Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Potretan Literasi Tapal Batas: Membuka Jendela Ilmu di Perbatasan, Komunitas Buka Buku Bagikan Ratusan Buku Anak untuk Tingkatkan Budaya Membaca

Penulis: Frederikus Suni



Komunitas Buka Buku Tanjung Balai Karimun. Tafenpah.com


Tafenpah.com - Tanjung Balai Karimun, 18 Januari 2024, Sebuah inisiatif luar biasa muncul dari sekelompok ibu rumah tangga dan ibu pekerja yang menetap di Tanjung Balai Karimun, salah satu daerah perbatasan Indonesia. Mereka bersatu dalam Komunitas Buka Buku, menggelar program Bagi Buku OTR (on the road) yang membagikan seratus buku cerita anak secara gratis di beberapa kecamatan sekitar Tanjung Balai Karimun. 

Kegiatan ini dilakukan di beberapa wilayah, yakni Kecamatan Karimun dengan cakupan Coastal Area dan Pasar Maimun, Kecamatan Meral yang mencakup Kampung Flores Paya Sunan, serta Kecamatan Tebing yang melibatkan PN dan Pantai Pongkar. Berlangsung selama tiga hari, tanggal 14, 17, dan 18 Januari 2024, upaya ini dinilai dapat membuka akses jendela ilmu bagi anak-anak perbatasan yang membutuhkan.

"Program Bagi Buku OTR ini merupakan rangkaian acara Pekan Literasi yang diprakarsai oleh kami anggota Komunitas Buka Buku. Dapat diakui bahwa inilah acara edukatif pertama dan terbesar yang diadakan di sini, dengan dukungan besar dari beragam sponsor dan donatur. 


Puncak kegiatan ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 20 Januari 2024 di Ballroom Hotel Aston Karimun, menandai peluncuran resmi Komunitas Buka Buku yang rencananya akan dihadiri oleh Bapak Dr. H. Aunur Rafiq, S.Sos., M.Si selaku Bupati Karimun. Acara tersebut juga akan menyuguhkan seminar mengenai pola asuh anak berbasis otak, dengan pembicara ahli yang akan datang langsung dari ibu kota. 

Komunitas Buka Buku Tanjung Balai Karimun. Tafenpah.com



Lebih menariknya lagi, semua rangkaian acara ini diselenggarakan secara cuma-cuma bagi warga Karimun yang telah mendaftar, menjadikannya peluang emas untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman berharga," ungkap Mira Natasya A. Siregar, Penggagas Komunitas Buka Buku Indonesia.

Seluruh koleksi buku cerita anak yang akan didistribusikan dalam program Bagi Buku OTR menandai kolaborasi yang erat antara komunitas dengan berbagai donatur yang turut berpartisipasi. 

Dalam kerja sama yang terjalin, sejumlah buku turut disumbangkan oleh penerbit terkemuka seperti Rabbit Hole, juga donasi dari anggota komunitas dan individu diluar komunitas dari berbagai wilayah di Kepulauan Riau. Buku-buku yang berhasil dikumpulkan melalui kolaborasi yang erat ini akan diberikan secara cuma-cuma di berbagai titik strategis di Tanjung Balai Karimun.

Komunitas Buka Buku Tanjung Balai Karimun. Tafenpah.com



Mengapa buku menjadi fokus utama? Komunitas Buka Buku memahami bahwa dalam memaksimalkan potensi anak, peran orang tua memiliki pengaruh yang signifikan. Dengan memilih buku sebagai sarana utama, komunitas ini meyakini bahwa kegiatan membaca menjadi salah satu pendekatan yang mudah dilakukan orang tua dan anak secara konsisten. Sehingga diharapkan membawa dampak positif pada pertumbuhan dan pembelajaran anak usia dini.

"Dalam konteks Tanjung Balai Karimun, ketersediaan toko buku dapat dianggap sangat terbatas, menciptakan tantangan bagi warga lokal yang berusaha mencari beragam buku untuk anak-anak. 

Kemungkinan untuk berbelanja secara daring mungkin ada, namun biaya pengiriman yang tinggi karena lokasinya yang terletak di daerah perbatasan. Sementara perpustakaan daerah juga terbatas dalam koleksinya. Oleh karena itu, Komunitas Buka Buku hadir dengan tekad kuat untuk

konsisten menggelar kegiatan edukatif berbasis buku, menggarisbawahi pentingnya peningkatan literasi dan minat baca anak usia dini di Tanjung Balai Karimun" tambah Mira Natasya A. Siregar, penggagas komunitas, menekankan pentingnya keberlanjutan upaya ini.

Melalui rangkaian kegiatan edukatif yang terus digelar, Komunitas Buka Buku Tanjung Balai Karimun berkomitmen untuk menjadi wadah terbuka bagi seluruh masyarakat yang berminat bergabung, baik secara individu maupun dalam kelompok. Keanggotaan dalam komunitas ini tidak terbatas hanya untuk orang tua yang telah memiliki anak, namun terbuka bagi siapa saja yang ingin aktif berkontribusi. 

Dengan demikian, dampak positif dari kegiatan edukatif tidak hanya dirasakan oleh para orang tua dan anak, tetapi juga merambah ke seluruh lapisan masyarakat, memberikan kesempatan bagi setiap individu untuk mengembangkan potensinya. Melalui interaksi dengan berbagai stakeholder, partisipasi dalam komunitas ini juga menjadi peluang untuk mengasah soft skills dan kreativitas.

###

Tentang Komunitas Buka Buku

Komunitas beranggotakan orang tua di Indonesia yang memiliki ketertarikan dalam mengupayakan peningkatan budaya gemar membaca sejak dini pada anak-anaknya melalui kegiatan yang menarik, salah satunya program wajib Baling (baca buku keliling). Baling merupakan kegiatan bulanan komunitas yang diadopsi dari budaya arisan konvensional namun diubah menjadi lebih edukatif untuk keluarga. Jika arisan konvensional biasanya menggilir nama pemenang yang akan mendapatkan uang arisan setiap bulan, maka dalam kegiatan Baling ini para anggota digilir untuk menjadi pembaca dongeng atau buku cerita untuk anak-anaknya di rumah, Selain kegiatan membaca buku, terdapat juga aktivitas penunjang yang edukatif dan beragam untuk anak-anak usia dini. 


Sumber: Ricky Alexander (Mitra Public Relation Reku)

Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Hi salam kenal ya!!! Saya Frederikus Suni, biasanya disapa Fredy Suni adalah pendiri dari Tafenpah. Profesi: Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University). Saya adalah mahasiswa Droup Out/DO dari Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang dan Universitas Dian Nusantara (Undira). Saat ini bekerja sebagai Talent Management di PT. Sunstar Media Indonesia sekaligus Kreator Konten Tafenpah Group, Kompasiana, Eskaber, Terbitkanbukugratis, Inspirasiana, PepNews. Saya pernah menjadi Wartawan/Jurnalis di Metasatu.com dan NTTPedia.id || Saya pernah menangani proyek dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI || Saya pernah magang sebagai Copywriter untuk Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta. Saat ini fokus mengembangkan portal yang saya dirikan yakni: www.tafenpah.com || www.pahtimor.com || www.hitztafenpah.com || www.lelahnyahidup.com || www.sporttafenpah.com || Mari, kita saling berinvestasi, demi kebaikan bersama || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Potretan Literasi Tapal Batas: Membuka Jendela Ilmu di Perbatasan, Komunitas Buka Buku Bagikan Ratusan Buku Anak untuk Tingkatkan Budaya Membaca"