Pingin Ganti Karir, Berikut adalah 10 Profesi yang Paling Diminati di Bidang Teknologi

Penulis: Muhammad Irfan Akbar | Senior Communications Consultant Hasta
Editor  : Fredy Suni

10 profesi yang paling diminati di bidang teknologi | Sumber gambar: Practicum Indonesia

Tafenpah.com - Practicum Indonesia, sebuah platform global yang menyediakan layanan online bootcamp, dalam survei yang dilakukan Practicum Indonesia secara online mendapatkan hasil temuan terhadap 10 profesi yang paling diminati bagi orang yang ingin beralih profesi di dunia teknologi, yaitu:

Tafenpah.com


1. Digital Marketing  

Seorang digital marketer adalah seseorang yang ruang lingkup kerjanya berhubungan dengan segala hal di bidang digital marketing.

Seorang digital marketer bertanggung jawab atas branding produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Ia juga bertugas untuk meningkatkan brand awareness, traffic web, serta visibilitas perusahaan.

2. Data Analyst/Scientist

Seorang data analyst merupakan orang yang berperan dalam mengobservasi informasi perusahaan. Hasil dari analisis tersebut yang dibutuhkan oleh perusahaan sebagai bahan rujukan dalam mengambil langkah atau keputusan kedepannya.

3. Website Developer

Web developer bertugas membangun website yang responsif di berbagai perangkat. Artinya, tampilan dan fungsi tersebut harus kompatibel sesuai ukuran layar. Tampilan desain yang adaptif dengan berbagai macam device bisa meningkatkan user experience, sehingga ada peluang mendorong
conversion.

4. IT Support

Pada dasarnya, IT support adalah seorang teknisi di sebuah organisasi atau perusahaan yang bertanggung jawab untuk instalasi, evaluasi dan peningkatan terhadap tiga objek utama yaitu komputer, software, dan pengembangan sistem jaringan atau network system.

5. Software Developer

Sementara software developer adalah seorang yang mengembangkan dan
memelihara perangkat lunak yang digunakan di berbagai komputer.
Pekerjaan utama software developer adalah mengembangkan berbagai
komponen aplikasi yang sesuai dengan persyaratan yang diharapkan dari
suatu produk.

6. Database Administrator

Database administrator adalah seseorang yang bertugas untuk menyimpan dan melindungi data dengan menggunakan software. Data yang dilindungi bisa bermacam-macam mulai dari data keuangan seseorang sampai juga riwayat transaksi pengiriman barang.

7. Product Manager

Product manager adalah suatu profesi yang bertugas untuk melakukan pengembangan produk dan bertanggung jawab atas keberhasilan produk tersebut. Biasanya profesi ini bertugas untuk menemukan ide-ide yang berbeda dalam menciptakan suatu produk.

8. Network Engineering

Network Engineer adalah nama sebuah pekerjaan (profesi) yang mempunyai tugas untuk mengurusi jaringan komputer/telekomunikasi di sebuahn organisasi. Network Engineer akan dianggap berhasil ketika Jaringan yang dikelolanya dapat berfungsi baik, stabil, dapat diakses/digunakan oleh user, dan mendukung tujuan organisasi.

9. Cyber Security

Cyber security merupakan upaya yang dilakukan untuk melindungi sistem
komputer dari berbagai ancaman atau akses ilegal.

10.UI/UX Designer

10 Profesi yang paling diminati di bidang teknologi | Infografis PR Hasta Communications


Dengan kata lain, UI designer adalah orang yang mendesain tampilan antarmuka sebuah aplikasi atau perangkat. Secara teknis, antarmuka yang terdapat dalam UI designer berkaitan dengan grafis, tata letak, dan aspek desain fisik dari sebuah aplikasi. Sementara UX designer adalah orang yang mendesain pengalaman pengguna.

Practicum Indonesia hadir dengan jawaban untuk membantu memenuhi kebutuhan pasar akan tenaga terampil siap kerja dengan menawarkan 3 kursus berdasarkan profesi, yakni: Data Analyst, Datan Scientist, serta Web Developer yang bisa diikuti melalui platform online bootcamp dengan pilihan bahasa Indonesia serta para mentor ahli dari Indonesia dan Global.

Herdian Mohammad, Regional Director Practicum, menuturkan, “Kurikulum di
Practicum Indonesia memang sudah disesuaikan untuk lebih mudah dalam belajar
digital dan teknologi. 

Dari mulai studi kasus yang digunakan dalam praktiknya, hingga pendampingan mentor yang berpengalaman untuk memastikan para muridnya mendapatkan dukungan penuh. 

Kurikulum Practicum Indonesia dirancang untuk memberi kontribusi nyata dalam mencetak 2 juta tenaga profesional IT pada tahun 2050 di bidang digital dan teknologi yang siap kerja dan siap berkolaborasi.

Survei ini juga mengungkapkan kekhawatiran akan biaya yang besar menjadi hambatan utama dalam belajar skill digital. 

10 profesi yang paling diminati di bidang teknologi | Sumber gambar (Freepick)


Para responden melihat pentingnya kebutuhan mentor yang mengajarkan maupun mendampingi proses belajar serta tingkat kesulitan yang diprediksi, termasuk pendampingan untuk pemilihan karir yang lebih sesuai dengan minat dan kemapanan yang diinginkan.

Herdian menambahkan, “Practicum Indonesia bertekad untuk mengatasi kekhawatiran masyarakat terkait biaya dengan memberikan cicilan pembayaran hingga 18 bulan. 

Bahkan mulai tanggal 4 Mei 2023 ini, Practicum Indonesia memberikan “Jaminan Uang Kembali” dimana uang investasi akan dikembalikan bila lulusan Practicum Indonesia tidak mendapatkan pekerjaan dalam waktu 6 bulan.

Selain itu, Practicum Indonesia memberikan mentor kelas yang bisa membantu murid dalam pembelajarannya”

Beragam program yang ditawarkan oleh Practicum berdasarkan profesi; Data Scientist, Data Analyst, dan Web Developer banyak diminati oleh para fresh graduate di seluruh dunia yang tertarik pada bidang teknologi yang ingin bertumbuh serta bekerja di lingkungan modern dan ingin meningkatkan keahlian mereka, hingga para pekerja profesional yang ingin memahami pentingnya sebuah literasi data di bidang teknologi dan percaya pada pentingnya pengembangan diri yang aktif. Practicum telah menghasilkan lebih dari 6.000 alumni yang lulus di seluruh dunia. 

Selain itu, hampir 80% alumni Practicum telah langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus tanpa pendidikan teknis dan 70,4% alumni Practicum berhasil mendapatkan pekerjaan tanpa memiliki pengalaman di bidang TI sebelumnya.

Practicum memastikan lulusannya memiliki standar internasional dengan metode praktik menggunakan data yang nyata dan berasal dari studi kasus perusahaan global. 

Tahun ini, Practicum tercatat sebagai salah satu program terbaik di dunia yang masuk ke dalam The Best 41 Online Bootcamps yang diterbitkan oleh website di Amerika CourseReport.com.

Sumber: Public Relation Hasta dan Practicum Indonesia
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Pingin Ganti Karir, Berikut adalah 10 Profesi yang Paling Diminati di Bidang Teknologi"