Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Indonesia Mendunia dalam Sidang UNESCO, Bagaimana Tanggapan Kamu?

Penulis: Frederikus Suni

Nona Timor tampil anggun dengan atribut lokal NTT. Kearifan lokal budaya NTT dan Indonesia menjadi cikal bakal UNESCO resmikan bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi internasional. Sumber/foto: Instagram @rakatmotif (Tafenpah.com)


Jakarta, Tafenpah.com - Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa - Bangsa atau yang kita kenal dengan UNESCO telah meresmikan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional.

Masuknya bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi internasional telah memberikan keuntungan bagi masyarakat Indonesia.

Pasalnya, Indonesia merupakan negara besar dunia dengan jumlah penduduk sebanyak 278,69 juta jiwa pada pertengahan 2023, memiliki ribuan gugusan pulau, kekayaan laut, alam, budaya, dan sumber daya manusia yang sejak dulu menjadi incaran negara-negara Barat untuk menguasainya, memang layak untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.


Selain itu, di balik peresmian bahasa Indonesia ke dalam bahasa Internasional tak pernah lepas dari kontribusi pemerintah Indonesia di era Presiden Joko Widodo.

Bae sonde bae Jokowi lebe bae dalam balutan pakaian adat NTT. Sumber/foto: Instagram @rakatmotif



Pengaruh Jokowi benar-benar terasa hingga dunia Internasional.

Kabinet Indonesia Maju era Presiden Joko Widodo juga telah bekerja ekstra, khususnya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) di bawah nakhoda Nadiem Anwar Makarim yang telah mereformasi sistem pendidikan Indonesia di era perkembangan revolusi industri 4.0 juga telah memainkan peran besar dalam kemajuan budaya dan pendidikan Indonesia.

Sinergitas antara pemerintah dan swasta dalam memajukan pendidikan dan kebudayaan Indonesia kian menemukan jalan takdirnya.

Menakar kemajuan budaya dan pendidikan Indonesia, UNESCO juga melihat peluang Indonesia dalam menguasai berbagai lini kehidupan, menjadi titik awal dalam peresmian bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa Internasional yang wajib dipelajari oleh semua orang.

UNESCO telah Melirik Pasar Indonesia

Bahasa Indonesia Mendunia dalam Sidang UNESCO, Bagaimana Tanggapan Kamu?. Sumber/foto: Instagram @unescojakarta (UNESCO/Tafenpah.com)



UNESCO, atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization juga menilai pertumbuhan ekonomi dan pariwisata Indonesia di era Presiden Jokowi tidak akan berhenti sampai di sini saja. Melainkan pergantian presiden di tahun 2024, Indonesia akan memainkan peran penting dalam industri kreatif dunia.

Memang jauh sebelumnya, Indonesia sudah menguasai pasar internasional. Bahkan negara-negara adidaya tidak akan berdiri sendiri tanpa bantuan Indonesia.

Untuk memudahkan investasi besar-besar di tanah air oleh para pemilik modal dari berbagai negara, langkah pertama adalah mereka pun wajib mengetahui budaya Indonesia.

Cara yang paling efektif bagi pemilik modal adalah menguasai bahasa Indonesia.

Tujuannya adalah memudahkan langkah mereka dalam menanamkan modalnya di tanah air.

Selain itu, dengan mempelajarai bahasa Indonesia, para investor akan menghindari misskomunikasi dengan warga Indonesia. Atau dalam Ilmu Komunikasi adalah menghindari 'geger budaya.'

Gols atau akhir dari persoalan di atas adalah dengan menguasai kebiasaan, cara pandang, mindset, karakter, dan dinamika sosial dan budaya, trend pasar, investor dengan mudah mengembangkan usahanya di tanah air.


Bagaimana tanggapan kamu terkait peresmian bahasa Indonesia ke dalam bahasa Internasional?

Pertama-tama, sebagai warga Indonesia tentunya kita bersyukur dan berterima kasih dengan niat baik UNESCO.

Karena nama besar nusantara tidak hanya ada di masa lalu. Tetapi, kini Indonesia telah menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Pasifik yang telah menguasai pasar dunia.

Bukan hanya itu, kekayaan bahasa yang ada di bumi pertiwi, termasuk kemolekan alamnya kian benar-benar menyita mata publik internasional.

Animo atau perhatian besar dunia Internasional terhadap kemajuan Indonesia, terlebih resminya bahasa Indonesia ke dalam bahasa Internasional perlu dirayakan oleh setiap penduduk Indonesia.

Karena bangsa-bangsa lain saja mau belajar bahasa Indonesia. Apalagi kita sendiri.

Sebagai generasi muda, tugas besar kita adalah terus mengembangkan kearifan lokal budaya kita dengan cara apapun.

Terutama menggunakan bahasa Indonesia dalam kondisi apapun. Selain itu, kita juga terus mempertahankan bahasa ibu (bahasa daerah kita), di samping menguasai bahasa asing.


Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Bahasa Indonesia Mendunia dalam Sidang UNESCO, Bagaimana Tanggapan Kamu? "