Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Reboisasi dari Persatuan Mahasiswa Biboki Kefamenanu

Penulis: Deni Oki | Editor: Fredy Suni

Reboisasi dari Persatuan Mahasiswa Biboki di desa Upfaon | Foto: Deni


Kefamenanu, Tafenpah.com - Persatuan Mahasiswa Biboki (Permabi) melakukan aksi penghijauan atau reboisasi di Desa Upfaon,  Kecamatan Biboki Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (3/12).




"Hal ini dilakukan guna peduli terhadap lingkungan alam, karena melihat alam memiliki fungsi sebagai satwa marga, sarana wisata, dan juga sarana penyimpanan air" ujar wakil Ketua PERMABI Kefamenanu, Maximus Tanii kepada Tafenpah.




Ada pun tujuan pemilihan lokasi reboisasi kasih di desa Upfoan, yakni; desa ini memiliki potensi yang sangat besar dalam memproduksi sumber air. 



Lebih lanjut, Maximus mengatakan tujuan dilakukannya reboisasi ini adalah untuk menjadikan sumber mata air yang berada di desa Upfaon semakin produktif sehingga dalam penyaluran sumber air mampu menyeimbangi kebutuhan sumber air di desa tersebut.



Selain itu,  Ketua Panitia Diesnatalis, Lusianus Oni Lalian mangatakan bahwa, tujuan reboisasi ini juga sebagai penghijauan kasih oleh karena kegiatan yang dilakukan ini selain bermanfaat bagi alam yang terjaga juga bagi manusia yang peduli terhadap alam.


Kepala desa Upfaon- bapak Yulius Tarsisius Kaesnube mengarahkan kita untuk  melakukan penghijauan di 4 sumber mata air besar yang ada di desa Upfaon yakni;  Sakiki, manumuti, Liso,  dan Saina.



Oleh karena itu seluruh anggota aktif PERMABI dibagi dalam 4 kelompok untuk melakukan penanaman pohon di 4 tempat di tersebut.



Selain anggota PERMABI kefamenanu ada juga dari pemerintah desa dan masyarakat desa Upfaon ikut berpartisipasi dalam penghijauan ini.

Menanggapi pernyataan Maximus dan Lusianus, Ketua Bidang Pengabdian Pada masyarakat (BP2M), Melkianus Sonbai menyampaikan terima kasih kepada anggota maupun masyarakat setempat yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk ikut andil dalam kegiatan penghijauan ini.




"Harapan dari saya, semoga dengan adanya kegiatan reboisasi yang dilakukan di desa Upfaon mampu mencukupi sumber air bagi seluruh masyarakat setempat, dan menjadikan alam Upfaon tetap asrih, serta selalu menggugah setiap manusia di mana pun berada untuk menjaga dan melestarikan alam di sekitarnya" tutup Melki.
Frederikus Suni
Frederikus Suni Hello pembaca Tafenpah...! Salam kenal dari saya Fredy Suni ya | Menulis adalah bagian dari kegiatan berbagi dan sarana mengabadikan setiap momen yang kita lalui setiap hari || Selamat membaca!! Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @Fredy_Suni18

Posting Komentar untuk "Aksi Reboisasi dari Persatuan Mahasiswa Biboki Kefamenanu "