Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resor 'Wyndham' Indonesia dan Thailand sebagai Pelopor Ramah Lingkungan

Hotel Wyndham Indonesia.Humas Wyndham Indonesia

Penulis: Chris Logan | Editor: Fredy Suni

KUTA, Tafenpah.com - Tiga resor Wyndham di Indonesia dan Thailand telah mengukuhkan status mereka sebagai hotel ramah lingkungan dengan menerapkan berbagai inisiatif keberlanjutan. 


Wyndham Grand Phuket Kalim Bay, Wyndham Casablanca Jakarta dan Wyndham Garden Kuta Beach Bali semuanya baru-baru ini telah diberikan sertifikasi di bawah program Wyndham Hotels & Resorts Wyndham Green karena telah berhasil mengimplementasikan berbagai inisiatif untuk menjadi hotel ramah lingkungan.



Ketiga hotel tersebut dikelola oleh Wyndham Destinations Asia Pacific, mitra dari Wyndham Hotel & Resorts. "Para tamu memilih untuk menginap di hotel kami untuk mengeksplor beragam tempat yang indah dan penting bagi kami untuk memainkan peran sebagai pelopor ramah lingkungan untuk memastikan tempat-tempat yang indah tersebut dilestarikan untuk generasi mendatang," kata Michael Burchett, Head of Hotel and Resort Operations Asia Pacific, Wyndham Destinations Asia Pacific.


Ketiga resor ini telah menerapkan prosedur yang sangat baik, memperketat pendataan penggunaan sumber daya, dan juga berkomitmen untuk menggunakan beragam produk hotel yang ramah lingkungan. Terlebih, sangat menyenangkan untuk melihat bahwa staf kami turut serta mengambil peran dalam program ini," tambahnya.



Sekretaris departemen teknik hotel Wyndham Casablanca Jakarta baru-baru ini dinobatkan sebagai pemenang global dalam program internal Travel + Leisure Co. untuk kuartal pertama, atas inisiasinya dalam mengonversi dokumentasi hotel ke digital. Salah satu staf kebun hotel itu juga mendapatkan penghargaan atas pengelolaan sistem pupuk kompos organik, dengan cara mendaur ulang sekitar 200 kilogram limbah dapur setiap bulannya untuk digunakan sebagai pupuk dan berhasil menghemat pengeluaran hingga Rp29 juta per tahun.



Untuk mendapat sertifikasi Wyndham Green level 3, Wyndham Casablanca Jakarta telah berhasil memperkenalkan sistem flush hemat air di area umum, penyegelan aliran udara, mengontrol lampu di area aktifitas rendah secara otomatis, menyediakan stasiun air isi ulang dan telah menggunakan produk pembersih yang ramah lingkungan.



Sebagai bagian dari sertifikasi level 2, Wyndham Grand Phuket Kalim Bay telah memasang kepala pancuran kamar mandi yang hemat air, memasang control otomatis untuk sistem pemanasan dan pendinginan, serta melakukan pemeliharaan preventif dan mendaur ulang bahan-bahan berbahaya. Tim hotel tersebut – yang juga telah menerima sertifikasi perak dari Thai Green Hotel sebelumnya – juga membersihkan pantai lokal, mendaur ulang, menanam kebun herbal dan akan segera mengimplementasikan penggunakan botol air daur ulang di seluruh area hotel.



Wyndham Garden Kuta Beach Bali telah memulai perjalanan keberlanjutannya dengan mencapai sertifikasi level 1, yang melibatkan pencahayaan hemat energi, pendauran ulang, pelacakan penggunaan utilitas, dan juga pendidikan karyawan menyangkut operasi ramah lingkungan.


Wyndham Destinations Asia Pacific mengelola 10 properti di seluruh Indonesia dan dua di Thailand, termasuk di Bali, Lombok, Jakarta, Solo, Palembang, Surabaya, dan Phuket.



Frederikus Suni
Frederikus Suni Hello pembaca Tafenpah...! Salam kenal dari saya Fredy Suni ya |Kunjungi juga situs baru saya di SuaraDiaspora.Wordpress.com Selamat membaca!! Terkait kerja sama bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @Literasi_Tafenpah

Posting Komentar untuk "Resor 'Wyndham' Indonesia dan Thailand sebagai Pelopor Ramah Lingkungan"