Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat Media Sosial bagi Kamu?

Instagram Kemenkominfo

Tanpa terasa kita sudah lama berenang di dalam kolam teknologi, terutama media sosial. Entah berapa kali kita patah hati, gegara kisah percintaan kita dinodai oleh si doi melalui akun media sosialnya.

Media soial adalah rumah inspirasi dan tempat yang tepat untuk mengekspresikan diri kita dengan bebas. 

Setiap orang bebas menggunakan media sosial, sejauh ada pengetahuan mumpuni dalam menggunakan media sosial.

Seorang mahasiswa tentu tidak akan pernah terlepas dengan media sosial. Karena sejak Pandemi melanda negeri tercinta, sistem pembelajaran beralih dari tatap muka (konvensional) menjadi digital (online).

Segala sesuatu dikerjakan hanya melalui online. Begitu pun dengan tugas dari kampus dan pekerjaan.

Sobat Tafenpah, apakah penggunaan media sosial sangat bermanfaat bagi kamu?

Tentu setiap orang mempunyai tujuan untuk menggunakan media sosial. Apa pun manfaat yang didapatkan oleh seseorang, itu pun tergantung dari sikap adaptif dan bijak dalam bermedia sosial.

Bagi saya, media sosial itu sangat penting untuk menunjang keseharian saya sebagai konten creator. Tanpa media sosial, saya akan mengalami kesulitan untuk membagikan artikel yang saya kerjakan dengan totalitas.

Begitu pun dengan kamu. Entah media sosial kamu gunakan untuk bersenang-senang, bertukar pikiran, dan lain sebagainya. Itu tergantung dari kamu sobatku.

Mengapa media sosial sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia?

Zaman sekarang tanpa media sosial, bagaikan makan tanpa pemanis makanan. Rasanya hambar.

Media sosial dikatakan berpengaruh bagi manusia jika ada hubungan timbal balik antara pemberi dan penerima ilmu pengetahuan dalam setiap bidang kehidupan.

Misalnya, melalui media sosial tokoh publik, seperti Merry Riana mengedukasi jutaan orang untuk menemukan titik start dalam hidupnya.

Dengan begitu, penerima ilmu pengetahun dari Merry Riana pun menaruh respek dan menerima ilmu yang diberikan oleh Merry Riana.

Selain itu, kita pun bisa membagikan karya-karya kita dihadapan publik melalui media sosial. Karena media sosial adalah tempat untuk mentransfer ilmu pengetahun dari berbagi penjuru dunia.

Melalui media sosial, apa yang terjadi di belahan mana pun, dalam hitungan detik, informasi itu sudah hadir dalam kehidupan kita.

Inilah bagian terkecil dari pengaruh media sosial dalam kehidupan kita setiap hari.

Sebagai generasi milenial, hal terpenting yang kita miliki adalah kemampuan adaptasi, selektif dan bijaksana dalam menggunakan media sosial.

Selamat hari media sosial ya sobatku. Gunakan media sosial untuk tujuan pengembangan soft skill demi masa depan kita ya. Hindari jebakan media sosial yang berdampak pada kehancurah masa depan kita!

Frederikus Suni
Frederikus Suni Sastra mengalir dari kampung Haumeni untuk literasi Indonesia. Karya novel Terjebak, Superego, Kumpulan artikel editor pilihan Kompasiana Jejak Aksara, Antologi Jurnalisme warga "150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi, Buku Biografi "Wanita Tangguh Peraih Masa Depan. Penulis Media Online Kompasiana, Terbitkanbukugratis.id dan Pep News, NTTBANGKIT.COM. Pernah kuliah di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta. Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) Partai Golkar DPD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Media Sosial bagi Kamu?"