Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Kucuran Dana 100 Miliar dari Sinergitas Amartha dan Nobu Bank untuk Kemajuan UMKM



Amartha terus mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia | Gambar; PR Amartha

Tafenpah.com - Aliran dana sebesar Rp 100 miliar rupiah dari kolaborasi PT Amartha Mikro Fintek dan PT Bank Nationalnobu bertujuan untuk meningkatkan perkembangan pasar UMKM Indonesia.

Dengan dukungan dana sebesar itu, setidaknya ada 5 manfaat yang akan didapatkan oleh 30.000 UMKM mitra binaan Amartha di pulau Jawa, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Kelima manfaat itu adalah; kemudahaan UMKM dalam mengakses sumber daya dan modal, pengembangan keahlian dan pengetahuan, penciptaan lapangan kerja, perluasan pemasaran, dan jangkauan pasar.

Penandatanganan kerja sama Amartha dan Nobu Bank, Ibu Julie Fauzie dan Andrian Meirawan Saputra | Foto; PR Amartha/ Putri Nabila


Julie Fauzie, Chief Funding Officer Amartha, menyampaikan bahwa dalam mengakselerasi modal usaha produktif bagi para pelaku UMKM di Indonesia yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional, tidak dapat dilakukan oleh Amartha sendiri.

"Amartha menyambut baik kolaborasi sinergis dengan Nobu Bank yang telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di industri keuangan serta memiliki kesamaan visi-misi dalam mendukung segmen UMKM dan ultra mikro yang merupakan penopang perekonomian nasional yang menjadi fondasi dari langkah kolaborasi ini" ujarnya kepada Tafenpah, Sabtu (29/7/2023)

Julie Fauzie juga berharap, semoga kolaborasi ini dapat secara langsung memberikan dampak nyata bagi peningkatan ekonomi dan taraf hidup pelaku UMKM, sehingga bisa menimbulkan efek domino yang signifikan bagi keluarga serta komunitasnya.

Sementara, Nobu Bank memilih Amartha sebagai partnernya dalam memberdayakan UMKM, lantaran Amartha memiliki konsep bisnis yang sesuai dengan visi dan misinya Nobu Bank.

Kesamaan itu terletak pada memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian dengan memprioritaskan layanan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. 

Amartha telah terbukti merupakan perusahaan yang secara konsisten memberikan dukungan kepada UMKM dalam meningkatkan daya saing di pasar, tidak hanya melalui modal kerja tetapi juga literasi keuangan dan digital.

Menanggapi keselarasan visi dan misi ini, Direktur Nobu Bank, Andrian Meirawan Saputra, dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa penandatanganan kerja sama dengan Amartha adalah wujud komitmen Nobu Bank dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. 

“Kami melihat semangat dan komitmen yang sama dari Amartha yang selama ini secara konsisten memberikan pendampingan dan dukungan permodalan bagi UMKM, khususnya pelaku usaha ultra mikro” sambung Adrian.

Lebih jauh Andrian menambahkan bahwa kerja sama kolaboratif ini juga menjadi salah satu milestone penting bagi Nobu Bank yang saat ini tengah fokus mengembangkan segmen kredit mikro, selain segmen konsumer dan UKM yang selama ini telah menjadi kompetensi utamanya.

Bertepatan memasuki usianya yang ke-13, Amartha mencatatkan performa yang baik di mana total penyaluran modal usaha produktif hingga akhir Kuartal I tahun 2023 di Pulau Sumatra, Jawa, dan Sulawesi mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Hingga saat ini Amartha telah menjalin kolaborasi dengan lebih dari 30 institusi di sektor keuangan.

“Amartha terbuka terhadap setiap peluang kolaborasi dengan berbagai institusi dalam memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi para pelaku UMKM yang ada di seluruh Indonesia. Lewat kolaborasi yang terus digalakkan ini, Amartha optimis mampu mengakselerasi pertumbuhan kredit produktif dan memperluas inklusi keuangan secara merata,” tutup Julie.

Sumber; Putri Nabila mitra Public Relation CBComm

Instagram @suni_fredy
Youtube dan TikTok; @tafenpahgroup


Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Kucuran Dana 100 Miliar dari Sinergitas Amartha dan Nobu Bank untuk Kemajuan UMKM "