Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Buku Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat Karya Blogger Amerika Serikat Mark Manson

Penulis: Fredy Suni

Buku best seller karya Blogger kenamaan Amerika Serikat, Mark Manson | Foto: Tafenpah.com

Tafenpah.com - Blogger sekaligus Penulis best seller asal Amerika Serikat, Mark Manson telah menggucang dunia dengan tulisannya yang ringan, humanis, satiris, pesimis, dan apa adanya. Tapi, setiap kalimat yang diuliknya mampu menggerakkan pembaca untuk melihat dunia dengan kaca mata yang berbeda.

Jika dunia psikolog mengajarkan setiap orang untuk selalu optimis akan hari esok dan yang akan datang. Hal demikian berbeda dari ajaran Mark Manson.


PDF Gratis Buku; 'Jejak Aksara'Karya Fredy Suni


Sejak paragraf pertama dalam buku yang memiliki ketebalan 246 ini, secara garis besar, Mark Manson berpesan kepada pembaca untuk menjalani hidup dengan seni bodo amat.

Cara pendekatan ini, awalnya mendapat perlawanan dari banyak pihak, terutama para penerbit, surat kabar, agen, maupun jurnal yang tidak sependapat dengan ide dari Mark Manson.

Pasalnya, ia dianggap gila oleh pemilik penerbitan di Amerika Serikat. Karena tulisannya sangat menjijikan, tak bermoral, dan hancur.

Akan tetapi, ia selalu yakin dan percaya, bahwasannya tulisan yang bersifat apa adanya akan menemukan jalan takdirnya.


Download PDF Novel Terjebak Karya Fredy Suni


Benar saja, setelah melalui ribuan penolakan dan depresi yang berkepanjangan, Mark Manson dipertemukan dengan seorang Editor di sebuah penerbitan independen yang menaruh minat pada tulisannya.

Perlahan tapi pasti, Manson menjawab tantangan dari sang Editor, dan akhirnya Marson menjadi penulis yang menginspirasi milyiaran orang di dunia ini melalui karya-karyanya. Salah satunya adalah buku “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat.”

Untuk diketahui, hingga saat ini, buku ini sudah diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa, dan sudah dicetak ulang sebanyak XX oleh penerbit PT Gramedia, Kompas Group.

Lantas, Apa saja pesan penting yang kita ambil dari buku ini?

Setelah membaca buku ini secara berulang kali, saya menemukan beberapa poin penting yang layak untuk kita jadikan sebagai pedoman hidup. Meski saya sadar, bahwasannya pemikiran ini terlalu subjektif, namun setidaknya bisa menjadi modal yang berharga bagi kita pembaca atau pun Content Writer (Blogger), Copywriter, Youtuber, Selegram, Tiktoker, dll.

Pertama; Buku ini sepintas membawa kita pada kesadaran akan pentingnya mimpi

Jika kita memiliki mimpi, kejarlah. Karena mimpi itu akan membawa kita pada sesuatu yang tak pernah kita bayangkan.

Kedua; Dengarkanlah Suara Hatimu

Saya melihat, Mark Manson selalu yakin pada bisikan suara hatinya dalam mengejar mimpinya.

Toh, meskipun ia mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan dari penerbit, surat kabar, jurnal, agen dll. Tapi, ia tetap mengikuti suara hatinya.

Akhirnya ia keluar sebagai seorang pemenang dalam hidupnya.

Ketiga; Jangan Pedulikan Bisikan Pembenci

Tak bisa dipungkiri, kecenderungan terbesar manusia adalah selalu iri terhadap kepribadian sesamanya.

Namun, Mark Manson dengan tegaskan mengatakan apa pun yang kamu yakini dan anggap benar, jangan pernah takut untuk mengejarnya.

Karena pembencimu pada waktunya akan diam dan tak bisa meremehkanmu lagi.

Keempat; Hidup adalah Pilihan

Jika hidup itu adalah pilihan. Maka jalanilah pilihanmu dengan santai tapi serius. Karena yang mengetahui apa yang terbaik untuk masa depan kamu adalah dirimu sendiri.

Orang lain hanya sebatas memberi saran dan mendukungmu. Tapi, yang menjalani kehidupan dengan segala risikonya adalah diri kamu sendiri.

Jadi, mulai sekarang berhentilah untuk membandingkan dirimu dengan orang lain. Karena kita semua punya kesempatan yang sama untuk berkembang.

Intinya, kita saling mendukung dan mengapresiasi sebagai insan yang berakal budi.

Demikian ulasan singkat dari buku “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat” karya Mark Manson yang merupakan seorang Blogger, Penulis, dan Motivator terbesar abad ini.


Judul Buku: Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat

Penulis      : Mark Manson

Penerbit   : Grasindo

ISBN         : 978 - 602 - 452 - 698 - 6

Genre       : Self Improvment/Pengembangan Diri

Tebal        : 246 Halaman

Cetakan I : Februari, 2018

Cetakan XX : Februari, 2019


Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Review Buku Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat Karya Blogger Amerika Serikat Mark Manson "