Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sederhana, Begini Tujuan dari Ikatan Pemuda Pemudi Oelami, Timor Tengah Utara

Penulis: Frederikus Suni

Ikatan Pemuda Pemudi Oelami. Tafenpah.com

Tafenpah.com - "Berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia" demikian caption legenda dari bapak bangsa, Ir. Soekarno.

Lantas, apa relevansi dengan judul tulisan di atas? 

Begini penjelasannya! Namun, sebelum meneruskan destinasi atau perjalanan dalam mencari informasi di sini, bila kamu adalah pembaca yang berasal dari Atoni Pah Meto atau Etnis Dawan/Suku Timor, NTT, sebaiknya makan sirih dan pinang, ya.




Bagi yang tidak suka makan sirih dan pinang, kamu juga bisa buatkan secangkir kopi atau teh hangat, sembari terus membaca tulisan ini.

Sementara, pembaca yang berasal dari luar NTT, kamu juga bisa sediain kopi dan camilan, bila perlu makanan khas daerah dari mana kamu dilahirkan.

Nah, berkaitan dengan tujuan berdirinya komunitas "Ikatan Pemuda Pemudi Oelami, sebenarnya sangat sederhana.

Di mana, sebagai etnis Dawan Timor/Atoni Pah Meto, jiwa sosialisnya sangat tinggi dalam hal apapun.

Jadi, berangkat dari semangat hidup tersebut, Agustinus Opat bersama dengan Nikolaus Bani yang kemudian diangkat menjadi ketua dari Ikatan Pemuda Pemudi Oelami ini, serta dibantu oleh pemuda dan pemudi yang berada di Desa Oelami, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT berembuk bersama dalam diskusi yang panjang untuk menentukan arah/dasar/pedoman dari kegiatan berorganisasi.

Kemudian melalui komunikasi via pesan WhatsApp Tafenpah bersama dengan Agustinus Opat (Calon Legislatif DPRD) Timor Tengah Utara, periode 2024 - 2029 dari fraksi PKS ini mengatakan tujuan dari pembentukan IPPO adalah membantu sesama yang lagi kesusahan dalam hal apapun.

"Tujuan kami bentuk Ikatan Pemuda Pemudi Oelami atau IPPO, supaya ada persatuan pemuda-pemudi Oelami. Selain itu, IPPO ini juga kalau ada suka dan duka, kita sama-sama saling mambantu dan mendukung satu sama lain," ujar mantan Frater Seminari Tinggi SVD Surya Wacana Malang sekaligus lulusan dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang (STFT).

Saat ini, IPPO beranggotakan 30 orang. Ketiga puluh pemuda pemudi ini siap untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama yakni; saling membantu sesama atoni pah meto dan siapa pun yang ada di Desa Oelami.

Kembali lagi pada caption atau quotes inspiratif dari Bung Karno di awal tulisan, bahwasannya sebagai pemuda dan pemudi desa Oelami, khususnya generasi milenial dan generasi Z di tanah perbatasan Indonesia dan Timor Leste, semangat berkarya dalam melayani masyarakat perlu ditanamkan oleh setiap pemuda.

Untuk itu, IPPO juga mengutuskan Agustinus Opat, S.Fil untuk maju dalam pemilihan Calon Anggota DPRD Kabupaten Timor Tengah Utara.

Karena bagaimana pun juga, pemuda adalah harapan bangsa, khususnya di wilayah Lembah Bikomi.

Kebanggan terbesar ke-30 pemuda dan pemudi dari IPPO adalah Agustinus Opat berani mengambil jalan ekstrem, demi menjembatani suara dari masyarakat Desa Oelami.

Lalu, yang perlu pemuda pemudi di Oelami dan daerah pemilihan/Dapil 2 yabg terdiri dari Miomaffo Timur, Naibenu, Bikomi Nilulat, Bikomi Selatan, Bikomi Utara, dan Bikomi Tengah lakukan?

Pertama: Berikan kepercayaan pada pemuda dan pemudi yang bertarung di pesta demokrasi 2024, entah siapa pun calonnya.

Kedua: Suara milenial juga menentukan kemajuan wilayah ke depan 

Ketiga: Biarlah pemuda dan pemudi Timor Tengah Utara makin banyak di kursi legislatif

Keempat: pemuda dan pemudi Kefamenanu akan semakin bersatu, bila ada banyak perwakilan milenial di DPRD

Sekali lagi, berikanlah peluang dan kesempatan kepada banyak pemuda dan pemudi yang berada di wilayah Timor Tengah Utara untuk duduk di bangku legislatif.

Pada akhirnya, 10 pemuda yang diharapkan Bung Karno, kontekstualnya di DPRD Timor Tengah Utara akan memberikan dampak yang jauh lebih besar dalam kemajuan tanah Timor manise.

Soal pengalaman, itu akan menyatu dalam diri pemuda dan pemudi, ketika mereka dipercayakan warga untuk duduk di bangku DPRD Timor Tengah Utara.

Calon Wakil Presiden Republik Indonesia 2024 saja dari generasi milenial, mengapa tidak untuk DPRD dan lembaga pemerintahan lainnya?



Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Sederhana, Begini Tujuan dari Ikatan Pemuda Pemudi Oelami, Timor Tengah Utara"