Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelantikan Badan Kepengurusan Ikatan Mahasiswa Bikomi (IMABI) Kupang Periode 2021/2022

 

Ikatan Mahasiswa Bikomi Utara (IMABI) Kupang. Dokumentasi IMABI

Penulis: Yefry Elu | Editor: Fredy Suni

KUPANG, Tafenpah.com - Badan Kepengurusan Organisasi Ikatan Mahasiswa Bikomi (IMABI) resmi dilantik oleh Albertus Lake di Asrama Pemda Alor, Sabtu (28/5/2022). 


Acara pelantikan  mengusung tema  "Mempererat Persaudaraan dengan  Berjiwa Kepemimpinan yang Berbudi Luhur, Responsif,  Loyalitas, Emosional dan Solutif dalam Bingkai Semangat _Nekaf Mese Ansaof Mese." 


Ketua panitia pelantikan Badan Pengurus IMABI Kupang, Krisantus Nino dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder internal dan eksternal  yang telah berjuang keras, dan bekerja sama dalam menyukseskan pelantikan Badan Pengurus Imabi kupang.


Baca Juga: Gubernur VBL: Sumber Daya Manusia NTT tidak Bodoh! Tapi, Budaya Literasi Masih Minim


"Saya selaku Ketua panitia pelaksana  berterima kasih kepada teman-teman IMABI - Kupang yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya, sebagai Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan Badan Pengurus, dan tentunya, semua ini karena hanya atas dukungan dan kerja sama dari teman-teman, serta berbagai pihak sehingga pelantikan badan pengurus hari ini pun telah terlaksana dengan luar biasa dan meriah” Ujar Krisantus.


Ia juga mengatakan tanggung jawab ini sebagai ruang kreasi dan belajar bersama dalam meningkatkan sumber daya manusia IMABI yang visioner, integritas, dan Profesional (VIP) dalam situasi apa pun. 


Baca Juga: Paskalis Abi Tekankan Semangat Fetof-Naof, Olif-Tataf dalam Organisasi IMABI


Sementara itu, ketua umum IMABI Kupang terlantik, Antonius R. Abi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen keluarga besar Imabi Kupang, baik senior alumni dan elemen terkait yang dengan caranya tersendiri memberikan dukungan hingga pelantikan badan pengurus terlaksana dengan baik. 


Baca Juga: Drs. Soleman Dapa Taka Apresiasi Kreativitas dari Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Undana Kupang


Dalam sambutan selanjutnya, ketua terlantik meminta kepada badan pengurus untuk bekerja sama secara kolektif kolegial, totalitas, solutif dan emosional demi menjalankan tugas dan tanggung jawab  sesuai alur visi misi organisasi.


"Saya berpikir secara sederhana dalam organisasi diartikan sebagai ruang yang menampung beberapa orang yang tentunya memiliki tujuan yang sama, namun pasti ada perbedaan karakter sehingga harus adanya sikap emosional yang matang dalam persaudaraan sehingga kemudian bisa tercipta karakter kader yang matang secara emosional dan profesional" Ujar Ketua terlantik yang biasa disapa Rudi.


Rudi juga mengatakan organisasi ini akan terus berkembang, bila setiap anggota meningkatkan koordinasi, komunikasi, dan adanya kerelaan untuk saling bekerja sama dalam kondisi apa pun.


"Hari ini kita telah dilantik sebagai nahkodanya Imabi Kupang. Harapan besar saya kepada jajaran badan pengurus untuk meningkatkan solidaritas antar anggota, serta menumbuhkan rasa semangat dalam bekerja. Kita harus bekerja secara total, dan matang secara emosional dalam bersikap dan bertindak, hingga apa yang kita harapkan bisa berjalan dengan baik" Harap Rudi



Sementara, Ketua terdemusioner Petrus Ato dalam sambutannya mengucapkan proficiat kepada badan pengurus terlantik.  Dirinya menyampaikan bahwa ia sangat berterima kasih kepada seluruh anggota Imabi Kupang, karena melalui proses dan perjuangan yang dilalui bersama, akhirnya pelantikan badan pengurus dapat terealisasi.


Ia juga mengimbau kepada ketua beserta badan pengurus harus bekerja secara efektif, sehingga bisa membawa Imabi Kupang ke arah atau kompas yang lebih baik, serta berguna di mata masyarakat dan tetap menjaga eksistensinya. 


"Ingat bahwa Imabi Kupang pernah mengalami stagnasi dan kefakuman.  2019 yang lalu merupakan moment di mana Imabi Kupang kembali bangkit.  Lewat pengurus baru terlantik dan seluruh komponen Imabi Kupang haruslah tetap menjaga eksistensi organisasi, biar Imabi Kupang tetap eksis, sebagai rumah  bernaungnya pemuda/i dalam menuntut, menimba ilmu praktis dan membekali karakter diri terlebih khusus putra-putri bikomi"tegas Piter.



Sebelum mengakhiri sambutannya, Piter juga menyampaikan apresiasi serta terima kasih dan permohonan maaf  kepada pengurus, anggota, dan juga mitra eksternal IMABI Kupang yang dengan caranya ikut mendukung terlaksananya organisasi ini.



"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh rekan-rekan Imabi Kupang, baik Senior Alumni, Dewan Pembina, dewan  Penasehat Imabi Kupang dan seluruh elemen yang dengan caranya masing-masing telah memberikan suport dan dukungan hingga berbagai program selama masa kepengurusan kami terlaksana dengan baik. Mohon maaf juga kepada rekan-rekan semua apa bila pada masa kepemimpinan kami terdapat hal-hal yang kurang berkenan mohon dimaklumi" harap Piter. 


Perwakil ketua dewan pimpinan cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia GMNI Cabang Kupang Yohanes Klau sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi dalam sambutannya mewakili okp-okp lokal lainnya menyampaikan proficiat kepada kepada ketua bersama Jajaran badan pengurus Imabi Kupang terlantik .


Kami berharap semoga dengan pelantikan 10 orang sebagai Badan Pengurus IMABI ini, kedepan 10 orang ini menjadi garda terdepan untuk mengembangkan roda organisasi IMABI Kupang. Seperti kata Bung Karno, dengan 10 Pemuda, niscaya aku akan mengguncang dunia. Maka bagi IMABI Kupang, dengan 10 orang pemuda/i, niscaya IMABI akan tumbuh, berkembang dan maju dengan sangat baik", Ujar pemuda itu yang biasa disapa akrab Abang Jho. 


Yosef Kolo, S.SI dalam sambutannya mewakili senior alumni Imabi Kupang dirinya  mengharapakan agar Wadah Imabi Kupang menjadi wadah kekeluargaan dan wadah pembelajaran bagi seluruh anggota Organisasi IMABI Kupang. Dirinya menjabarkan bahwa mahasiswa adalah kelompok masyarakat yang memiliki harapan atau idelisme yang kuat untuk tidak hanya menjadi Agen perubahan tetapi berada didepan untuk melakukan perubahan. 


"Kita harapkan agar generasi Bikomi tidak hanya menjadi Agen Perubahan (Angent of Change) tetapi harus berada di depan untuk menjadi Pelaku perubahan itu sendiri melalui berbagai macam Pengejawantahan visi dan misi organisasi melalui program-program organisasi" harapnya 


Ia juga menegaskan eksisnya sebuah komunitas, tergantung dari soliditas serta loyalitas Pengurus dan Anggotanya, secara struktur Pemimpin harus mampu mengkonsolidasi anggota yang berbeda-beda karakter melalui rekayasa program yang terencana dan terstruktur.


Imabi Kupang harus menjadi wadah dialektika ide dan gagasan generasi muda Bikomi dengan mengedepankan semangat kolektif kolegial.


"Dalam mendinamisasi roda organisasi, Pimpinan beserta jajaran Imabi Kupang harus mampu bersinergi dengan berbagai macam elemen eksternal" tegas Yosef yang juga merupakan Komisioner KPID NTT Bidang Pengawasan Isi Siaran. 


Informasi Seputar IMABI

Sebagai informasi, Ikatan Mahasiswa Bikomi (IMABI) Kupang sebagai salah satu bagian integral dari organisasi lokal kedaerahan yang berasal dari Kabupaten Timor tengah Utara, lebih tepatnya di Swapraja Miomaffo Kefetoran Bikomi yang terdiri dari 5 Kecamatan yang tersebar di Wilayah Bikomi

Di antaranya; Kecamatan Bikomi Tengah, Bikomi Selatan, Bikomi Utara , Bikomi Nilulat dan Kecamatan Kota Kefamenanu.




Frederikus Suni
Frederikus Suni Hello pembaca Tafenpah...! Salam kenal dari saya Fredy Suni ya |Kunjungi juga situs baru saya di SuaraDiaspora.Wordpress.com Selamat membaca!! Terkait kerja sama bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @Literasi_Tafenpah

2 komentar untuk "Pelantikan Badan Kepengurusan Ikatan Mahasiswa Bikomi (IMABI) Kupang Periode 2021/2022"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan ya! | Terima kasih


Diperbolehkan mengutip tulisan dari blog Tafenpah tidak lebih dari 30%, dengan syarat menyertakan sumber | Mari, kita belajar untuk menghargai karya orang lain | Salam hangat