Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inacio Suares Pegiat Musik Dawan dari Timor Leste, Suaranya Tinggi Berserak-serak dan Merdu

Penulis: Fredy Suni

Inacio Soares seniman lokal NTT yang memiliki suara indah | Gambar Youtube Patarata

Tafenpah.com - Inacio Suares adalah seniman lokal etnis Dawan, Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki suara khas.

Paduan suaranya yang merdu nan berserak-serak, mampu memberikan ketenangan batin bagi penikmat musik Timor Dawan, Tetun hingga mantan provinsi ke-27 RI, yang kini menjadi negara Republik Demokratik Timor Leste.

Inacio Soares adalah salah satu penyanyi lokal provinsi Nusa Tenggara Timur, yang kaya akan pengalaman. 

Penyanyi lokal kelahiran Distrik Ambeno, Oecusse - Timor Leste ini, berhasil melestarikan musik lokal Timor Dawan.


Inacio Soares adalah penggerak musik-musik yang bercita rasa Dawan. Sejak kemunculannya sekitar tahun 2008an di kota Kefamenanu (TTU), penyanyi yang cerdas dalam memainkan tuts piano ini langsung menarik perhatian publik atau masyarakat yang ada di daerah perbatasan RI dan Timor Leste.

Lagu Dawan yang paling ngehitz waktu itu adalah "FITSA HO TAI ANA." Pencipta lagu ini adalah Inacio Soares. Tergabung dalam Grup Nakroma, Inacio Soares bersama Jhony Lopez, dan Gaspar mengguncang panggung hiburan NTT.

Sejak saat itu, Inacio Soares menjadi penyanyi lokal yang paling disukai oleh masyarakat Timor Dawan hingga saat ini.

Ratusan karya lagu sudah ia ciptakan, dan jejak digitalnya ini, akan terus dinikmatin lintas generasi. Komposisi piano, biola, dan gitar mampu membius siapapun yang mendengarkan karya-karya dari sang legenda ini.

Inacio Soares adalah tokoh atau sosok panutan bagi penyanyi-penyanyi muda pulau Timor saat ini. Dirinya sangat terkenal dengan pembawaannya yang ramah, suka bergaul dengan siapa saja, tampil apa adanya, dan selalu berbagi ilmu, membuat dirinya sangat mudah untuk didekatin masyarakat, mulai dari anak kecil hingga tua.

Inacio Soares seniman lokal NTT yang memiliki suara indah | Gambar Youtube Patarata



Hingga saat ini, entah berapa penyanyi lokal asal Kefamenanu yang sudah berhasil diorbitkan ke panggung industri hiburan lokal NTT. Salah satunya adalah Jimy Lette yang juga terkenal dengan suara khas dan merdunya.

Sampai kapan pun, Inacio Soares akan tetap dihati masyarakat Timor Dawan dan umumnya NTT. Karena berkat kecerdasan Inacio Soares, musik Timor Dawan kian mendunia.

Penikmat musik Timor Dawan bukan hanya penduduk etnis Dawan saja, melainkan hampir sebagian teman-teman kita yang berada di bagian Barat Indonesia, mereka juga sangat senang dengan karya-karya dari Inacio Soares, Jimy Lette, dan penyanyi lokal lainnya.

Sebagai apresiasi, pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara, seharusnya lebih memperhatikan seniman jenius ini.

Karena melalui seni musik yang mereka ciptakan, itu juga sebagai bagian dari promosi kebudayaan etnis Dawan ke kancah nasional hingga mancanegara.

Generasi yang datang akan tetap menikmati musik daerah yang indah dan merdu, terlebih karya-karya dari Inacio Soares bersama teman-temannya.

Akhirnya, terima kasih kaka Inacio Soares. Karena berkat suara khas nan berserak-serakmu, dunia etnis Dawan makin berwarna dalam menjalani kesehariannya, entah di mana pun.

Ikutin juga akun media sosial penulis melalui Instagram @suni_fredy
Youtube dan TikTok: Tafenpah Group








Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Inacio Suares Pegiat Musik Dawan dari Timor Leste, Suaranya Tinggi Berserak-serak dan Merdu"