Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri itu Ada Dalam Diri Perantau

www.tafenpah.com

Perantau identik dengan keberanian. Tapi, apakah anggapan itu benar? Belum tentu juga. Karena setiap orang akan memiliki pandangan tersendiri. 


Berjuta-juta mil samudera perairan kita lalui hanya untuk mencari kehidupan di negeri asing. Selama di sana, kita dibentuk dan diterpa oleh berbagai macam pengalaman baik dan buruk.


Pengalaman-pengalaman itulah yang nantinya menjadi pembelajaran sekaligus neraka bagi seseorang. Dikatakan sebagai model pembelajaran karena kita berusaha untuk melihat setiap peristiwa dengan cara pandang yang membangun. Sebaliknya, dikatakan neraka jika kita lari dari setiap persoalan yang kita hadapi.


Akan tetapi, keberanian hanya dimiliki oleh orang-orang yang kuat dan tangguh dalah menjalani kehidupan di tanah rantau.



Frederikus Suni
Frederikus Suni Jurnalis, Penulis, Blogger, Konten Kreator Kompasiana, Pep News, Eskaber, Editor Penerbit Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) Jakarta, Pegiat Literasi Digital Indonesia, dan co-Founder Komen Lida: Komunitas Melek Literasi Digital Indonesia. Lahir di Desa Haumeni, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur. Pernah Studi di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Widya Sasana, Malang, Jawa Timur. Eks/mantan Frater di Seminari Tinggi SVD Surya Wacana, Malang. Founder TAFENPAH

Posting Komentar untuk "Misteri itu Ada Dalam Diri Perantau"