Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Webinar Undira "Penerapan Aplikasi Kajian Geoteknologi pada Pekerjaan Infrastruktur dan Jembatan"

Webinar Universitas Dian Nusantara Jakarta. Dokumen Universitas Dian Nusantara

TAFENPAH.COM - Pembangunan infrastruktur di Indonesia semakin maju dan semakin meningkat, terutama pada pembangunan jalan tol. Pembangunan yang masif ini juga sebagai indikator Indonesia menuju negara maju, sekaligus melepaskan status sebagai negara berkembang saja atau “Middle income trap.”


Dalam merancang infrastruktur yang baik, selain memperlihatkan nilai estetikanya, perlu diperhatikan pula konsep struktur yang baik, apabila infrastruktur tersebut menerima beban dan pengaruhnya terhadap suhu dan cuaca.  


Salah satu bidang Ilmu Teknik Sipil yang mengkaji pekerjaan infrastruktur adalah Ilmu Geoteknik. Di dalam Ilmu Geoteknik sendiri terbagi lagi menjadi beberapa bidang ilmu, salah satunya yaitu Mekanika Tanah.  


Menurut Dr. Ir. H. Darwis, M.Sc. Mekanika tanah pada dasarnya merupakan studi tentang tanah dan propertinya sehubungan dengan tujuan konstruksi. Mekanika tanah adalah disiplin teknik sipil yang memprediksi karakteristik kinerja tanah, dengan menggunakan teknik statika, teknik dinamika, mekanika fluida, dan teknologi lainnya. Mekanika tanah meliputi studi komposisi tanah, kekuatan, konsolidasi, dan penggunaan prinsip hidrolik, untuk menangani masalah yang menyangkut sedimen dan endapan lainnya. Mekanika tanah adalah salah satu ilmu utama untuk menyelesaikan masalah yang juga berkaitan dengan geologi teknik. (Sumber: https://www.researchgate.net).


Mengapa studi tentang mekanik tanah itu penting bagi insinyur? Karena berdasarkan temuan studi mekanika tanah, struktrur rekayasa dapat dirancang bangunan. Jadi, tanah memiliki peranan penting dalam dunia Teknik Sipil. Salah satu hal terpenting di sini juga adalah teknologi.


Semakin berkembangnya teknologi dalam bidang konstruksi. Banyak upaya yang dilakukan oleh para sektor industri yang bergerak di bidang jasa konstruksi untuk menghasilkan alat dan metode baru mempercepat proses konstruksi.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka Prodi Teknik sipil bermaksud mengadakan webinar tentang ”Aplikasi Geoteknik Pada Pekerjaan Infrastruktur” yang melibatkan beberapa praktisi yang memiliki keahlian di bidangnya dan memaparkan penerapan bidang ilmu geoteknik di lapangan khususnya pekerjaan infrastruktur.

Tujuan Kegiatan 

Webinar ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dalam bidang Teknik Sipil Khususnya dalam bidang Geoteknik yaitu penerapan metode kerja dalam pekerjaan infrastruktur. Hal ini juga penting dilaksanakan sebagai sarana memperkenalkan refleksi yang benar dan memberikan manfaat terhadap proses belajar mengajar, sebagai evaluasi dan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis. 


Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menjawab tantangan penerapan praktik kerja sama baik di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat diimplementasikan di institusi masing-masing. Ada pun tujuan dari kegiatan webinar ini antara lain: 

1. Melaksanakan program kerja Program kerja Prodi Teknik Sipil 2020 – 2021 Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Dian Nusantara; 

2. Memahami penerapan bidang geoteknik pada pekerjaan infrastruktur di lapangan; 

3. Mengimplementasikan salah satu Mata Kuliah yang ada di Prodi Teknik Sipil ke dalam dunia kerja/lapangan yaitu Mata Kuliah Mekanika Tanah bidang Ilmu Geoteknik


Lingkup Kegiatan 

Kegiatan dilakukan dalam bentuk webinar yang bersifat diskusi ilmiah yang diberikan secara online dengan materi yang disampaikan oleh narasumber yang kompeten sesuai dengan tema dan judul yang telah ditentukan. Dalam kesempatan ini akan membahas tentang  ”Penerapan Aplikasi Kajian Geoteknik Pada Pekerjaan Infrastruktur dan Jembatan” 


Narasumber/Pembicara 

Disampaikan oleh praktisi dan yang kompeten pada bidangnya, yakni : 

1) Dr. Eng. Ir. Herry Vaza, MEngSc, Direktur Pembangunan Jalan, Ditjen Bina Marga PUPR 2) Panji Okta Prawira ST., MT. - Technical Engineer, PT Tetrasa Geosinindo 

 

Moderator dan MC 

1) MC  : Sekar 

2) Moderator  : Agung Sakti Meldian ST., MT. 

 

Peserta/Audience 

Peserta kegiatan webinar ini adalah: 

a. Seluruh Pimpinan dilingkungan Universitas Dian Nusantara Jakarta 

b. Seluruh Dosen dilingkungan Universitas Dian Nusantara Jakarta  

c. Seluruh Mahasiswa dilingkungan Universitas Dian Nusantara Jakarta 

d. Para Akademisi dan Peneliti dilingkungan Perguruan Tinggi diluar Universitas Dian 

Nusantara 

e. Para Mahasiswa dilinkungan Perguruan Tinggi diluar Universitas Dian Nusantara 

f. Guru-guru dan Siswa SMA Sederajat diluar Universitas Dian Nusantara 

 

Waktu dan Tempat Pelaksanaan 

a. Hari, tanggal : 20  November  2021 

b. Waktu : 10.00 s.d 12.00 

c. Tempat  : Zoom meet 

 

Informasi dan Pendaftaran 

Peserta webinar dapat mengakses link webinar yang dipersiapkan oleh tim IT Universitas Dian Nusantara Jakarta. Sosialisasi akan dilakukan melalui poster/flyer di lingkungan Universtas Dian Nusantara Jakarta, media sosial, dan website Universitas Dian Nusantara Jakarta.



Frederikus Suni
Frederikus Suni Sastra mengalir dari kampung Haumeni untuk literasi Indonesia. Karya novel Terjebak, Superego, Kumpulan artikel editor pilihan Kompasiana Jejak Aksara, Antologi Jurnalisme warga "150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi, Buku Biografi "Wanita Tangguh Peraih Masa Depan. Penulis Media Online Kompasiana, Terbitkanbukugratis.id dan Pep News, NTTBANGKIT.COM. Pernah kuliah di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta. Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) Partai Golkar DPD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Campus Ambassador Internasional at MUN

Posting Komentar untuk "Webinar Undira "Penerapan Aplikasi Kajian Geoteknologi pada Pekerjaan Infrastruktur dan Jembatan""