Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dies Natalis Universitas Brawijaya ke-59

 

Dies Natalis Universitas Brawijaya Malang. Foto oleh Sonya

Penulis: Sonya Turnip

TAFENPAH.com - Sesekali minumlah jamu

Karena jamu bisa jaga kesehatanmu

Tak apa aku lelah menuntut ilmu

Sebab ilmu adalah bekal masa depanku


Berpadu di derap langkah menyambut terangnya sang surya

Universitas Brawijaya sumber Ilmu dan budaya

Kibarkan tekad patria serempak dalam satu cita

Ayo bangkit semangat baja bahagia menanti kita

Maju terus maju Almamater tercinta Universitas Brawijaya

Dengan rahmat Tuhan dan dasar Pancasila abadilah namamu

Dengan jiwa Tri Dharmamu kami setia mengawalmu

Universitas Brawijaya jayalah sepanjang masa


BACA JUGA: Sonya Dinobatkan Sebagai Wisudawati Terbaik Universitas Brawijaya Malang


Hallo.. Perkenalkan nama saya Sonya Riama Bernadette Turnip, S.AP, saya Alumni dari Universitas Brawijaya . Saya mau berbagi sedikit cerita dari masuk sebagai mahasiswa baru dan keluar sebagai wisudawan terbaik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. 


Singkat cerita,  pada bangku SMA, saya belajar dengan baik dan tekun karena saya ingin mengejar jalur Undangan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri. Selama 3 (tiga) tahun saya menjaga nilai dan grafik prestasi agar nilai stabil dan meningkat. Tahun 2016 sekitar awal tahun, saya mendapati kesempatan untuk ikut seleksi masuk perguruan tinggi lewat jalur Undangan. Dan saya memutuskan untuk memilih Universitas Brawijaya pada Program studi Ilmu Administrasi Publik sebagai pelabuhan pertama dan prioritas. 


Yapp, pilihan ini ditentukan sesuai dengan minat dan keinginan serta mengikuti tips and trick, kalau Universitas Brawijaya tidak boleh di nomer duakan hehehe. Proses pendaftaran dan finalisasi selesai, dan pada tahun 2016 bulan April saya menyelesaikan studi saya pada tingkat menengah atas pada Program IPS. Dan Puji Tuhan, Pada 9 Juni tanggal 2016, saya memperoleh pengumuman bahwa saya dinyatakan menang dan diterima masuk Universitas Brawijaya melalui jalur SNMPTN (Undangan)

         

Pada Agustus 2016, untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di kota indah nan  Dingin, Malang. Seperti mahasiswa lainnya, saya dan seluruh mahasiswa baru melakukan registrasi di kampus tercinta. Ucapan Syukur dan Terimakasih dipanjatkan kepada Tuhan atas kesempatan yang diberikan dan juga Universitas Brawijaya yang telah mengundang saya untuk menempuh pendidikan di kota Ini. 

Sonya

Banyak hal yang terbesit dan terpikirkan didalam kepala, yang menuntut untuk segera dilaksanakan. Hal yang pertama ku lakukan sebelum memulai perkuliahan ialah membuat mind mapping untuk harapan dan cita-cita serta target yang harus dicapai selama masa perkuliahan dan setelah perkuliahan. Sangat jelas target yang ku tetapkan, ialah harus menyelesaikan studi S1 dengan baik dan harus lulus dengan predikat Cumlaude hehehe. Dan akan melanjutkan Studi S2 serta akan bekerja sebagai Pelayanan Publik pada Badan Kepegawaian Negara. 


Masa perkuliahan dimulai. Senang sekali rasanya dapat menempuh pendidikan di salah satu universitas terbaik di Indonesia dan juga mengikuti perkuliahan bersama dosen-dosen yang sangat berkompeten dan ahli dibidangnya yang juga  dapat mentransferkan ilmu dengan baik kepada mahasiswa. 


Berkuliah di Universitas Brawijaya juga sangat didukung dengan fasilitas yang memadai apalagi akreditasi Universitas sudah A dari dulu dan Program studi yang hampir menyeluruh menyandang akreditasi Unggul. Banyak Laboratorium yang mumpuni disetiap jurusan, gedung kemahasiswaan yang juga mumpuni, perpustakaan yang bagus, fasilitas olahraga yang lengkap, lapangan rektorat dan bundaran yang juga iconic dan menjadi spot foto andalan. 

 

Fasilitas lain yang sangat dirasakan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya seperti akses internet gratis di area  kampus, pengobatan gratis di poliklinik UB, pendanaan bagi yang lomba dan penghargaan bagi yang juara serta fasilitas kepuasaan hati hihihi. Karena kampus Brawijaya sangatlah membanggakan. 


Seluruh elemen civitas akademika yang saling bersinergi dengan baik untuk mencapai cita-cita luhur sang Raja Brawijaya yang juga menambah alasan untuk selalu semangat menyelesaikan studi dengan baik. Teman-teman dari berbagai macam latar belakang daerah dan agama, ras serta suku tidak menjadi penghalang dalam bersosialisasi ditengah lingkungan universitas Brawijaya.


 Lingkungan yang sangat ramah dan mendukung stabilitas perkuliahan.  Namun sangat penting sekaligus ‘harus’ memiliki pegangan dan prinsip dalam bersosialisasi. Untuk mata kuliah? Susah dan mudahnya yaa tergantung pribadi dan jurusan masing-masing dan juga keinginan belajar masing2 ya. Saya pribadi menyukai setiap matakuliah yang ada di Prodil Ilmu Administrasi Publik , uhm kecuali statistika hihihi. 

Sonya

Sebagai mahasiswa, sangatlah tidak asing dengan istilah mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang), kunang-kunang (kuliah-nangkring), kura-kura (kuliah-rapat). Yap istilah ini selalu terdengar diawal masa orientasi dan juga sebagai pilihan yang diberikan kepada mahasiswa sampai akhir masa studi. Ini adalah tawaran sekaligus pilihan yang diberikan lingkungan kampus kepada mahasiswa mengembangkkan potensi dan mengisi waktu yang ada selama kuliah. Dan Setiap pilihan yang diputuskan oleh mahasiswa, merupakan suatu hak kebebasan. 


Berkuliah di Universitas Brawijaya juga memperoleh banyak keuntungan, salah satunya mahasiswa diberikan kebebasan untuk dapat mengembangkan softskill dan pengembangan ini didukung oleh Universitas Brawijaya. Organisasi banyak, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) banyak, tinggal kita sebagai mahasiswa ingin mencoba di ranah mana. Kampus kah, fakultas kah, jurusan kah, atau luar kampus. Tidak ada yang salah, yang salah itu kalau kita tidak terbuka dengan perbedaan. Dan menurut saya pribadi, sayang sekali rasanya jika sebagai mahasiswa kita hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu. Karena poin softskill akan melengkapi nilai akademik.  


Kisah Proses perkuliahanku dan juga kehidupan organisasi dilalui dengan sangat balance. Yang mana, antara akademik dan organisasi semuanya saling mewarnai kehidupan kampus. Yup, terlihat dari Indeks prestasi yang paling rendah selama kuliah adalah 3.68 pada semester 3 sedangkan  IPK akhir (lulus)  ialah 3.77 (yeyyyyy) serta jabatan terakhir ialah sebagai Ketua Umum UKM. Suatu kebanggaan yang tak terhingga bisa menyelesaikan tanggungjawab yang diberikan dengan baik. 




 Ketika nama ini digaungkan sebagai wisudawan terbaik  Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, tidak ada kata yang bisa menggambarkan perasaan ini. Kupanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yesus dan Bunda Maria untuk segala penyertaan dan berkat kepada saya, terkhusus dalam memulai pendidikan di FIA UB hingga sampai pada titik ini.Mimpi dan harapan saat menjadi mahasiswa baru ternyata bisa di capai. Dapat Lulus dengan Predikat Cumlaude, Dapat melanjutkan Studi S2 pada Magister Administrasi Publik Univ Brawijaya.  Dan Puji Tuhan, Pada Tahun 2021 semua dapat tercapai termasuk target bekerja pada Badan Kepegawaian Negera. Yaaa, Tahun 2021 saya lulus pada tes CPNSpada Sekreariat Utama dan Kedeputian BKN Pusat. Luar Biasa. Berkat Allah melimpah. 



Hari - hari di kampus ini dijalani dengan menyenangkan, karena seluruh elemen di dalamnya sangat mendukung untuk berkembang.  Sangat bisa diajak dan menjadi serius saat berhadapan dengan ujian atau hal-hal non akademis, tapi di sisi lain juga sangat bisa diajak santuyy kyk di pantai ketika menikmati setiap detik yang menyenangkan bersama teman-teman dan para senior ataupun junior di dalam kampus / maupun diluar kampus


Michelle Obama pernah berpesan, tidak ada orang yang berhasil lulus dari kuliah berkat dirinya sendiri. Semua orang dan pihak yang pernah bersinggungan punya perannya masing-masing hingga membawa saya  bisa mengenakan seragam wisuda ini. Untuk itu saya ingin menyampaikan ungkapan rasa syukur dan terima kasih sebesar-besarnya atas apa yang telah saya terima dari orang-orang yang mengasihi dan ku kasihi. 


Punya Ambisi boleh, tetapi jangan lupa bersosial

Ikuti organisasi sebanyak mungkin, agar softskill terasah, dan relasi bertambah

Setiap dari kita punya jalur yang berbeda. Yakinlah pada diri sendiri, bicara dan temukan apa yang kita inginkan, karena jalur itu yang akan membawa kita pada kesuksesan.

Dan perjuangan ini tidak berakhir sampai disini. 

Yakinkan pada niat, sampaikan dengan usaha, yakin usaha sampai. Terimakasih.


Selamat dan Sukses Dies Natalis Universitas Brawijaya ke 59

Jaya dan abadilah selalu Universitas Brawijaya 

Kampus Biru, Kampus Perjuangan 


Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Dies Natalis Universitas Brawijaya ke-59"