Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisa Komunikasi Tokoh Publik di Media Sosial Instagram

Penulis: Frederikus Suni 

Prabowo Subianto adalah salah satu figur publik yang piawai dalam komunikasi verbal dan non verbal di media sosial Instagram. Tafenpah.com

Tafenpah.com - Instagram merupakan salah satu media sosial besutan perusahaan Amerika, Meta Platforms yang biasanya digunakan oleh tokoh publik dalam menyebarkan ide, pendapat/opini, serta informasi yang menyangkut kehidupan pribadi maupun politiknya.

Pengaruh politik dari figur publik tertentu, kerap kali ditentukan oleh seberapa efektifnya komunikasi yang dipakai dalam mempengaruhi audience atau pengikutnya.

Lebih kontekstualnya, penulis akan mengajak pembaca untuk bersafari sekaligus flashback/mengingat kembali peristiwa apa saja yang terjadi dalam pemilihan Pilpres 2024.

Sebagai bahan acuan, penulis mengambil sampel salah satu figur publik yang berhasil memenangkan kontestasi Pilpres 2024, yakni Prabowo Subianto.

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan) ke-26 sekaligus Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini terbilang sukses dalam mengambil hati warga Indonesia.

Bagaimana tidak, sejak awal debat Capres 2024, Jenderal TNI Datuk Seri H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo tidak pernah terprovokasi dengan rivalnya dari capres 01 dan 03, yang secara terang-terang menyerang pribadinya.

Diamnya Prabowo Subianto ternyata berhasil mencuri atau mengambil hati generasi milenial yang merupakan pemilih terbesar di ajang kontestasi Pilpres 2024.

Komunikasi verbal maupun non verbal dari Prabowo Subianto menjadi amunisi atau peluru yang sekali dilepas ke jantung musuh langsung KO.

Faktanya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mampu mengumpulkan 96 juta suara.

Terpisah dari kontribusi atau peran Presiden Joko Widodo beserta influencernya, mulai dari selebritis, partai pendukung, pegiat media digital hingga warga Indonesia, komunikasi Prabowo Subianto patut ditiru oleh generasi muda dalam menapaki karirnya.

Pasalnya, kecerdasan emosional dari Prabowo Subianto yang awalnya meledak dan terkadang susah dikontrol, berbanding terbalik ketika di Pilpres 2024.

Kematangan emosional dari Prabowo Subianto adalah jalan menuju kesuksesan dalam menaklukkan pesaingnya di Pilpres 2024.

Bukan hanya itu saja, ketika kita melihat rekam jejak Prabowo Subianto di Instagram pribadinya @prabowo, tentunya bahasa yang dipakainya dalam menginformasikan sesuatu sampai pada hal-hal lumrah dalam keseharian, tidak pernah membawa persepsi netizen untuk saling menghujat, apalagi memecahbelah persatuan sesama warga Indonesia.

Kepiawaian komunikasi Prabowo Subianto tidak hanya ditinjau dari seberapa cerdasnya dalam mengolah kata, akan tetapi netizen dapat menemukan sesuatu yang berharga dalam diri Prabowo Subianto.

Mutiara tersebut adalah bahasa yang digunakannya serta tingkah lakunya dalam berkomunikasi di ruang publik.

Prabowo Subianto tahu menempatkan diri dalam berkomunikasi. Prabowo Subianto tidak semena-mena dalam menyerang pribadi orang lain dalam berdiskusi.

Strategi komunikasi itulah yang menghadirkan kedamaian dan ketenangan bagi 96 juta masyarakat Indonesia.

Lantas, bagaimana dengan tanggapan Anda tentang komunikasi verbal dan non verbal dari Prabowo Subianto selaku tokoh publik di media sosial Instagram?

Silakan tinggalkan pendapat Anda di bawah ini!!










 
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Analisa Komunikasi Tokoh Publik di Media Sosial Instagram "