Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Rahasia Belajar ala Richard Feynman, Salah Satu Ilmuan yang Terlibat dalam Manhattan Project

Frederikus Suni

Richard Feynman menawarkan 4 rahasia belajar sederhana. Sumber Foto Freepik (Tafenpah.com)


Tafenpah.com - Setiap ilmuan dan juga kita sebagai pelajar, mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, tentunya punya trik sendiri dalam mempelajari materi yang kita dapatkan dari para pengajar, dosen, dan umumnya praktisi dunia pendidikan.

Tapi, tahu gak, salah satu ilmuan terkenal dunia yang terlibat dalam Manhattan Project, yakni Richard Feynman menawarkan 4 rahasia belajar, lho!

Lantas, apa saja trik atau rahasia dari ke-4 cara belajar Richard Feynman, berikut Public Relation Zenius dan Tafenpah Group akan menjabarkannya, sebagai berikut;

Richard Feynman menawarkan 4 rahasia belajar sederhana. Sumber Foto Freepik (Tafenpah.com)



1. Tulis konsep yang ingin kamu pelajari

Sebelum belajar, kamu harus menulis hal-hal yang berhubungan dengan apa yang mau kamu pelajari. Misalnya kamu ingin belajar mengenai Persamaan Kuadrat, kamu harus menulis beberapa definisi dan konsep dari istilah ini, termasuk turunan dari konsep yang lain. . 


2. Jelaskan konsepnya dengan bahasa sederhana 

Setelah menuliskan konsepnya, coba jelaskan konsep tersebut dengan bahasamu sendiri, seakan-akan kamu sedang mengajarkan orang lain. Setelah itu, cari orang lain untuk kamu ajarkan, atau berlatih sendiri. Jika kamu sudah bisa menjelaskan dengan lancar, seharusnya kamu sudah bisa mengajarkan konsep yang sedang kamu pelajari dengan mudah dan sederhana. 


3. Cari area yang belum kamu pahami, lakukan cek ke sumber-sumber terpercaya 

Setelah bereksperimen dengan orang lain, saatnya kamu evaluasi bagian mana saja yang kamu belum pahami dengan baik. Untuk bagian-bagian itu, kamu bisa cari referensi dari orang lain, guru, atau sumber-sumber dari internet, seperti Google Scholar, forum-forum akademik, YouTube, atau platform Zenius.


4. Cari istilah yang masih kompleks, dan sederhanakan hal tersebut

Biasanya, kamu akan mendapatkan istilah atau terminologi yang ribet dan sulit dimengerti. Tugasmu saat ini adalah untuk menyederhanakan hal tersebut. Ketika sudah menemukan istilah yang lebih sederhana, ulangi lagi dari langkah kedua dan begitu seterusnya. Jangan pernah merasa jago dengan apa yang sudah kamu ketahui. 

Untuk diketahui bersama sobat Tafenpahners atau pembaca setia portal Tafenpah, sang ilmuan Richard Feynman, sejak duduk di bangku kuliah, Feynman terbiasa menyederhanakan pelajaran dengan membuat catatan dan menuliskannya kembali dengan kalimat yang lebih sederhana. 

Kebiasaan ini membuat dia sering menuliskan kembali rumus fisika sehingga lebih dipahami. 

Hingga ia mampu untuk menyederhanakan teori elektrodinamika kuantum yang mengantarkannya meraih hadiah Nobel di tahun 1965. 

Berkat kebiasaannya dalam menyederhanakan rumus-rumus fisika yang rumit menjadi sebuah hal yang sederhana, Feynman juga mendapat julukan “The Great Explainer”. Kuliahnya dihadiri tidak hanya mahasiswa baru, tapi juga mahasiswa senior, peneliti, bahkan profesor. Seorang Bill Gates bahkan menganggap Feynman sebagai “The best teacher I never had”.

Alasan terbesar dari tulisan seputar ke-4 formula belajar ala Richard Feynman di atas adalah dipengaruhi oleh film Oppenheimer menyita banyak perhatian orang. Mungkin kamu salah satunya. 

Tentu saja, film ini merupakan biopik yang mengisahkan perjalanan J. Robert Oppenheimer, fisikawan di balik penciptaan bom atom pertama di dunia. Tapi, kita tidak akan membahas Oppenheimer sekarang, melainkan salah satu ilmuwan yang terlibat dalam Manhattan Project, Richard Feynman.


Richard Feynman merupakan fisikawan junior ketika dia tergabung di Manhattan Project. Bersama ilmuwan lain bernama Hans Bethe, Feynman merumuskan sebuah formula untuk memprediksi hasil energi dari bahan peledak nuklir, sebagaimana yang admin Tafenpah jabarkan di atas.

Menanggapi cara atau rahasia belajar ala Richard Feynman, Founder dan CEO Zenius Sabda PS mengatakan, “Pemahaman konsep merupakan hal terpenting dalam belajar. Ketika siswa sudah memahami konsep pelajaran, mereka akan lebih mudah mengerjakan tugas atau ujian dan tidak akan mudah untuk terkecoh soal. Selain itu, mereka juga akan lebih mudah untuk menyerap materi baru.” 

Sejak berdiri di tahun 2007, Zenius selalu menekankan pemahaman konsep dari pada hafalan. Banyak yang terkecoh ketika melakukan ujian atau mengerjakan soal-soal SNBT UTBK karena kamu belajar dengan teknik hafalan, seperti menghafal rumus. Kamu yang menggunakan hafalan akan kesulitan menghadapi soal cerita. Terlebih, kamu juga akan kesulitan dalam menghadapi masalah di kehidupan nyata nantinya. 

Semoga teknik Feynman ini bisa membantumu untuk memahami konsep pelajaran! 

Sumber: Tri Wahyudi Sujana PR Manager Zenius (mitra eksternal Tafenpah Group)

Instagram penulis @suni_fredy
Jaringan Tafenpah Group
Tafenpah.com
Pahtimor.com
Hitztafenpah.com
Sporttafenpah.com
Lelahnyahidup.com
Youtube dan TikTok: @tafenpahgroup





Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "4 Rahasia Belajar ala Richard Feynman, Salah Satu Ilmuan yang Terlibat dalam Manhattan Project "