Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suara Kampus: Apa itu Kuliah Kelas Karyawan?

Penulis: Frederikus Suni

Rekan-rekan Mahasiswa Kelas Karyawan Universitas Siber Asia Hong Kong. Sumber/foto: Instagram @shamymomo (Unsia/Tafenpah.com)


Tafenpah.com, Jakarta - Salam jumpa sobat Kampus. Semoga kita selalu berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Sesuai dengan judul tulisan di atas, pada kesempatan ini admin Tafenpah akan mengulas seputar Suara Kampus. Khususnya yang berkaitan dengan kuliah kelas karyawan.

Apa itu Kelas Karyawan?


Sesuai dengan pengalaman admin Tafenpah yang merupakan mahasiswa kelas karyawan dari Universitas Siber Asia, pertanyaan di atas, tentunya bukan menjadi hal baru lagi.

Akan tetapi, bagi rekan-rekan SMA yang saat ini duduk di bangku kelas 3 SMA/SMK se-Indonesia, tentu saja mereka pasti butuh gambaran umum mengenai kuliah kelas karyawan, kan?

Jadi, kuliah kelas karyawan adalah salah satu program yang dikhususkan bagi mereka yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan karir pendidikannya di tingkat Universitas.

Kelebihan dari kuliah kelas karyawan adalah waktunya sangat fleksibel. Artinya mereka (mahasiswa) bisa mengikuti proses perkuliahan di mana saja.

Meskipun waktu kuliahnya sangat bebas atau fleksibel, tapi sebagian besar mahasiswa kelas karyawan pasti nenemui hambatan dalam mengikuti proses perkuliahan.

Motif atau tujuan dari setiap mahasiawa pastinya berbeda-beda. Mulai dari lingkungan pekerjaan yang padat, kelalaian sendiri sampai pada keengganan mahasiswa untuk segera membereskan/menyelesaikan tugas yang diberikan oleh bapak/ibu dosen di setiap universitas.

Walaupun begitu, sebenarnya kuliah kelas karyawan itu sangat mudah. Yang menjadi persoalannya adalah kembali pada diri kita sendiri dalam mengatur jadwal harian.

Universitas Mana Saja Yang Menyediakan Kelas Karyawan?

Admin Tafenpah sewaktu masih menjadi mahasiswa kelas karya Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta. Sumber/foto: Tafenpah.com



Di tengah tuntutan perusahaan bagi karyawannya untuk mengupgrade diri, baik yang masih berstatus SMA/SMK maupun yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3, sebagain besar universitas yang ada di Indonesia sudah menyediakan kuliah kelas karyawan.

Akan tetapi, pada kesempatan ini, admin Tafenpah hanya menyebutkan 2 universitas yakni; Universitas Siber Asia (Unsia) dan Universitas Dian Nusantara (Undira).

Kedua universitas ini berdiri di tengah meledaknya Covid-19 yang mengacaukan seluruh aspek kehidupan manusia di dunia ini, khususnya di bangsa Indonesia.

Admin Tafenpah bersama dengan rekan-rekan mahasiswa kelas karyawan Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta. Sumber/foto: Tafenpah.com



Menanggapi problematika tersebut, Universitas Siber Asia dan Universitas Dian Nusantara hadir sebagai pelita bagi seluruh generasi bangsa Indonesia untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi.

Terkait dengan universitas mana saja yang sudah membuka program studi kelas karyawan, sobat kampus dapat mencari lebih detail di mbak google.

Mengapa pekerja tertarik untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi?

Alasan utamanya adalah kenaikan gaji dan lain sebagainya.

Pasalnya, karyawan yang belum memiliki ijazah S1 dst, upahnya pun lebih kecil, bila dibandingkan dengan pekerja yang bergelar S1, S2, dan S3.

Inilah fakta di lapangan yang mendorong seseorang untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi.

Sebagai pendekatan kontekstual, admin Tafenpah pernah mengalami diskriminasi di dunia kerja, karena tidak memiliki background atau latar belakang pendidikan tinggi.

Untul lebih jelas, sobat kampus dapat membacaya DI SINI


Lalu, bagaimana dengan biaya kuliah kelas karyawan?

Persoalan biaya kuliah kelas karyawan di setiap universitas itu akan disesuaikan dengan lamanya universitas tersebut.

Selain faktor di atas, sudah tidak menjadi rahasia lagi, bahwasannya model pendidikan di perguruan tinggi saat ini dipengaruhi oleh bisnis.

Murah dan mahalnya biaya kuliah kelas karyawan, tergantung pada pasar. Artinya, semakin banyak pekerja yang melanjutkan penddidikannya di universutas tertentu, biayanya pun semakin meningkat.

Makanya, ada istilah promo pendaftaran. Sejatinya itu adalah bagian dari strategi bagian marketing universitas yang bersangkutan.

Strategi ini juga merupakan hasil kesepakatan dari Pemimpin Yayasan, Investor, dan seluruh tenaga pengajar.

Demikian ulasan singkat seputar kuliah kelas karyawan dari portal/situs Tafenpah.com









Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Suara Kampus: Apa itu Kuliah Kelas Karyawan? "