Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trakindo Apresiasi Peran Operator Alat Berat Melalui Caterpillar Global Operator Challenge Indonesia 2022 | Tafenpah

Penulis: Fredy Suni

Caterpillar Global Operator Challenge (GOC) Indonesia 2022 ditujukan untuk mengapresiasi peran vital operator alat berat |@Humas CBComm

Denpasar, Tafenpah.com – Setelah dua hari pelaksanaan yang penuh semangat, PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Cat® di Indonesia berhasil menemukan operator alat berat terbaik melalui Caterpillar Global Operator Challenge (GOC) Indonesia 2022. Ajang kompetisi keterampilan operator alat berat ini berlangsung pada 10-11 Agustus 2022 di Pantai Cucukan, Gianyar, Bali



GOC sendiri merupakan kegiatan yang diadakan Caterpillar secara global untuk mencari operator alat berat terbaik di dunia. Sebanyak 26 peserta dari seluruh Indonesia berkumpul di Bali untuk berkompetisi menjadi operator alat berat terbaik yang akan mewakili Indonesia di kompetisi babak regional Asia Pasifik di Jepang, bulan Oktober mendatang.



Derry Afifudin Adiwijaya - Manager Customer Experience & Marketing Communication Trakindo menjelaskan tujuan diadakannya kompetisi ini adalah untuk mengapresiasi peran vital operator alat berat. 


Caterpillar Global Operator Challenge (GOC) Indonesia 2022 ditujukan untuk mengapresiasi peran vital operator alat berat.



“Keahlian operator serta alat berat yang tepat sangat penting dalam upaya mencapai standar kinerja tertinggi di tengah upaya pemulihan ekonomi dan pembangunan infrastruktur yang tengah gencar dilakukan di Indonesia. Kami paham, tidak sedikit operator Indonesia memiliki kemampuan kelas dunia. Berbagai tantangan yang kami siapkan di kompetisi tahun ini adalah untuk menguji kemampuan mereka dalam menggunakan alat berat dengan cepat, tepat, akurat, dan tetap memperhatikan faktor keselamatan. Pengoperasian alat berat memang membutuhkan keterampilan khusus, tetapi pengoperasian dengan efisien adalah sebuah bentuk seni. Para peserta menyelesaikan berbagai tantangan dengan sangat baik, tapi kami mencari satu orang dengan nilai tertinggi untuk menjadi wakil Indonesia,” papar Derry (11/08). 



Alat berat berperan vital dalam keberhasilan pembangunan infrastruktur, serta penting pula dalam merangsang pemulihan ekonomi di berbagai sektor industri. Di sinilah, keterampilan operator alat berat menjadi salah satu kunci penentu, karena lewat kendalinya, alat berat dapat dioptimalkan fungsinya dan mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.


Gunawan dari Tanjung Enim, Sumatera Selatan berhasil menjadi operator alat berat terbaik di Indonesia, Gunawan akan melanjutkan perjuangan menjadi wakil Indonesia di babak regional pada Oktober 2022 di Chichibu, Jepang | @Humas CBComm



Di ajang GOC Indonesia 2022, para peserta harus menunjukan keahliannya menaklukkan berbagai tantangan dengan keahlian mereka. Pemilihan operator terbaik bertumpu pada hasil nilai akhir yang diberikan juri meliputi penilaian kemahiran pengoperasian alat berat, keahlian, dan kecepatan para peserta menaklukkan rintangan yang diberikan, serta faktor keselamatan. Faktor-faktor penilaian tersebut telah dirumuskan untuk mendapatkan operator alat berat terbaik yang akhirnya berhasil dimenangkan oleh Gunawan dari Tanjung Enim, Sumatera Selatan, yang mewakili PT Satria Bahana Sarana.



Selama dua hari, para peserta menunjukkan keahliannya mengoperasikan 3 jenis alat berat, yaitu hydraulic excavator Cat 320 GXmini excavator Cat 305.5E2, dan medium wheel loader Cat 966 GC. Untuk Cat 320 GX, peserta harus menghadapi beberapa tantangan yaitu menjatuhkan rubber cone dan memindahkan beban dengan tepat dan cepat; lalu melakukan penggalian sesuai spesifikasi yang telah ditentukan. Untuk Cat 305.5E2, peserta harus menjatuhkan bola dengan berbagai ukuran tanpa menjatuhkan rubber cone; dan mendorong bola ke gawang serta memasukkan bola ke dalam keranjang. Sedangkan untuk Cat 966 GC, peserta diharuskan melalui rintangan secara berliku tanpa menyentuh rubber cone; dan loading material pada bucket secara maksimal. Aksi para peserta ini berhasil mengundang decak kagum dan aplaus dari khalayak.   



Setelah dinobatkan sebagai operator alat berat terbaik di Indonesia, Gunawan akan melanjutkan perjuangan menjadi wakil Indonesia di babak regional pada Oktober 2022 di Chichibu, Jepang. Pemenang babak regional akan berangkat ke Conexpo-Con/Agg, Las Vegas, Amerika Serikat untuk memperebutkan gelar operator alat berat terbaik di dunia.



“Melalui kompetisi ini, kami berkesempatan memberikan fokus khusus pada operator alat berat dan menguatkan pentingnya peran operator yang terampil dan kompeten. Operator dengan kemahiran tinggi akan berkontribusi dalam produktivitas dan efisiensi melalui penggunaan alat berat Cat yang terpercaya. Hal ini merupakan wujud semangat Trakindo, Advancing You Forward untuk memajukan seluruh elemen dari stakeholder Trakindo. Kami optimis operator asal Indonesia akan mampu mengharumkan nama bangsa,” tutup Derry.

Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Trakindo Apresiasi Peran Operator Alat Berat Melalui Caterpillar Global Operator Challenge Indonesia 2022 | Tafenpah"