Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rila Sila Mulai Bermusik Sejak 5 Tahun

Rila Sila dan orang tuanya. Foto oleh Piter Sila

Penulis: Fredy Suni

KEFAMENANU, Tafenpah.com – Sejak usia 5 tahun, Rila Sila sudah menyukai bidang musik. Kecintaannya terhadap musik telah mengantarkannya pada berbagai penghargaan, yakni Juara Favorit berturut-turut dan juga menyabet “The Best Player” selama 2 tahun di ajang Piala Bupati TTU dan Friendly Band.


Demikian yang dikatakan Piter Sila (49)  selaku orang tua Rila kepada Tafenpah, Selasa (22/3/2022).


“Orang tua harus proaktif terhadap perkembangan anak-anaknya sejak usia dini, mulai dari perkembangan afeksi atau perasaan, mencari tahu kelebihan dan kekurangan anak, lalu mengadopsi model pendidikan yang cocok bagi anak guna mendukung minat atau talenta anak 

dalam bidang apa pun” ujarnya.

Rila Sila generasi emas Timor Tengah Utara. Foto oleh Piter Sila

Berikut adalah petikan wawancaranya:


Selamat pagi Om, kapan Rila diberi ruang atau kesempatan untuk bermusik?

Kalau dasar main gitar dari SD Kelas 5 dan dari sanalah Rila dan teman-temannya yang menyukai bidang musik mulai membentuk komunitas Band selama 2 tahun.


Kemudian, minat Rila perlahan mulai tumbuh dan ia jadikan musik sebagai kekuataanya sampai saat ini.


Apa saja jenis musik yang disukai oleh Rila?

Untuk usia Rila yang baru menginjak 13 tahun yang pasti menyukai lagu Pop Kreatif seperti; Afgan, Agnes Mo, Judika, dan lain sebagainya.


Akan tetapi, Rila sangat tertarik dengan lagu legend dan Top Forty.


Kapan Rila mulai mengikuti Lomba di Kabupaten Timor Tengah Utara?

Yang pasti, tahun 2020 dan 2021, kami selaku orang tua perlu dan wajib mengasah skill Rila dengan memberikan kesempatan kepadanya untuk tampil di depan banyak orang.


Karena euforia atau suasananya sangat berbeda ketika kami melatih Rila di rumah. Tentu saja kesempatan itu dimanfaatkan oleh Rila. Buktinya putri kecil kami yang saat ini masih duduk di bangku SMP Putri Xaverius Kefamenanu semakin percaya diri dengan talenta yang diberikan Tuhan kepadanya.


Saya tekankan selagi lagi bahwa orang tua itu harus lebih proaktif terhadap perkembangan anaknya dalam bidang apa pun.


Bagaimana perasaan ketika Om melihat Rila tampil dan mampu memenangkan beberapa lomba di ajang bergengsi?

Pertama-tama kami bersyukur kepada Tuhan Yesus karena  apa yang sudah didapatkan oleh Rila itu tidak semata-mata kemampuannya sendiri. Melainkan di balik kesuksesan dan kematangannya  saat ini, ada campur tangan dari Sang Ilahi.


Ke depan Om dan tante akan mendukung Rila di industri musik ataukah fokus di pendidikan?

Sebagai orang tua tentu saja keduanya harus sejalan. Karena pendidikan sangat penting dan menunjang karier.


Apa harapan Om dan Tante sebagai perwakilan dari seluruh orang tua di Kabupaten Timor Tengah Utara?

Harapan kami dan juga seluruh warga Kabupaten Timor Tengah Utara adalah pemerintah tidak hanya sebatas menyelenggarakan kegiatan rutin saja.


Jujur dalam hal pembinaan selanjutnya sebaiknya pemerintah perlu mengundang dan mengisi acara-acara formal dan non formal dengan memberikan ruang kepada generasi muda Timor untuk tampil.


Dengan begitu mental dan semangat generasi muda Timor akan terus berkembang. Karena talenta muda TTU butuh perhatian serius dari semua kalangan.




Frederikus Suni
Frederikus Suni Hello pembaca Tafenpah...! Salam kenal dari saya Fredy Suni ya | Menulis adalah bagian dari kegiatan berbagi dan sarana mengabadikan setiap momen yang kita lalui setiap hari || Selamat membaca!! Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @Fredy_Suni18

Posting Komentar untuk "Rila Sila Mulai Bermusik Sejak 5 Tahun"