Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Hari Batik Nasional 2021

Link twibbon dari Siputharibatik2

2 Oktober 2009, Organisasi PBB, khususnya “United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization ( UNESCO) menetapkan Batik sebagai Warisan Kebudayaan Lisan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.


Sebagai bangsa Indonesia, tentunya kita bangga. Karena apresiasi ini memberikan suntikan semangat bagi kita untuk tetap merawat Batik sebagai warisan kebudayaan kita dari zaman ke zaman.


Merawat Batik,  Merawat Nilai-nilai Keluhuran Pendiri Bangsa

Batik merupakan karya seni dari kebudayaan Jawa. Perjalanan Batik untuk bisa dikenal oleh dunia itu dalam durasi waktu yang lama.


Proses ini ikut menyadarkan kepada kita  bahwasannya nilai-nilai keluhuran nenek moyang kita menjadi fondasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Apa saja nilai-nilai dari Batik itu sendiri?

Nilai yang paling dominan adalah ketekunan/keuletan, pantang menyerah, berjiwa visioner, komitmen serta profesional dalam berkarya.


Nilai-nilai ini menjadi modal atau referensi bagi kita untuk menjadi manusia yang berbudaya. Budaya itu menjadi jembatan atau rangsangan bagi kita untuk memupuk rasa memiliki, mencintai, empati dan simpati dalam setiap kondisi.


2 Oktober 2021 Sebagai Hari Batik Nasional

Euforia Hari Batik Nasional menggema hingga pelosok negeri. Media sosial hari ini pun dikuasai oleh twibbon seputar ucapan selamat Hari Batik.


Tafenpah juga ikut mengkampanyekan Hari Batik Nasional dengan caranya sendiri. Jika tafenpah bisa, mengapa anda tidak bisa?


Refleksi Hari Batik Nasional bagi Kebudayaan Kita Sendiri


Inilah pertanyaan refleksi bagi kita. Apa saja yang kita lakukan untuk ikut menjaga nilai-nilai kebudayaan kita?


Sobatku, kita semua memiliki potensi untuk ikut merawat warisan kebudayaan kita. Momentum Hari Batik Nasional 2021 ini menjadi pijakan bagi kita untuk kembali melihat, sejauh mana kita sudah mencintai kebudayaan dari mana kita berasal.


Apakah kita hanya berperan sebagai penikmat atau penonton di era digital ini? 


Selamat berefleksi dan Selamat Hari Batik Nasional 2021.


Jayalah Indonesiaku


Salam Tafenpah


Frederikus Suni
Frederikus Suni Sastra mengalir dari kampung Haumeni untuk literasi Indonesia. Karya novel Terjebak, Superego, Kumpulan artikel editor pilihan Kompasiana Jejak Aksara, Antologi Jurnalisme warga "150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi, Buku Biografi "Wanita Tangguh Peraih Masa Depan. Penulis Media Online Kompasiana, Terbitkanbukugratis.id dan Pep News, NTTBANGKIT.COM. Pernah kuliah di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta. Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) Partai Golkar DPD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Posting Komentar untuk "Selamat Hari Batik Nasional 2021"