Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanpa Disadari Hal Sepele ini Memiliki Pengaruh Besar bagi Kamu Selepas Kuliah


Ilustrasi gambar dari Pexels.com

Oleh: Intan Nazila (Mahasiswi Ilmu Komunikasi) Universitas Dian Nusantara Jakarta


TAFENPAH.COM - Kuliah, siapa sih yang tidak berminat dengan dunia perkuliahan? Perguruan tinggi memang memiliki hal-hal yang menyenangkan. Seperti kita bisa mengenal banyak teman, menemukan pengalaman terbaru yang tidak pernah kita dapatkan sebelumnya, dan juga menjadikannya sebagai acuan pengembangan dalam diri kita. 


Tetapi, tanpa kalian sadari, sebenarnya perkuliahan itu bukan hanya tentang ilmu yang kita dapatkan loh! Melainkan kita bisa menjadikannya sebagai pengalaman yang berharga sekaligus menjadi tiket kita menuju dunia perusahaan. Namun, ada beberapa hal yang kalian pasti dapatkan di perguruan tinggi tetapi masih di sepelekan sehingga kalian merasa kekurangan dalam menjalani masa kuliah kalian. Bisa dikatakan fatal bilamana kalian tidak mengasah beberapa point penting di setiap pelajaran mata kuliah yang diberikan oleh dosen atau lebih jelasnya menyepelekan hal yang sangat berguna untuk bekal kalian di masa yang akan datang. Lalu, apa sih hal sepele yang membuat kita sulit mendapatkan pekerjaan selepas sarjana? 

Mari kita membahasnya dari segi softskill

Softskill ini mempengaruhi kepribadian, bahkan kunci utama dari softskill adalah komunikasi. Mengapa harus komunikasi? kan kita sering komunikasi. Betul kok, setiap hari kita selalu berkomunikasi.  Entah dengan siapa pun yang kita temui atau pun melalui media social (nonverbal). Namun, komunikasi ini adalah bagaimana cara kita menyampaikan sesuatu dengan intonasi yang tegas! Namun, mudah di pahami dan juga cara penyampaiannya bisa mempengaruhi komunikan kita dengan si penerima pesan. 

Pixabay.com

Komunikasi ini sangat penting bukan hanya di lingkungan kita saja.  Melainkan di dunia pekerjaan, perkuliahaan dan juga di mana pun kita berada. Sebuah komunikasi bisa dibilang baik apabila kita menyampaikan sesuatu informasi tentang objek yang akan kita jelaskan itu harus sesuai dengan factual dan tidak ada kebohongan di dalam informasi tersebut, dan juga melakukan sebuah keyakinan dalam hal bahwa apa yang kita sampaikan ini adalah benar dan komunikan terkesan sehingga mempercayai apa yang kita sampaikan. 


Softskill seperti ini mungkin terbilang mudah. Namun, jika kita praktekkan atau mungkin dalam keadaan nyata kita merasa gugup dan merasa tidak yakin dengan apa yang kita jelaskan sehingga komunikan meragukan apa yang kita sampaikan. Maka dari itu, setiap mata kuliah pasti akan selalu mempelajari hal bagaimana kita bisa menyelesaikan suatu tugas yang diberikan oleh dosen kita sehingga dari sebuah proses tersebut jika kita terus mengasah kemampuan kita maka kita akan bisa menjadi berani dalam membangun komunikasi dengan penyampaian tegas, lugas dan bisa dipahami oleh lawan bicara kita. 

Pixabay.com

Lalu juga hal sepele yang bisa mempengaruhi kalian sulit mendapat pekerjaan selepas kuliah adalah Ketika kamu tidak pandai bergaul dengan teman kuliah kamu semasa kamu menjalani perkuliahan. Alangkah baiknya kamu boleh saja bergaul dengan siapa pun, entah kamu bergabung dalam suatu komunitas kampus, organisasi, bahkan seperti volunteer. Dari segi pergaulan ini bukan Cuma kesenangan dalam hal kamu bisa mengenal orang banyak, melainkan kamu bisa mendapatkan pengalaman dan juga sebagai acuan dalam diri kamu sebagai proses kedewasaan menuju pembentukan jati diri kamu. 


Kamu bisa berfikiran lebih independent dan juga bijaksana bilamana kamu bisa memilah dalam pergaulan kamu tersebut. Boleh banget kok kamu bergaul dengan siapa saja, kamu tidak boleh membatasi sebuah pertemanan dengan siapa pun melainkan kamu ambil sisi positif dari sebuah pergaulan, jika ada sisi negatif maka di bisakan kamu menghindari hal tersebut yaaa.  Karena bisa menjerumus ke sebuah kehancuran, bukan tentang hancurnya perasaan saja tetapi dalam fisik kamu pun bisa terluka. Sehingga dalam artian ini maka kamu dibiasakan untuk berbaur kepada siapa pun dan terus selalu aktif dalam organisasi yang ada di dalam kampus yang kamu inginkan. Karena jika minatmu ingin memasuki organisasi yang di kampus yang kamu inginkan, maka perkembangan kamu di dalam organisasi tersebut menjadi sebuah softskill yang berhubungan dengan aktif dalam kegiatan apa saja di dalam suatu divisi atau kelompok.


Terakhir adalah dari segi Hardskill yang bisa mempengaruhi kamu nih untuk kamu bekerja nanti. Hardskill adalah kemampuan spesifik yang harus kita punyai selama kita mempelajarinya di perguruan tinggi atau kuliah kita. Contoh adalah jika kita merupakan lulusan ilmu komunikasi, maka hardskill yang kita kuasai adalah dalam sebuah perkomunikasian yang baik seperti Public Relations, Broadcasting dan Marketing Communication. Lalu juga sebagai contoh kita merupakan lulusan Arsitektur, maka kita harus bisa mendesain, menata ruang, analisa kekokohan bangunan, dll yang berhubungan dengan Arsitektur. 


Hardskill ini sebagai penentu kamu Ketika di dalam dunia kerja nanti karena yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan adalah bagaimana caranya kita menjalankan perusahaan tersebut dengan skill yang kita kuasai sehingga perusahaan bergerak dengan apa yang sudah kita usahakan dan juga membangun citra perusahaan serta menjadikan karakter individu menjadi lebih berbakat di bidangnya. Sehingga, dalam sebuah mata perkuliahan yang kita jalani semasa kuliah apalagi dengan basik yang sesuai dengan jurusan yang kita ambil maka kita harus menjalankan perkuliahan kita dengan serius dan juga memahami apa yang di jelaskan oleh dosen dan juga aktif dalam mencari hal hal yang menurut kamu kurang dengan apa yang di jelaskan dari semua yang sudah kamu lakukan menjadi sebuah ilmu yang bermanfaat dan di jadikan sebagai acuan penting kamu di dalam suatu perusahaan. Jadi, kalian usahakan selalu berusaha ingin tahu dan teruslah berkembang dan melakukan proses yang pasti akan sangat membuahkan hasil untuk diri kamu dan menjadi sebuah kebanggan besar dalam kehidupan kamu.


Dari yang sudah saya di jelaskan di atas bisa menjadi sebuah pedoman bagi kita generasi penerus bangsa. Kita memang sudah memasuki zaman modern. Lantas dengan zaman modern ini bukan berarti semua yang kita butuhkan itu serba instant untuk di dapatkan. Melainkan kita harus menjalani proses yang akan kita lewati dan kita yakinkan pada diri kita bahwa kita pasti mampu menghadapinya. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, maka dari itu kita memulailah dengan ketidaksempurnaan itu menjadi sebuah akar awal kita ingin menjadi pribadi yang lebih berwibawa dan selalu tidak pantang menyerah terhadap semua yang menurut kita adalah sebuah cobaan. 


Memang sih, setiap manusia ada batas lelah dari semua yang telah di usahakan. Kamu boleh banget kok beristirahat. Tetapi ingat, jangan jadi seorang pecundang yang hanya memanfaatkan masa kuliah namun tidak pergunakan dengan baik di masa depan. Kamu itu berharga banget untuk semuanya. kamu berhak untuk mendapatkan kesuksesan, dan kamu juga berhak dapat apa yang kamu mau. Kamu pasti bisa. Mulailah mencintai diri kamu terlebih dahulu, lalu lakukan ah dengan sepenuh hati agar semuanya tidak sia-sia. 


Karya : Intan Nazila (Mahasiswi Ilmu Komunikasi) Universitas Dian Nusantara


Frederikus Suni
Frederikus Suni Sastra mengalir dari kampung Haumeni untuk literasi Indonesia. Karya novel Terjebak, Superego, Kumpulan artikel editor pilihan Kompasiana Jejak Aksara, Antologi Jurnalisme warga "150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi, Buku Biografi "Wanita Tangguh Peraih Masa Depan. Penulis Media Online Kompasiana, Terbitkanbukugratis.id dan Pep News, NTTBANGKIT.COM. Pernah kuliah di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta. Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) Partai Golkar DPD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Campus Ambassador Internasional at MUN

1 komentar untuk "Tanpa Disadari Hal Sepele ini Memiliki Pengaruh Besar bagi Kamu Selepas Kuliah"