Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ujian SNBT Makin Dekat, Orang Tua Perlu Siapkan 4 Hal Ini

Penulis: Fredy Suni

Ilustrasi Siswa sedang mengikuti SNBK UNBK 2023 | Gambar; Kompas

Tafenpah.com - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) UNBK tinggal beberapa bulan lagi. Orang tua perlu menerapkan 4 poin berikut, demi kelulusan anak di Perguruan Tinggi Negeri idaman.


Ke-4 poin tersebut adalah sbb;

Ilustrasi Siswa sedang mengikuti SNBK UNBK 2023 | Gambar; Kompas


1. Bantu Anak Mendapatkan Fasilitas Belajar yang Dibutuhkan

Setiap anak memiliki motivasi yang besar untuk melanjutkan pendidikan hingga Perguruan Tinggi sesuai dengan bakatnya.

Namun, tak bisa dielakkan lagi, bahwasannya terkadang orang tua terlalu egois.

Di mana memaksakan anak untuk kuliah berdasarkan jurusan idaman orang tua.

Padahal yang menjalani proses perkuliahan selama 4 tahun adalah anak sendiri.

Untuk itu, anak perlu mendapatkan fasilitas belajar sesuai dengan kebutuhan dan karakter masing-masing. Hal ini diperlukan agar anak dapat memiliki kecintaan dalam belajar, yang nantinya menambah motivasi ketika berhasil memahami pelajaran dan memecahkan persoalan.


2. Dukungan emosional orang tua sangat berpengaruh pada kemajuan anak Selain memberikan dukungan dalam bentuk fasilitas belajar yang dibutuhkan, dukungan emosional kepada anak juga penting. Perlu diketahui bahwa dukungan secara emosional itu sangat berpengaruh khususnya pada perkembangan otak anak. Dukungan emosional dapat hadir dengan cara memberikan kepercayaan pada pilihan yang sudah diambil oleh anak, termasuk pilihan jurusan dan kampus yang telah mereka tentukan. Jika pilihannya bertentangan dengan preferensi Anda, usahakan untuk memahami dari sudut pandang anak yang akan menjalaninya. Perkaya informasi Anda bahwa zaman sudah berubah. Ilmu yang tidak populer di masa lalu, mungkin sudah berubah menjadi ilmu dengan segudang potensi di masa kini. Industri telah cepat berubah, carilah sumber informasi sebanyak-banyaknya dan berdiskusilah dengan anak Anda.

3. Validasi perasaan anak saat mengalami kesulitan Belajar secara intensif dapat menjadi sebuah kegiatan yang membuat anak-anak tertekan. Ketika anak sedang mengalami kesulitan/kendala dalam belajar, hadirlah sebagai teman yang memvalidasi perasaannya. Jangan menekan anak untuk terus belajar hingga menemukan solusi.  Ajak anak untuk ambil waktu rehat sejenak, pulihkan kondisi fisik dan mentalnya hingga kembali optimal dan siap untuk memulai latihan soal kembali. 

Ilustrasi Siswa sedang mengikuti SNBK UNBK 2023 | Gambar; Kompas


4. Bangun pola belajar anak yang suportif  Menjelang hari ujian, biasanya waktu belajar juga akan semakin ditingkatkan secara signifikan. Tidak sedikit anak yang menambah jadwal belajar hingga lebih dari 10 jam sehari.  Berikan pemahaman pada anak bahwa belajar yang terlalu dipaksakan hanya akan menghabiskan tenaga dan mental mereka sebelum ujian berlangsung. Tuntun anak untuk tetap mengutamakan kesehatannya dengan cara mengatur jadwal istirahat, mengambil waktu rehat di sela-sela kegiatan belajar, dan menambahkan kegiatan-kegiatan yang dapat membuat anak menjadi lebih tenang menjelang hari ujian.  Kira-kira itulah empat cara utama yang dapat dilakukan orang tua dalam mendampingi anak-anaknya untuk mempersiapkan diri masuk PTN. Selain itu, jaga ekspektasi Anda untuk tetap menerima apapun hasil ujian anak Anda nantinya karena hasil tersebut adalah buah dari usaha terbaik yang telah mereka berikan.

Sumber; Rilis Zenius



Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Ujian SNBT Makin Dekat, Orang Tua Perlu Siapkan 4 Hal Ini"