Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Qualcomm Menghadirkan Era Baru Mobilitas di CES 2024

Redaksi Tafenpah Group

Qualcomm Menghadirkan Era Baru Mobilitas di CES 2024. Sumber/foto: Public Relation Qualcomm



Rangkuman:

   Snapdragon Digital Chassis memperkuat momentum melalui rangkaian produk lengkap untuk kokpit digital generasi berikutnya yang didukung AI, teknologi mobil terintegrasi, layanan yang saling terhubung, asisten pengemudi mutakhir dan sistem mengemudi otomatis.

   Portofolio produk otomotif yang komprehensif dengan kinerja terdepan di industri untuk jejak otomotif yang dioptimalkan, terbuka, dapat diprogram, serba guna, dan dapat disesuaikan, serta dengan dukungan ekosistem perangkat lunak/sistem operasi (OS) terluas untuk semua tingkatan platform mobilitas.

   Kini, lebih dari 350 juta kendaraan telah melaju dengan menggunakan solusi Snapdragon Digital Chassis.

 

Tafenpah.com - Las Vegas, 11 Januari 2024, Dalam perhelatan CES 2024, sebagai salah satu konvensi teknologi terbesar dan paling berpengaruh di dunia, Qualcomm Technologies, Inc. menegaskan kepemimpinannya sebagai mitra pilihan industri otomotif global, dengan mengedepankan inklusivitas, kematangan teknologi, dan terobosan inovasi di seluruh portofolio Snapdragon® Digital Chassis. 


Peningkatan permintaan atas solusi teknologi hemat daya, terbuka, dan yang dapat ditingkatkan, menjadikan Qualcomm Technologies sebagai mitra terpercaya untuk melayani kebutuhan industri otomotif dan menjadikan perusahaan sebagai penggerak dalam membentuk perangkat lunak penggerak otonom.

“Qualcomm Technologies telah menjadi mitra terpercaya bagi industri otomotif selama lebih dari dua dekade, menghadirkan inovasi dan platform teruji melalui Snapdragon Digital Chassis untuk mendefinisikan kembali mobil,” ujar Nakul Duggal, Senior Vice President and General Manager, Automotive & Could Computing, Qualcomm Technologies, Inc. “Komitmen kami untuk memajukan teknologi otomotif dalam mendukung produsen mobil global, pemasok Tier-1, dan mitra ekosistem kami, membantu membentuk masa depan kendaraan yang ditentukan perangkat lunak dan mempercepat kami memasuki era baru industri otomotif.”

Qualcomm Technologies menawarkan portfolio teknologi otomotif terluas yang meliputi seluruh domain utama kendaraan dan terus menambah portofolionya untuk menetapkan standar inovasi, termasuk dukungan terhadap segmen kendaraan roda dua dan mobilitas mikro. Selama 20 tahun, Qualcomm konsisten menghadirkan solusi teknologi untuk industri otomotif dengan pendapatan yang tumbuh hingga dua digit dari tahun ke tahun, didorong oleh peningkatan adopsi Snapdragon Digital Chassis yang mendukung:

 

Qualcomm Menghadirkan Era Baru Mobilitas di CES 2024. Tafenpah.com

Pengalaman yang Personal dan Imersif dengan Snapdragon Auto Connectivity Platform

Konektivitas menjadi faktor integral dalam transformasi digital industri otomotif, mendorong sejumlah inovasi baru. Dengan peta jalan Snapdragon Auto Connectivity Platform yang komprehensif, yakni melalui kepemimpinan Qualcomm Technologies dalam hal konektivitas dalam beberapa dekade terakhir, produsen mobil kini dapat memenuhi peningkatan kebutuhan akan level keselamatan dan kecerdasan berkendara yang lebih tinggi melalui dukungan jaringan LTE dan 5G, layanan terhubung, vehicle-to-everything (V2X), Wi-Fi, Bluetooth, komunikasi satelit, serta penentuan titik posisi yang tepat.

Kokpit Otomotif Modern dengan Snapdragon® Cockpit Platform


Qualcomm Menghadirkan Era Baru Mobilitas di CES 2024.Tafenpah.com


Kokpit digital terus berperan penting dalam menghadirkan pengalaman premium konsumen dalam berkendara sekaligus menjadi cara bagi produsen mobil dalam mengembangkan brand-nya. Snapdragon Cockpit Platform menghadirkan fungsionalitas mutakhir untuk membantu para produsen mobil menciptakan pengalaman berkendara imersif, intuitif, dan canggih, dengan memanfaatkan kemampuan grafis, multimedia, dan kecerdasan buatan (AI) yang ditingkatkan dan diperluas ke seluruh jenis kendaraan serta dipersonalisasi untuk setiap penumpang. Komitmen ini menjadikan Qualcomm Technologies terus memimpin inovasi sistem kokpit yang canggih, dimana sebagian besar produsen mobil memilih Snapdragon Cockpit Platform untuk memberikan tenaga pada kabin digital mereka. Melalui pembaruan Snapdragon Cockpit Experience Toolkit serta kolaborasi dengan berbagai mitra ekosistem, Qualcomm Technologies akan menampilkan kemajuan kokpit digital terkini pada perhelatan CES 2024 sebagai bagian dari kendaraan konsep (concept vehicle) Snapdragon Digital Chassis.

Qualcomm Menghadirkan Era Baru Mobilitas di CES 2024.Tafenpah.com



Menuju Masa Depan dengan AI

Era terbaru AI telah hadir, dan AI generatif berbasis edge akan memainkan peran penting dalam mentransformasi kabin berkendara untuk menghadirkan pengalaman yang lebih kuat, efisien, privat, aman, dan terpersonalisasi bagi pengendara dan penumpang, di mana semua itu berjalan hanya di edge atau perangkat. Sementara itu, Qualcomm Technologies menyambut era baru AI untuk otomotif dengan berkomitmen menghadirkan inovasi teknologi mutakhir dan meluncurkannya segera ke ekosistem konsumen, melalui pemanfaatan solusi perangkat keras dan lunak AI terdepan di Snapdragon Digital Chassis Platform. Platform ini sekarang sudah dilengkapi dengan kemampuan AI generatif, di mana Qualcomm Technologies akan menunjukkan beragam cara penggunaan AI tradisional dan AI generatif untuk otomotif di CES 2024.

 

Qualcomm Menghadirkan Era Baru Mobilitas di CES 2024. Tafenpah.com

Kemajuan Teknologi Kendaraan Otonom dengan Snapdragon Ride™ Platform

Snapdragon Ride™ Platform terdiri dari salah satu rangkaian system-on-chip (SoC) penggerak otomatis paling canggih, serta dapat ditingkatkan dan disesuaikan di industri otomotif, yang dirancang untuk membantu produsen mobil global dan pemasok Tier-1 membangun solusi berkendara otomatis atau automated driving (AD) yang efisien. Platform ini ditingkatkan dengan AD stacks (tumpukan teknologi automated driving) dan solusi persepsi yang komprehensif dan dapat diperluas, yang menargetkan Active Safety hingga fungsi L2+/L3, yang menggunakan pola pikir visionaris dan pendekatan pengembangan berbasis data yang didukung oleh solusi Snapdragon Ride Cloud, serta simulasi kemampuan AI generatif. Selain itu, Snapdragon Ride™ Platform menawarkan solusi lengkap dengan serangkaian alat yang memungkinkan produsen mobil dan pemasok Tier-1 mengembangkan dan menerapkan AD stacks yang telah terbukti hemat daya, sekaligus membantu mempercepat waktu pemasarannya ke publik. Penawaran-penawaran ini, yang terus mendapatkan tanggapan positif secara global, memberikan landasan kuat bagi para produsen mobil global untuk meningkatkan pengalaman pengguna produk mereka dan tetap menjadi yang terdepan dalam teknologi AD.

Qualcomm Menghadirkan Era Baru Mobilitas di CES 2024. Tafenpah.com


Komputasi Terpusat Berkinerja Tinggi dengan SoC Snapdragon Ride Flex

Dengan kompleksitas arsitektur kendaraan modern, komputasi pusat untuk otomotif menjadi penting dalam menjalankan berbagai fungsi dalam efisiensi berkendara. Untuk mendukung hal tersebut, Qualcomm Technologies menawarkan chipset komputasi terpusat berperforma tinggi, Snapdragon Ride Flex, yang dirancang untuk mendukung beban kerja dengan tingkat kekritisan campuran di seluruh sumber daya komputasi yang heterogen, memungkinkan fungsi kokpit digital, ADAS, dan AD yang efisien dalam satu waktu. Dengan chipset ini, produsen mobil berpeluang mengembangkan sistem kendaraan generasi berikutnya yang lebih hemat biaya dan dapat ditingkatkan  untuk seluruh kategori dan kelas kendaraan. Momentum untuk chipset Snapdragon Ride Flex telah tumbuh melalui kolaborasi teknologi baru bersama Bosch, Megatronix, Autolink, ThunderX dan lain-lainnya.

 



Layanan Terkoneksi dengan Snapdragon Car-to-Cloud

Dengan semakin terkoneksinya kendaraan masa kini, berbagai kesempatan unik hadir bagi produsen mobil dan penyedia layanan kendaraan untuk menawarkan layanan terhubung yang menghasilkan sumber pendapatan baru dan berkelanjutan, yang akan mendefinisikan ulang model bisnis dan cara pengemudi berinteraksi dengan kendaraan mereka sehari-hari. Melalui Snapdragon Car-to-Cloud, fitur dan layanan baru dapat ditambahkan sepanjang siklus hidup kendaraan untuk pengalaman yang sangat personal di semua tingkatan, memungkinkan produsen mobil dan penyedia armada untuk tetap terhubung langsung dengan konsumen di luar titik penjualan. Layanan Snapdragon Car-to-Cloud terus mendapatkan momentum dengan para pemain ekosistem seperti Salesforce, JPMorgan, dan Daon, di mana saling bertujuan untuk memungkinkan produsen mobil dan penyedia layanan lainnya menghadirkan peningkatan fitur yang inovatif dan menarik serta layanan terhubung kepada pelanggan sesuai permintaan.


Inovasi Bersama dalam Merevolusi Siklus Hidup Pengembangan Kendaraan

Kolaborasi dan kerja sama teknologi yang strategis antara Qualcomm Technologies dengan para produsen mobil terkemuka dan mitra ekosistem berkontribusi dalam menghadirkan solusi-solusi inovatif yang menguntungkan industri otomotif secara luas. Sebagai bagian dari komitmen bersama Qualcomm Technologies dan AWS untuk memajukan mobilitas yang ditentukan perangkat lunak (software-defined mobility), kedua perusahaan menunjukkan lingkungan cloud-native yang sangat efisien untuk pengembangan dan penerapan aplikasi otomotif dengan menggunakan solusi Snapdragon Digital Chassis berbasis infrastruktur cloud mutakhir AWS. Dirancang untuk membantu mempercepat evolusi pengembangan perangkat lunak, ekosistem ini membantu para produsen mobil memperkenalkan fitur-fitur baru dengan lebih cepat, sekaligus memberi mereka kemampuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang berbeda di seluruh siklus hidup kendaraan. Adapun kolaborasi terkait ditunjukkan kedua perusahaan dalam perhelatan CES 2024.


Transformasi Digital Melampaui Otomotif dengan Snapdragon Digital Chassis Platforms untuk Kendaraan Roda Dua dan Jenis Kendaraan Baru


Demi memajukan pengembangan dan pengelolaan segmen mobilitas mikro dan kendaraan bermotor yang sedang berkembang, Qualcomm Technologies menawarkan chipset Snapdragon Digital Chassis untuk segmen kelas kendaraan roda dua dan kendaraan baru. Dirancang untuk meningkatkan keselamatan dan pengalaman bagi pengguna, solusi terintegrasi ini menghadirkan konektivitas, infotainment, sistem bantuan pengendara tingkat lanjut (ARAS/advanced rider assistance systems) dan layanan digital yang dipersonalisasi dan terhubung ke cloud untuk sepeda motor, kendaraan roda empat berbahan bakar minyak (ICE/internal combustion engine) dan skuter listrik, kendaraan roda 3, e-bike, ATV, serta kendaraan untuk peternakan dan pertanian. Didorong oleh kebutuhan akan mobilitas yang aman, berkelanjutan, dan terjangkau, chipset Snapdragon Digital Chassis untuk kendaraan roda dua dan kelas kendaraan baru terus berkembang sejak diperkenalkan pada September lalu.


Sumber: Rafi Athallah (BCW Indonesia)


Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Hi salam kenal ya!!! Saya Frederikus Suni, biasanya disapa Fredy Suni adalah pendiri dari Tafenpah. Profesi: Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University). Saya adalah mahasiswa Droup Out/DO dari Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang dan Universitas Dian Nusantara (Undira). Saat ini bekerja sebagai Talent Management di PT. Sunstar Media Indonesia sekaligus Kreator Konten Tafenpah Group, Kompasiana, Eskaber, Terbitkanbukugratis, Inspirasiana, PepNews. Saya pernah menjadi Wartawan/Jurnalis di Metasatu.com dan NTTPedia.id || Saya pernah menangani proyek dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI || Saya pernah magang sebagai Copywriter untuk Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta. Saat ini fokus mengembangkan portal yang saya dirikan yakni: www.tafenpah.com || www.pahtimor.com || www.hitztafenpah.com || www.lelahnyahidup.com || www.sporttafenpah.com || Mari, kita saling berinvestasi, demi kebaikan bersama || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Qualcomm Menghadirkan Era Baru Mobilitas di CES 2024"