Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jokowi: Mandalika Bukan Hanya Sekadar Ajang Balap Motor, Tapi.......

Jokowi saat mengecek kesiapan insfrastruktur Mandalika, Rabu (13/1/2022). Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden.

Tafenpah.com, Jakarta – “Kita juga ingin Mandalika ini tidak hanya urusan balapan motor, tetapi juga memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat. Oleh sebab itu, beberapa desa di sekitar sirkuit Mandalika telah dibangun “home stay” yang dibantu oleh pemerintah pusat, disiapkan oleh pemerintah daerah dan sekarang siap 300 home stay,” ujar Presiden Joko Widodo saat meninjau kesiapan infrastruktur sirkuit Mandalika, Lombok, Kamis (13/1/2022).


Saya juga sudah mengecek satu per satu home stay yang sudah dikerjakan oleh Kementerian PU dan kita lihat apakah di bulan Maret ini terisi atau tidak, tetapi menurut saya Isyah Allah semuanya akan terisi penuh. 


Selain mengecek home stay yang berada di desa sekitar sirkuit Mandalika, Jokowi juga sudah mengecek insfrastruktur jalan bypass dari Bandara menuju ke Sirkuit Mandalika. 


“Infrastruktur jalan bypass sudah bagus, terutama yang berkaitan dengan keindahan, estetika, landscape yang dikerjakan selama satu minggu ini sudah kelihatan hasilnya,” ujar Jokowi.


Lebih lanjut, Jokowi meminta kepada Hadi Tjahjanto agar proses pengerjaan di akhir bulan Februari sudah beres.


“Pembenahan Insfrastruktur, baik infrasturtur jalan, dari Bandara Internasional Lombok sampai ke Bypass, khususnya di Bundaran Sunggun menuju sirkuit di situ kita sedang laksanakan beatifikasi termasuk perbaikan rumah-rumah penduduk, yang memang ada program dari PUPR, termasuk perbaikan di sisi jalan menuju ke sirkuit Mandalika,” ujar Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto.


Sedangkan, di Sirkuit Mandalika sudah dilakukan pembenahan di tir satu pedok area, tir 2 di sirkuit itu sediri, dan titik 3 khusus untuk penonton.


Grand Stand nanti kita akan tempatkan di sekitar tempat-tempat yang dianggap memiliki view yang bagus untuk penonton.


“Sedangkan dukungan-dukungan yang lain yang paling penting adalah akomodasi. Akomodasi di lombok sini hanya berjumlah 16 ribu. Tetapi kita akan tambah sesuai dengan tiket yang kita jual kurang lebih 63.500 tiket,” tandasnya.


Sehingga solusinya kita akan mendatangkan PELNI dari Kementerian Perhubungan, kemudian kita manfaatkan PINISI. Ada 700 pinisi. Kalau rata-rata 5 kamar sudah 3500, kemudian pembangunan SARUNTA di kawasan Mandalika ini ada 300 dan 50 sudah mendapat sertifikat chse, 98 ada di sekitar tiga gili.


Lalu, bagaimana dengan transportasinya? Transportasi akan didukung oleh Kementerian Perhubungan, transportasi darat dan penumpang yang akan masuk ke sirkuit akan didukung dengan Seatle Bass.


Dan yang sendiri masuk dari luar akan didukung dengan frekuensi penerbangan dari Jakarta, Surabaya, Bali maupun Makassar.


“Mudah-mudahan penonton diberikan kemudahan menuju ke Sirkuit Mandalika untuk menonton Moto GP 2022,” Harapnya.









Frederikus Suni
Frederikus Suni Jurnalis, Penulis, Blogger, Konten Kreator Kompasiana, Pep News, Eskaber, Editor Penerbit Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) Jakarta, Pegiat Literasi Digital Indonesia, dan co-Founder Komen Lida: Komunitas Melek Literasi Digital Indonesia. Lahir di Desa Haumeni, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur. Pernah Studi di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Widya Sasana, Malang, Jawa Timur. Eks/mantan Frater di Seminari Tinggi SVD Surya Wacana, Malang. Founder TAFENPAH

3 komentar untuk "Jokowi: Mandalika Bukan Hanya Sekadar Ajang Balap Motor, Tapi......."