WIR Group Hadirkan Teknologi Baru untuk Dukung Masa Depan Kreator Konten dan Brand

Penulis: Fredy Suni
Sejumlah Kreator Konten dan Brand dalam Nas Summit Jakarta 2023 | Foto; Humas PT. WIR Asia, Tbk

Tafenpah.com - WIR Group melalui anak perusahaannya, Ar&Co ikut menghadirkan teknologi baru untuk menciptakan masa depan Kreator Konten dan Brand yang lebih baik.


Melalui teknologi Augmented Reality/AR, Virtual Reality/VR, dan Artificial Intelligence/AI, WIR Group mengembangkan interaksi yang berbasis Augmented Reality (AR) dengan tajuk "The Future of Interaktivity" pada Nas summit Jakarta 2023.


Lalu, apa itu Nas Summit? Ajang yang mempertemukan Kreator Konten, selebriti, digital influencer, Blogger hingga Youtuber di seantero bumi.

Harapannya, teknologi AR dari Ar&Co mampu menciptakan peluang baru industri Kreator Konten dan Brand dari Indonesia, dengan objek atau sasarannya adalah generasi digital savvy atau seseorang yang memiliki pengetahuan luas tentang teknologi modern dan komputer.

Sejumlah Kreator Konten dan Brand dalam Nas Summit Jakarta 2023 | Foto; Humas PT. WIR Asia, Tbk


Menanggapi fenomena ini, Chief of Marketing and Sales WIR Group, Gupta Sitorus mengatakan
Suatu kesempatan berarti bagi WIR Group lewat anak usaha kami AR&Co untuk dapat berkontribusi bagi industri konten kreatif Indonesia melalui teknologi AR. 

"Industri konten telah menjadi bagian integral dari peradaban manusia selama berabad-abad. Mulai dari lukisan-lukisan pra-sejarah di gua hingga layanan streaming modern, kita selalu mencari cerita, informasi, dan hiburan. Namun, dengan kemajuan teknologi yang cepat dan perubahan nilai-nilai sosial, industri konten perlu berkembang untuk menjaga kekinian. Dengan teknologi AR ini kami percaya konten akan menjadi semakin kaya, interaktif dan menyeluruh" ujarnya kepada Tafenpah melalui Press Release/Rilis, Jumat (17/2/2023).

WIR - Nas Summit Jakarta 2023 | Foto; Humas PT WIR Asia, Tbk


Ada pun sejumlah pengalaman yang ditampilkan pada Nas Summit Jakarta 2023, yakni; avatar digital Nusseir Yasin, pendiri Nas Daily, di mana pengunjung secara mandiri bisa memunculkan avatar Nusseir dengan hanya menggunakan aplikasi jejaring sosial.  


AR&Co juga menampilkan Magic Mirror, sebuah layar yang dapat digunakan pengunjung untuk berfoto dengan objek digital berupa hiasan kepala tradisional Indonesia. Selain itu, pengunjung juga dapat bermain permainan berbasis motion tracking seperti Catch the Coin di mana pengunjung harus bergerak di depan layar untuk mengumpulkan poin. 
WIR - Nas Summit Jakarta 2023 | Foto; Humas PT WIR Asia, Tbk

Ada juga permainan Clap and Run yang menggunakan fitur voice recognition di mana suara dari alat tepuk tangan di depan layar dapat membuat tokoh di layar berlari.

Keseruan kegiatan Nas Summit Jakarta 2023 juga dilengkapi dengan permainan Stone Hunt yang mengajak pengunjung untuk berburu batu melalui fitur teknologi AR lens dan geo-location di area penyelenggaraan Nas Summit. Melalui aplikasi MINAR yang diunduh dalam gadget, pengunjung dapat bermain dan juga mengumpulkan poin dari batu-batu tersebut. Permainan-permainan ini memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung dan mereka berkesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik berupa merchandise dari AR&Co dan Nas Summit. Kegiatan ini membuat pengunjung aktif untuk berkeliling di seluruh area menjadikan sebuah strategi yang menarik bagi brand dalam menyasar konsumen. 

 

“Bagi brand, permainan-permainan berbasis AR ini mampu memberikan pengalaman yang unik bagi konsumen untuk berinteraksi dengan produk. Ini dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan pada konsumen saat berbelanja ataupun menggunakan produk. Secara langsung, fitur ini dapat meningkatkan value dari brand itu sendiri”, ungkap Gupta. Menurutnya fitur teknologi AR seperti avatar digital dapat memberikan warna baru bagi industri kreator konten di Indonesia. Visual avatar AR yang inovatif akan membawakan konten digital ke dalam dunia nyata secara menyeluruh. Kreator dapat menghadirkan versi virtual dirinya yang bisa berinteraksi dengan audiensnya di manapun dan kapanpun. 

 
WIR - Nas Summit Jakarta 2023 | Foto; Humas PT WIR Asia, Tbk

Dirinya menambahkan bahwa teknologi AR tidak hanya mampu memberi pengalaman imersif dan interaktif, namun juga dapat meningkatkan narasi dan hiburan, serta memberikan kesempatan pendidikan dan pelatihan. AR dapat digunakan dalam berbagai bentuk konten, seperti iklan, gim, dan media sosial. “AR memiliki potensi untuk mengubah cara kita mengonsumsi dan terlibat dengan konten, dan untuk menciptakan potensi bisnis baru bagi kreator konten dan brand”, ujarnya lebih lanjut.  

 

Nas Summit Jakarta 2023 sendiri menghadirkan berbagai pembicara ternama serta profesional Indonesia dari industri konten kreatif seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno, Artis Nirina Zubir, Aktor Glenn Alinskie, dan masih banyak lagi. Dari pembicara-pembicara ini, Nas Summit juga mengadakan kelas yang berisikan tentang pengetahuan dan wawasan dalam menjadi kreator konten.

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada WIR Group dan AR&Co yang memeriahkan Nas Summit dengan memberikan pengalaman unik bagi pengunjung, yaitu experience teknologi AR. Selaras dengan misi kami, kami percaya bahwa teknologi interaktif dan imersif seperti avatar digital, AR filter, dan sebagainya, akan menjadi masa depan dari industri konten,” kata Nuseir Yassin, Founder & CEO dari Nas Company. “Harapan kami kreativitas industri konten di Indonesia akan semakin maju dan dapat bersaing secara global terutama dengan kehadiran teknologi AR yang menjadi backbone dari teknologi web 3.0 yang interaktif dan imersif.” tutup Gupta.

Sumber; Rilis dari Kurniati (Head of Communications, PT WIR Asia, Tbk

 
 






Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "WIR Group Hadirkan Teknologi Baru untuk Dukung Masa Depan Kreator Konten dan Brand "