nusa Cendana Dr. Melkisedek Taneo, M.Si dan Bapak koordinator Program studi Pendidikan Bahasa Inggris Bapak Drs. Soleman Dapa Taka, MA. 


Baca Juga: Gubernur VBL: Sumber Daya Manusia NTT tidak Bodoh! Tapi, Budaya Literasi Masih Minim


Bapak Dekan FKIP secara resmi membuka kegiatan lomba ini dengan memberikan semangat dan motivasi agar para mahasiswa dapat berani mengekspresikan diri mereka, serta kemampuan pedagogik dalam ikut serta mengikuti lomba-lomba tersebut, agar nantinya berguna di lingkungan masyarakat serta keberlanjutan karir mahasiswa kedepannya. 


Saya percaya mahasiswa sangat kreatif, up to date, bisa mendesain media pembelajaran, serta memiliki skill/ketrampilan. Karena melihat kurikulum sekarang penekanannya lebih tinggi kepada skill. 


"Jadi harapan saya, mahasiswa sebagai calon guru masa depan mampu mencerdaskan generasi bangsa dengan inovasi dan kreativitas" harap Melkisedek.


Untuk Lomba Desain Media Pembelajaran peserta terdiri dari 6 tim yang mana setiap tim beranggotakan 2 orang. Tim juri lomba ini adalah dosen dari dalam prodi Bahasa Inggris yaitu Bapak Drs. Alexander H. Kabelen, MA, Ibu Elisna Huan, S.Pd, M.Hum, dan Bapak Yanphiterzon Liunokas, S.Pd, M.Hum.

Penghargaan diberikan kepada para pemenang lomba. Dokumen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang

Para Pemenang Lomba Desain Media Pembelajaran ini adalah Juara 1 dari Tim "Fire Group" (Rosalia Rateawilda dan Renaldi Yudhistira Ngaba), Juara 2 dari Tim "United Kejora" (Nanila W. Bratanaya dan Welandina Kiu) dan Juara 3 dari Tim "Great Group" (Alfi O  Tamonob dan Maria F. Uba Ola).


Baca Juga: Melita Encik Menyandang Status Sebagai "Wisudawati" Terbaik Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang


Sementara, untuk Lomba MicroTeaching dilaksanakan hari Sabtu peserta sebanyak 5 orang. Tim juri juga berasal dari dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris yaitu Dr. Drs. Laurensius Kian Bera. MA, Ibu Leni Amelia Suek, SS. MA, M.Ed, dan Bapak Drs. Alexander Home Kabelen, M.A.


Pemenang lomba Micro Teaching ini adalah Juara 1  Reynaldo P. Umbu Ngedo, Juara 2 Dionisia Da Solo, dan Juara 3 Meliani Ngongo.


Sedangkan, Lomba Karya Tulis Ilmiah dilaksanakan hari Selasa beranggotakan 4 peserta. Tim juri juga berasal dari dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris, yaitu Bapak Marcelinus Akoli, S.Pd, M.Ling, Ibu Novriani R. Manafe, SS, M.Ed, Bapak Yanphiterzon Liunokas, S.Pd, M.Hum. Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah yaitu Juara 1 Ludgardis Jelifa, Juara 2 Chresensia Astrid Natara, dan Juara 3 Stanley Raga.


Baca Juga: Ngobrol Asyik Bersama Mahasiswi Undana Seputar Kesukaan Perempuan Milenial


Dalam sambutan penutup, Soleman pun kembali mengatakan tanpa terasa, ketiga perlombaan dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dapat terlaksana dengan baik. Kesuksesan kegiatan ini terlaksan, karena kerja sama semua pihak, anak-anak pun merasa penting dengan kegiatan ini. Di mana, mereka melatih diri sejak di bangku kuliah.


"kita menimba ilmu yang akan dibutuhkan untuk masa depan kita, tidak semua orang bisa memperoleh kesempatan seperti ini" tegasnya.


Sekarang ini anak-anak lebih banyak belajar organisasi dari hp. Semoga lebih banyak lagi anak bahasa Inggris yang mengharumkan nama FKIP, nama Undana, dan nama Negara


Frederikus Suni
Frederikus Suni Jurnalis, Penulis, Blogger, Konten Kreator Kompasiana, Pep News, Eskaber, Editor Penerbit Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) Jakarta, Pegiat Literasi Digital Indonesia, dan co-Founder Komen Lida: Komunitas Melek Literasi Digital Indonesia. Lahir di Desa Haumeni, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur. Pernah Studi di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Widya Sasana, Malang, Jawa Timur. Eks/mantan Frater di Seminari Tinggi SVD Surya Wacana, Malang. Founder TAFENPAH

Posting Komentar untuk "Drs. Soleman Dapa Taka Apresiasi Kreativitas dari Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Undana Kupang"