Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blogwalking Sarana Berjejaringan antar Pemilik Blog atau Website Pribadi, dan Beginilah Manfaatnya

Blogwalking Sarana Berjejaringan antar Pemilik Blog atau Website Pribadi, dan Beginilah Manfaatnya. Foto Markey (Tafenpah.com)

Tafenpah.com - Istilah Blogwalking sejatinya sudah menjadi hal biasa bagi pemilik blog atau website pribadi.

Tujuan dari blogwalking adalah menaikan trafik blog atau website.

Semakin kamu melakukan kunjungan ke blog atau website sesama kreator konten, kamu akan merasakan banyak manfaatnya, lho.

Lantas, apa saja manfaat dari Blogwalking? Pertama-tama, mari kita telusuri etimologi atau akar kata dari 'Blogwalking,' ya. Selanjutnya, kita juga akan melihat manfaatnya sobat Tafenpahners (pembaca setia portal Tafenpah di mana pun).

So, tetap stay tune bersama saya admin Tafenpah yang misterius, tapi tak semisterius kisah percintaanku yang selalu kandas sobat, wkwkwk.

Baca JugaKonten Viral Pahtimor Seputar Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Apa saja ya, Yuk Simak Ulasannya

Maaf ini bukan curhat ya! Tapi, sebagai awal perkenalan suasana antara saya dan kamu, guys.

Anjai, sedap! Tanpa basa-basi lagi. Berikut adalah akar kata dari blogwalking.

Blogwalking Sarana Berjejaringan antar Pemilik Blog atau Website Pribadi, dan Beginilah Manfaatnya. Foto Cermati (Tafenpah.com)


Sesuai dengan penjelasan dari penyedia domain terbaik Indonesia, Niagahoster dan juga Domainesia yang merupakan rumahnya para Blogger tanah air, dalam mengembangkan situsnya "Blogwalking adalah aktivitas di mana Anda mampir ke blog lain dengan berbagai tujuan tertentu.

Biasanya blogwalking dilakukan ketika blogger sedang mencari ide untuk content marketing di blog mereka. Namun, tak jarang blogwalking digunakan sebagai cara untuk bersosialisasi dengan blogger lainnya."

Konten Lokal NTTFasty Feka Putri Remaja Pariwisata Indonesia 2020 dan Anggunnya Fashion Tenun Timor, NTT 

Dari penjelasan di atas, setidaknya kamu sudah punya gambaran ya, terutama bagi blogger pemula yang ingin membangun bisnis di dunia digital ini.

Walaupun begitu, istilah blogwalking di setiap negara itu penyebutannya berbeda. Blogwalking hanya populer bagi kreator konten (Blogger Indonesia).

Sementara di luar negeri, blogwalking tak sepopuler. Maklun saja, kreator konten atau blogger/penulis konten online di luar negeri itu sangat dihargai dan diapresiasi pemerintah.

Makanya, blogger di sana cuannya banyak. Tentu saja, ini tidak mengindikasikan bahwasannya blogger di Indonesia tidak punya penghasilan dari kegiatan blogging.

Ya, ibaratnya kalau kita bekerja dengan orang lain dan punya kemauan yang kuat untuk mendapatkan cuan yang banyak, kita pun harus bekerja ekstra.

Sama halnya blogger di Indonesia. Kira-kira kamu sudah punya bayangan seputar blogwalking atau masih ambigu di pikiran kamu?

Saya harap, kamu sudah memahami pembahasanku. Meskipun loncat sana sini, tapi esensinya sama kok, yakni kegiatan bersafari atau mengunjungi situs/portal/blog/website orang lain.


Berikut adalah Manfaat dari Blogwalking

Blogwalking Sarana Berjejaringan antar Pemilik Blog atau Website Pribadi, dan Beginilah Manfaatnya. Foto Freepik (Tafenpah.com)

Sebagai blogger yang sudah lama berkecimpung di industri ini, saya pun mendapatkan banyak manfaat dari blogwalking.

Di antaranya; portal saya Tafenpah.com, Pahtimor.com, HitzTafenpah.com dan LelahnyaHidup.com yang dulunya tidak ada apa-apanya, kini saya harus mengatakan bahwasannya ada sesuatu lah untuk dibanggakan sebagai anak desa.

Konten HitzTafenpah.com: Audrey Vanessa, Orang Muda Katolik, Suksesnya Karir Tak Lepas dari Kemurahan Hati Yesus Kristus

Sebelum mengenal istilah blogwalking, prinsip saya yakni; nulis saja, toh semuanya pasti indah pada waktunya.

Anjai, kedengarannya seperti saya sedang berceramah di mimbar ya.

Tak apalah. Namanya juga catatan harian redaksi, suka-suka saya menulis kan?

So, perlahan tapi pasti, dari kegiatan blogwalking kini situs pribadi saya sudah punya brand tersendiri di mbak google.

Bila kamu tak percaya. Cobalah ketikan nama situs saya yang sudah saya sebutkan di atas. Pastinya kamu akan menemukannya di mesin pencari google dan lain sebagainya.

Selain itu, trafik atau kunjung blog saya meningkat. Walaupun saya bekerja sendiri, tapi sejauh ini saya sudah mendapatkan kepuasan.

Lantaran, berawal dari hobi dan iseng-iseng untuk menulis. Lama kelamaan saya jatuh cinta dengan kegiatan tulis menulis, khususnya di revolusi industri 4.0 dan kini kita sedang menuju era society atau revolusi industri  5.0

Blogwalking Sarana Berjejaringan antar Pemilik Blog atau Website Pribadi, dan Beginilah Manfaatnya. Foto IDCloudHost (Tafenpah.com)


Mengelola blog atau website pribadi dengan trafik yang tinggi adalah dambaan semua blogger di mana pun.

Karena dengan begitu, pintu-pintu kerja sama akan berdatangan dengan sendirinya.

Jauh dari kata songong, sebutan khas generasi muda saat ini, saya tidak bermaksud untuk mengagungkan diri ya.

Karena Sang Agung hanya satu saja yakni Maha Kudus dan bersifat universal. Karena Dialah pemilik dari desain sempurnanya segala pekerjaan kita.

Bullshit! Teologis banget ya. Terlepas dari hal remeh temeh, istilah keren filsuf-filsuf tanah air dan dunia, sejatinya masih banyak manfaat lain dari kegiatan blogwalking.

Of course! Setiap blogger pasti punya pandangan sendiri tentang blogwalking.

Tapi, itulah manfaat yang saya rasakan sebagai seorang blogger.

Intisari dari catatan saya hari ini adalah bagaimana pun juga, kamu yang punya blog atau website pribadi, jangan lewatkan kegiatan blogwaking ya.

Keuntungan yang saya sudah sebutkan di atas, juga branding blog kamu makin oke di mesin pencari google.

Dengan begitu, kamu akan menikmati serpihan-serpihan surga kecil, di balik mengelola portal pribadi.

So, tinggalkan komentar atau bagikan artikel ini, jika itu bermanfaat bagi kamu blogger pemula.

Jakarta, 13 Agustus 2023, pukul 02.54 WIB

Redaksi Tafenpah Group (Tafenpah.com)


Frederikus Suni

Sumber rujukan Niagahoster dan Domainesia

Instagram pribadi @suni_fredy


 


 

Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Blogwalking Sarana Berjejaringan antar Pemilik Blog atau Website Pribadi, dan Beginilah Manfaatnya"