Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peringatan Hari Guru Nasional di Berbagai Negara

Redaksi Tafenpah

Perayaan Hari Guru di Korea Selatan | @Liputan6

Jakarta, Tafenpah.com - Guru merupakan sosok yang berperan penting dalam kehidupan setiap siswa. 



Guru bukan hanya mengajar, namun juga mendidik dan memancing rasa ingin tahu anak didiknya. Terlebih, guru juga mempersiapkan setiap siswanya untuk menjadi individu yang berguna dan bermakna di tengah masyarakat.

 

Sebagai platform teknologi edukasi, Zenius tidak hanya berkomitmen untuk memberikan dampak kepada para siswa, tetapi juga bagi para guru. Saat ini, ada lebih dari 250 ribu guru tergabung dalam komunitas guru di Zenius. 


Zenius


Konten-konten Zenius juga selalu mengedepankan pemikiran kritis dan penalaran, dan ini merupakan hal yang terus disampaikan ketika Zenius mengadakan lokakarya dengan para guru di seluruh Indonesia. 



Ketika guru memiliki wadah berkreasi dan bertukar pikiran untuk melakukan pengajaran yang menekankan pada keterampilan berpikir, Zenius dan para guru akan dapat mengambil bagian dalam pemulihan pendidikan pasca pandemi.

 

Menyambut peringatan Hari Guru Nasional yang diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya, mari kita mengenal sejarah Hari Guru Nasional di Indonesia dan di negara-negara lain berdasarkan rangkuman dari Zenius.

 

Zenius

Indonesia

Indonesia memperingati Hari Guru setiap tanggal 25 November, bertepatan dengan lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). 



Sayang, waktu itu belum ada keputusan resmi dari pemerintah untuk menjadikannya sebagai salah satu hari besar nasional. 



Barulah pada tahun 1994, Hari Guru Nasional resmi diperingati setiap 25 November. Jauh sebelum nama PGRI terbentuk, persatuan guru di Indonesia bernama PGHB (Perserikatan Guru Hindia Belanda).



Pada tahun 1932, PGHB berubah nama menjadi PGI (Persatuan Guru Indonesia). 



Singkat cerita, tiga bulan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, persatuan guru mengadakan Kongres I PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yang diselenggarakan pada 2425 November 1945 di Surakarta. 



Pada kongres itu juga disepakati bahwa PGRI akan menjadi wadah bagi para guru di seluruh Indonesia.

Argentina

Hari Guru Argentina (Argentina Teacher’s Day) diperingati setiap tanggal 11 September. Tanggal ini bertepatan dengan kematian Domingo Faustino Sarmiento, seorang mantan presiden dan pendidik besar di Argentina. Selama Domingo menjabat sebagai presiden, ia memprakarsai banyak sekali reformasi dalam bidang pendidikan.



Kontribusinya sangat besar bagi perkembangan pendidikan di Argentina, seperti mendirikan Sekolah Angkatan Laut, Sekolah Militer, dan Sekolah Kehutanan dan Agronomi. 



Ia juga mendirikan banyak sekolah dasar yang tersebar di berbagai provinsi di Argentina. Selain itu, Domingo juga mendirikan sekolah pelatihan khusus guru untuk menunjang kinerja para guru dalam mendidik anak bangsanya.

 

India

Kapan Hari Guru Nasional di India? Berbeda dengan Argentina yang peringatan Hari Gurunya diperoleh dari tanggal kematian mantan presidennya, India memiliki Hari Guru yang dirayakan dari tanggal kelahiran mantan presidennya, Dr. Sarvepalli Radhakrishnan, yaitu 5 September. 



Ia merupakan salah satu cendekiawan dan filsuf India yang paling berpengaruh dalam bidang pendidikan. Bahkan pada tahun 1984, ia terpilih sebagai Ketua Dewan Eksekutif Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB dan memimpin delegasi India.

 

Perayaan Hari Guru di korea Selatan | Travelingnuna

Korea Selatan

Korea Selatan juga memiliki Hari Gurunya sendiri, yaitu pada tanggal 15 Mei. Tanggal ini sekaligus untuk memperingati kelahiran Sejong yang Agung, pencipta alfabet Korea. 



Perayaan Hari Guru di Korea beberapa kali menuai kontroversi, pasalnya pada hari perayaan, siswa dan alumni akan datang ke sekolah untuk memberikan bunga anyelir kepada guru favoritnya. 



Hal itu dimanfaatkan juga oleh orang tua untuk memberikan suap kepada guru. Untuk menghindari hal tersebut, beberapa sekolah pada peringatan Hari Guru hanya beraktivitas setengah hari dan beberapa ada yang diliburkan.

 

Venezuela

Hari Guru di Venezuela diperingati setiap tanggal 15 Januari. Tanggal ini ditetapkan untuk mengakui dan mengapresiasi perjuangan para guru di Venezuela pada 15 Januari 1932. 



Saat itu, para guru membentuk asosiasi untuk membela hak-hak guru dan meningkatkan pendidikan di Venezuela. Peringatan Hari Guru di Venezuela biasanya dilaksanakan mengadakan tari-tarian, bernyanyi, drama, sandiwara, dan hiburan lainnya di sekolah. Setelah acara, para guru diberikan makan siang yang mewah. 



Ada juga pemberian kartu ucapan dari siswa untuk para guru.

 

Demikian sejarah singkat mengenai Hari Guru Nasional di Indonesia dan beberapa negara lain. Dimanapun berada, guru akan terus menjadi sosok penerang dan penggerak perubahan bagi setiap muridnya. Selamat Hari Guru Nasional kepada seluruh guru di Indonesia, jasamu sungguh tiada tara.

 

 Sumber: Zenius (Mitra publikasi Tafenpah)


Frederikus Suni
Frederikus Suni Hello pembaca Tafenpah...! Salam kenal dari saya Fredy Suni ya |Instagram: @Fredy_Suni18 | TikTok: @TafenpahNew | SnackVideo: @TafenpahNews | Facebook: @Tafenpah Selamat membaca!! Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @Fredy_Suni18

Posting Komentar untuk "Peringatan Hari Guru Nasional di Berbagai Negara"