Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Gereja Katolik Sasi, Kefamenanu yang Didanai oleh Del Piero

Gereja Katolik Sasi Kefamenanu. Dokumen Tafenpah

Penulis: Fredy Suni

Tafenpah.com - Pulau Timor kini identik dengan keindahan. Ya, memang selain alam perbukitan, padang sabana yang terbentang luas dengan sejuta viewnya yang serba hijau, ada juga wisata-wisata religi yang patut dikunjungi oleh pelancong domestik maupun mancanegara.


Salah satu wisata religi yang sekarang digandrungi oleh wisatwan adalah gedung Gereja Katolik St. Antonius Padua Sasi yang terletak di  Jl. Eltari No. KM 7, Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.


Mengapa wisatwan harus mengunjungi Gereja Katolik Sasi?

Indahnya batu alam Timor di bangunan Gereja Katolik Sasi, Kefamenanu.Tafenpah

Karena bangunan gedungnya dibuat dari batu alam Timor. Sesuai dengan sejarahnya, salah satu legenda pesepak bola dunia asal Italia, Del Piero lah yang mendanai pembangunan gedung Gereja ini.



Mengingat Del Piero adalah keponakan dari Pastor Antonio Razzoli yang membaktikan hidup dan karya pelayanannya di Gereja ini selama puluhan tahun.


Salah satu spot di Gereja Katolikk Sasi.Tafenpah

Bangunan Gereja Katolik ini sangat unik. Karena memiliki nilai estetik yang sangat indah dan penuh seni artistik.


Memang ketika Anda berkunjung ke pedalaman pulau Timor, khususnya di daerah perbatasan RI - Timor Leste, di sana Anda juga akan menjumpai salah satu Gereja Katolik Kristus Raja Haumeni di Desa Haumeni, Kecamatan Bikomi Utara yang kurang lebih bangunannya mirip atau serupa dengan Gereja Sasi.


Gereja yang didanai oleh Del Piero.Tafenpah

Di mana keduanya sama-sama menggunakan bahan bagunan itu hampir 100 persen batu alam Timor. Dan pendiri atau orang yang berjasa dalam membangun Gereja Katolik tersebut adalah misionaris atau Pastor/Imam Katolik yang berasal dari benua Biru (Eropa).


Sejenak Mencari Kedamaian di Halaman Gereja Sasi

Salah satu Patung Bunda Maria yang mengulurkan tangannya untuk menyambut wisatwan.Tafenpah

Kemarin, penulis menjelajahi area Gedung Gereja Sasi dan memang suasana di sana sangat mendukung bagi setiap orang yang pernah kehilangan orang-orang tercinta, entah karena masalah sosial - budaya atupun peristiwa alam dan kematian yang telah memisahkannya.



Penulis dan kakak sepupu (Paulus Lake) sangat menikmati alunan musik religi, sesekali memincingkan mata menuju salah satu Patung Bunda Maria yang juga berada di halaman Gereja Katolik Sasi.


Paulus Lake sementara menatap bangunan Gereja Katolik Sasi.Tafenpah

Kombinasi dari kedua bangunan yang megah itu sangat membantu penulis untuk melupakan kepergian almarhum adik sepupu (Selviana Suni) yang telah berpulang 2 Minggu yang lalu ke pangkuan Bapa di Surga.


Setelah berpuas menikmati dan mensyukuri rahmat kehidupan sekaligus menyerahkan intensi atau permohonan kepada Sang Arsitek (Tuhan Yesus), kami mulai mencari spot-spot menarik di sepanjang bangunan Gereja yang tinggi menjulang hingga 7 Meter dengan batu alam merah asli pulau Timor yang unik dan sangat eksotis untuk berswafoto.

Gereja Katolik Sasi

Terakhir, bagi pelancong domestik dan mancanegara, jika ada kesempatan bolehlah untuk menjelajahi bagian pulau Timor dan juga daerah perbatasan yang tak kalah menarik spot dan wisata religi dan alam perbukitan yang hijau permai.




Frederikus Suni
Frederikus Suni Hello pembaca Tafenpah...! Salam kenal dari saya Fredy Suni ya |Instagram: @Fredy_Suni18 | TikTok: @TafenpahNew | SnackVideo: @TafenpahNews | Facebook: @Tafenpah Selamat membaca!! Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @Fredy_Suni18

3 komentar untuk "Mengenal Gereja Katolik Sasi, Kefamenanu yang Didanai oleh Del Piero"

  1. Gereja Katolik Sasi berdiri atas swadaya umat...Judul artikel ini kesannya seperti umat paroki St. Antonius Padua Sasi tidak punya kontribusi sedikitpun karena "Didanai oleh Del Piero" 🤦‍♂️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk masukannya. Memang benar ada banyak faktor pendukung berdirinya Gereja katolik Sasi. Penulis sama sekali tidak ada maksud apa-apa. Penulis juga tahu Gereja di mana pun pasti ada swadaya dari umat. Untuk itu, penulis hanya mengangkat satu topik saja, dalam hal ini penulis sorotin Del Piero. Terima kasih

      Hapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan ya! | Terima kasih


Diperbolehkan mengutip tulisan dari blog Tafenpah tidak lebih dari 30%, dengan syarat menyertakan sumber | Mari, kita belajar untuk menghargai karya orang lain | Salam hangat