Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Praktis Membuat Blog Bagi Pemula

Cara praktis membuat blog bagi pemula. Pixels.com

TAFENPAH.COM - Hello sobat Tafenpah, apa kabarmu? Mudah-mudahan selalu sehat dan diberkahin rahmat kesehatan, keberhasilan, dan kenyamanan dari Sang Pencipta.


Pada kesempatan ini, saya akan menjawab berbagai pesan notifikasi yang masuk melalui akun media sosialku terkait ‘bagaimana cara sederhana untuk memiliki blog?”


Tentunya memiliki blog itu punya banyak manfaat lho, di antaranya; kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan, kesempatann untuk bekerja sama dengan perusahaan, influencer, menjual produk milik kita, dan memasang adsense atau perusahaan iklan milik google.


Untuk itu, berikut adalah langkah-langkah yang sederhana bagi siapa saja untuk memiliki blog;

1. Wajib memiliki akun email

2. Setelah membuat akun email, sobat pergi ke google chrome lalu ketikan WWW.BLOGGER.COM

3. Lalu, sobat akan diarahkan oleh mesin robot dan menampilkan wajah blog. Klik “BUAT BLOG”

Hasil SS. Tafenpah.com

4. Masukan nama blog kalian

Hasil SS. tafenpah.com


5. Masukan juga URL atau alamat blog. Misalnya; Fredysuni.blogspot.com

Tafenpah.com


6. Klik simpan

Hasil blog yang sudah jadi. Tafenpah.com

Pada tahap ke-6 ini sobat sudah resmi memiliki akun blog. Tinggal sobat mulai eksplorasi kemampuan dalam hal mengulik aksara, merangkai untaian kata, mempublikasikan hasil produk, lirik lagu, dan berbagai hal yang sobat sukai.


Tentunya untuk memiliki blog yang berkualitas, sobat blogger harus memiliki semangat belajar sepanjang hidup. Selain, memiliki komitmen.


Akan tetapi, saya yakin bahwasannya sebagian dari kita masih bingung membedakan blog dan blogger. Jadi, blog adalah salah satu platform online yang serupa dengan diary atau catatan harian. Bedanya blog ini bersifat online. Sementara, blogger adalah penulis konten.


BLOGGER dan WORDPRESS


Ada dua jenis blog yang bisa sobat blogger pakai yakni blogger bawaan google dan wordpress. Kedua jenis blog gratisan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung dari setiap blogger menilainya.


Jika sobat blogger ingin blognya seperti punya saya www.tafenpah.com itu berarti sobat harus membeli domain (Com, Org, Net, dll) di Domanesia dan Niagahoster, dll.

Pixels.com

Harga dari setiap domain itu pun berbeda-beda. Tergantung selera dari sobat sekalian. Domain blog saya murah kok, cuman seratus ribuan per tahun. Sementara template atau rumah dari blog saya itu seharga dua ratus dua puluh lima ribu. Template itu hanya dibeli sekali saja.


Akan tetapi, bagi sobat pemula, jangan bernafsu untuk membeli domain dan template. Fokus atau orientasi yang pertama bagi kalian adalah meningkatkan kualitas blog. Jika sudah menguasai dunia blogging. Okelah kalian boleh membeli domain dan template. 


Namun, semua ini juga tergantung dari cara pandang setiap orang.



Sekian dan terima kasih sobat Tafenpah. Semoga artikel ini bermanfaat ya.


Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Cara Praktis Membuat Blog Bagi Pemula"