Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Tulisan Academic Writing, Mahasiswa Perlu Memahami

Penulis: Frederikus Suni

Mahasiswi sedang mengerjakan paper yang diberikan oleh dosennya. Sumber gambar: VerywellMind (Tafenpah.com)

Tafenpah.com - Salam literasi! Mahasiswa ataupun Dosen di berbagai universitas yang ada di dunia, khususnya Indonesia, tentunya pasti paham betul apa itu 'Academic Writing, benar kan?

Bagaimana tidak, sebagai mahasiswa dan dosen, istilah academic writing, sejatinya kita sudah terbiasa melakukannya setiap hari.

Persoalan terbesarnya adalah hingga saat ini, penulis menyakini bahwasannya sebagian besar mahasiswa belum memahaminya.


Padahal, mereka (mahasiswa) setiap hari hampir bersentuhan dengan academic writing. Memang secara teoritis, istilah academic writing ibarat ilmu filsafat yang bagi sebagain orang memandangnya sebagai sesuatu yang absurd, alias tidak jelas.

Lebih tepatnya, bila penulis menyodorkan pertanyaan ini kepada mama-mama yang berada di kampung Haumeni, Bikomi Utara, Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, mereka pun pasti mengatakan, "tampaknya Anda sudah gila!"

Jelas dong! Lantaran, sebagian mahasiswa ataupun praktisi pendidikan saja ada yang belum memahaminya dengan jelas, kan.

Jadi, pada kesempatan ini, penulis akan memberikan secuil pemahaman seputar academic writing.

Dengan catatan, penulis tidak menggurui ya di sini! Penulis hanya ini berbagi hal yang bermanfaat saja bagi rekan-rekan mahasiswa dan pegiat literasi digital di mana pun.

Okey! Istilah academic writing sesuai dengan apa yang penulis pahami adalah bentuk tulisan ilmiah.

Dikatakan tulisan yang ilmiah. Lantaran, hal ini berkaitan dengan dunia kampus, entah itu aktivitas tugas perkuliahan mahasiswa maupun bimbingan dari para dosen, seputar cara penulisan yang baik dan benar.

Dikutip dari aplikasi Edlink Universitas Siber Asia, dikatakan bahwasannya academic writing merupakan bentuk tulisan ilmiah yang berbasiskan data dan fakta.

Penulis berharap, sobat kampus bisa memahaminya ya.

Lalu, apa saja bentuk tulisan academic writing? Masih dalam waktu dan ruang yang sama, Edlink Universitas Siber Asia juga memberikan 5 contoh tulisan academic writing.

Mahasiswi sedang mengerjakan paper yang diberikan oleh dosennya. Sumber gambar: Pixels (Tafenpah.com)




Berikut adalah rangkuman selengkapnya dari admin Tafenpah Group dari aplikasi Edlink Universitas Siber Asia, seperti di bawah ini!

1.  Buku
 
Perlu dipahami bersama, bahwasannya tidak semua buku itu termasuk dalam academic writing. 

Poin pentingnya adalah buku yang bermuatan pengetahuan dan keterampilan saja.

Contohnya: Buku kuliah, buku pelajaran, buku bisnis, dan lainnya.

2. Paper atau Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah berisikan penelitian dan kajian literatur.

Artikel ilmiah biasanya dipublikasikan ke jurnal nasional maupun internasional.

3. Artikel Prosiding

Jenis tulisan ilmiah yang mengacu pada konferensi ilmiah.

4. Esai

Pernah ikut program beasiswa? Kebanyakan beasiswa mensyaratkan pendaftar melampirkan esai. Esai ini juga termasuk bentuk academic writing yang isinya data dan fakta yang bisa dipertanggungjawabkan oleh penulisnya. 

5. Skripsi, Tesis, dan Disertasi 

Bentuk terakhir adalah tugas akhir kuliah yang mencakup skripsi, tesis, dan disertasi. Semua jenis tugas akhir ini terikat aturan terkait gaya bahasa sampai struktur. Selain itu isinya juga harus data valid dan fakta yang memang terjadi di lapangan. 

Demikian pengenalan 5 bentuk tulisan academic writing dari Tafenpah.

Bila tulisan ini bermanfaat, silakan sobat kampus, praktisi pendidikan, dan pegiat literasi digital boleh membagikannya kepada orang-orang tercinta.

Sumber tulisan: Edlink Universitas Siber Asia

Instagram penulis @suni_fredy
Youtube: Tafenpah Group

Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "5 Contoh Tulisan Academic Writing, Mahasiswa Perlu Memahami "