Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi 7 Buku untuk Mahasiswa Baru


Mahasiswa Baru wajib tahu manfaat dari ke-7 buku ini. Foto instagram @amandaelissaa

Tafenpah.com - Ketika menjadi mahasiswa baru, biasanya siswa perlu mendalami suatu hal atau materi dengan lebih mendalam. 

Apakah cara belajar siswa selama SMA sudah cukup efektif untuk diterapkan di kuliah? Atau apakah memang hal tersebut adalah sesuatu yang masih bisa ditingkatkan?

Membaca buku bisa menjadi salah satu cara agar para siswa bisa memiliki pemahaman yang utuh dan mendalam tentang suatu hal. Termasuk untuk mengevaluasi bagaimana cara kamu belajar.


Boleh BacaKecantol Blue Fire Gunung Kawah Ijen Banyuwangi, Meski Suhunya 3 Derajat Celcius


Founder dan CEO Zenius Sabda PS mengatakan, “Membaca adalah salah satu cara agar siswa memiliki pemahaman yang utuh dan mendalam tentang suatu hal. Dengan membaca buku, siswa juga bisa mendapatkan perspektif baru yang akan memperkaya pola pikir mereka.” 

Untuk para mahasiswa baru, Zenius punya tujuh rekomendasi buku agar kamu bisa melewati masa-masa awal kuliah dengan lebih baik. Topik bukunya beragam, mulai dari miskonsepsi tentang belajar, cara efektif untuk belajar, membangun kebiasaan, hingga cara time management yang efektif. 

Berikut rekomendasi buku dari Zenius untuk para mahasiswa baru: 


Make it Stick - Peter C. Brown 


Buku ini akan memberikan kamu best practice dalam meningkatkan efektifitas belajar yang sudah terbukti secara psikologis, kamu juga akan mengerti cara otak menyerap dan menyimpan sebuah informasi, dan mendapatkan insight jika kecerdasan bukan takdir, tapi sesuatu yang dapat dilatih. 

Intinya, buku ini akan membuat kamu belajar dengan lebih mudah. 



A Mind for Numbers - Barbara Oakley


Cocok untuk kamu yang mau masuk jurusan yang memiliki banyak materi matematika dan sains. Buku ini akan mengajarkan kita bagaimana belajar matematika dan sains secara efektif. 

Bertentangan dengan kepercayaan banyak orang, buku ini memberikan pandangan jika matematika dan sains juga membutuhkan kreativitas dan pemikiran analitik. 


Learning How to Learn - Barbara Oakley


Dengan buku ini, kalian bisa belajar gimana cara belajar. Ya, buku ini akan membicarakan miskonsepsi dalam belajar, dan memberikan solusi belajar yang efektif. 

Buku ini bagus banget untuk dibaca sebelum kuliah karena bisa memperbaiki cara belajar kita agar lebih efektif, efisien, dan maksimal.  


Deep Work - Cal Newport 


Buku ini cocok banget buat kamu yang baru belajar 15 menit tapi udah ngga tahan mau cek hape terus. Buku ini akan memperkenalkan konsep deep work. 

Konsep deep work ini akan membantu kamu untuk fokus pada apa yang kamu kerjakan atau pelajari dalam waktu tertentu. 

Ini akan membantu kamu untuk bisa berlatih fokus dalam mengerjakan sesuatu, termasuk belajar. 


Building a Second Brain - Tiago Forte


Di era informasi seperti saat ini, sayang banget jika otak kamu digunakan terlalu banyak untuk menyimpan informasi. 

Buku ini akan mengajarkan kamu bagaimana menggunakan otak lebih banyak untuk berpikir, daripada hanya digunakan untuk menyimpan informasi. 

Intinya, buku ini akan mengajarkan kamu gimana cara membuat catatan di otak yang efektif agar hal tersebut bisa menjadi otak kedua kamu. Penasaran kan gimana caranya? 

Atomic Habits - James Clear 


Banyak yang bilang jika hal-hal kecil yang dilakukan terus menerus akan jadi hal yang besar dan luar biasa. 

Dengan buku ini, kamu akan bisa mengubah kebiasan buruk kamu dan menjadikannya kebiasaan baik, yang meskipun hal-hal kecil, itu akan tetap efektif untuk meraih tujuan-tujuan kamu. 


How to Become a Straight-A student - Cal Newport

Ambisius atau bukan, kunci terpenting di dunia perkuliahan adalah study smarter, bukan study harder. 

Buku ini akan mengajarkan kamu untuk melakukan time management yang baik, mencatat materi kuliah secara efektif, latihan materi pelajaran dengan lebih maksimal, dll.

Nah, itu dia tujuh rekomendasi buku dari Zenius yang pastinya wajib banget masuk ke must-read list kamu! 

Buku-buku tersebut akan menambah wawasan dan membantu kamu belajar untuk belajar yang baik. So, buku yang mana nih yang mau kamu baca duluan? Happy reading!

Sumber Mitra Tafenpah Group (Public Relation Zenius)

Frederikus Suni

Instagram @suni_fredy

Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Rekomendasi 7 Buku untuk Mahasiswa Baru "