Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semifinal SEA GAMES 2021: Madam Pang Bungkam Timnas Indonesia dan Catatan Penting untuk PSSI

Bankir dan politikus yang berkontribusi bagi sepak bola Thailand. @Panglamsam

Penulis: Fredy Suni

Tafenpah.com - Thailand berhasil mengamankan tiket final SEA GAMES 2021, berkat gol tunggal dari Weerathep Pomphan di babak perpanjangan waktu. Kemenangan tim besutan Alexandre Polking tidak terlepas dari kontribusi bankir yang merupakan Politikus berpengaruh di Thailand, yakni Nualphan Lamsam atau yang dikenal publik dengan sebutan 'Madam Pang.'


Baca Juga: Perkasanya Timnas Thailand Karena Ada Manager Cantik Nualphan Lamsam dan Pelajaran bagi PSSI


Seperti yang kita ketahui bersama, kehadiran Madam Pang di setiap pertandingan pasukan 'Gajah perang' selalu menuai kemenangan. Karena di balik itu, ada iming-iming dari Chief Executive Officer Muang Thai Life Assurance yang begitu menggiurkan, sekaligus membangkitkan mental bertanding anak asuh Polking.


Perihal bonus yang didapatkan pemain timnas Thailand  U-23, pasca mengalahkan timnas Indonesia merupakan bagian dari 'marketing'industri sepak bola.



Rupanya marketing itu sangat manjur, di mana semangat pemain muda Thailand begitu menggebu-ngebu. Meskipun, pertandingan kemarin, kurang etis untuk ditonton oleh jutaan rakyat di seluruh dunia, khususnya Asia Tenggara.


Karena pemain muda Thailand menerapkan strategi 'umpan emosi.' Makna umpan emosi di sini adalah timnas Thailand selalu berusaha untuk menekan lawan dengan cara emosional.


Baca Juga: Sabreena Dressler Gabung Klub Australia


Pasukan Shin Tae-Yong pun masuk dalam siklus tersebut. Akibatnya, pertandingan berakhir dengan banjir kartu merah di kubu Timnas.



Meskipun pasukan STY kandas di fase Semi Final SEA GAMES 2021, tetapi suporter tanah air sangat bangga. Lantaran, permainan Garuda Muda begitu asyik dengan umpan satu dua yang cantik. Selain, menampilkan sepak bola modern.


Tentunya, suporter tanah air juga mengapresiasi semangat dan kerja keras para pemain, pelatih, asisten, dan official yang terlibat dalam kubu timnas Indonesia. Karena mereka telah membawa nama negara dalam bingkai sepak bola yang indah.


Momentum Hari Kebangkitan Nasional Indonesia pada hari ini menjadi sesuatu yang penting bagi rakyat Indonesia, khususnya suporter tanah air untuk tidak menyerang pelatih STY dan pasukannya.


Kehadiran Madam Pang dan Pembelajaran untuk PSSI

Sumber gambar: Kompasiana

Mentalitas pemain timnas Indonesia di setiap level, tentunya berbeda. Perbedaan itulah yang mencerminkan kekayaan sepak bola Indonesia.


Berbicara tentang sepak bola Indonesia itu sangat kompleks. Karena talenta-talenta muda di seluruh pelosok tanah air belum diakomodir dengan baik.



Untuk itu, tidak salah, jika seandainya PSSI selain mencari dan mengembangkan talenta muda yang berkesinambungan, PSSI juga mengadopsi model pembinaan sepak bola Thailand yang ikut melibatkan sosok wanita dalam tim pelatih.


Karena kehadiran wanita, seperti Madam Pang, terbukti memberikan manfaat yang luar biasa, bagi kemenangan timnas Thailand. Pemain juga butuh suntikan semangat dari sosok wanita di pinggir lapangan. Sebagaimana yang diperagakan oleh Madam Pang kemarin.



Catatan; Artikel bola ini penulis sudah publikasikan di Kompasiana. Link: Fredysuni

Frederikus Suni
Frederikus Suni Jurnalis, Penulis, Blogger, Konten Kreator Kompasiana, Pep News, Eskaber, Editor Penerbit Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) Jakarta, Pegiat Literasi Digital Indonesia, dan co-Founder Komen Lida: Komunitas Melek Literasi Digital Indonesia. Lahir di Desa Haumeni, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur. Pernah Studi di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Widya Sasana, Malang, Jawa Timur. Eks/mantan Frater di Seminari Tinggi SVD Surya Wacana, Malang. Founder TAFENPAH

Posting Komentar untuk "Semifinal SEA GAMES 2021: Madam Pang Bungkam Timnas Indonesia dan Catatan Penting untuk PSSI"