Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surga Teratai (Danau Lotus) Terbesar Kedua Dunia di Manggarai Barat - NTT

Penulis: Fredy Suni
Danau Lotus/Teratai di Manggarai Barat, NTT | Foto: Pinterest
NTT, Tafenpah.com - Salam travelling! Tak perlu bepergian ke negeri Gajah, Thailand untuk menikmati pesona Lotus Pink atau danau Teratainya. Karena di Nusa Tenggara Timur (NTT) juga ada Danau Lotus, dan merupakan terbesar kedua di dunia.






Merencanakan liburan keluarga di waktu luang merupakan dambaan setiap orang. Apalagi berlibur ke Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terkenal dengan serpihan surga tersembunyinya Indonesia.



Sebagai Provinsi kepulauan, NTT menyimpan ragam keunikan hewan langka (Komodo), belum lagi pantai dan sabananya yang memiliki view mendunia, layaknya serpihan surganya Eropa di Provence (Prancis), Hallstatt (Austria), Trulltunga (Norwegia), Meteora (Yunani), Lapland (Finlandia), Sintra (Portugal), Dolomit (Intalia), Kirkjufell ( Islandia) atau pun travelling di bagian Utara Amerika Serikat maupun Amerika Latin.





Karena di NTT, tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat ada DANAU TERATAI (Danau Lotus ) terbesar kedua di dunia loh.

Danau Lotus Manggarai Barat | FloresEditorial


Mungkin, sobat travel dari Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Malang hanya bisa menyaksikan serpihan teratai di depan Kantor Walikota), yang letaknya tak jauh dari Stasiun kota Malang.



Atau pun bagi sobat pelancong yang pernah memadu mata dan hati di hamparan Teratai negerinya aktor Tonny dalam Film Ombak atau Ombek gitu loh.


Karena di Manggarai Timur terkenal dengan 'Rana Tonjong), Danau Lotus atau Bunga Teratai.'



Kualitas bunga Teratai (Nelumbo Lucifera) dalam bahasa Latin. Bukan sekadar bunga teratai biasa loh sobat kaki kereta. Karena ini merupakan jenis Teratai Victoria Amazonia.





Berdasarkan keterangan dari rekan-rekan yang ada di sana, untuk menuju lokasi ini memang terbilang lumayan jauh dari Labuan Bajo (Manggarai Barat).



Tepatnya di Nanga Mbaling , Kecamatan Sambirampas, Manggarai Timur.



Untuk memudahkan pemahaman sobat travel, opsi terbaiknya adalah meminta panduan di mbak google. 


Tapi, jangan minta di mbak-mbak atau pun mas-mas yang berada di mana saja ya, hehe....



Sekadar intermezzo! 


Nah, sebelum kita lanjut mengulik ini, baiknya sobat travel atau pun pembaca budiman sediain secangkir kopi khas nusantara saja.



Lebih romantisnya kopi Manggarai atau Tugu Buaya.


Tapi, bukan buaya darat, buaya online, dan buaya lainnya, seperti yang milenial dan Gen Z katakan kala berhadapan dengan gebetannya.



Maaf ya untuk pemilik Tugu Buaya, karena Penulis tidak bermaksud apa-apa ya.




Bermandikan Hujau Lotus di Manggarai Barat
Menikmati Angsa di hamparan Danau Lotus Manggarai Barat_NTT | FloresEditorial


Kala mengunjungi Danau Lotus, sobat Travel akan dimanjakan dengan hamparan sawah milik Kraeng dan Enu Molas, sesekali sobat akan menikmati burung Angsa yang singgah sebentar di hamparan Danau lotus.



Bagi fotografer atau pun pengunjung, bila menyaksikan pemandangan unik tersebut, ya di potoin eeeh di fotoin.


Bukan mengincar landskap yang bening-bening di pinggir Danau Lotus.



Apalagi pengunjung yang datang ke sana kan kebanyakan dari Eropa dan benua lainnya yang kecantikan atau pun kegantengannya melebihi keindahan alam NTT.




Terlepas dari sellingan di atas, intinya sobat travel tidak akan menyesal untuk datang ke Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Manggarai Barat.



Karena selain menikmati medan estetika tersebut, sobat travel pun berkesempatan untuk memotret kehidupan sosio dan budayanya orang Manggarai Barat dan sekitarnya.




Informasi tambahan: Danau ini berada di atas lahan seluas 2, 5 hektar, sementara 2,2 hektar tertutup oleh Bunga Teratai.




Bayangkan berapa ribu hujan kebahagiaaj yang akan sobat travel rasakan selama berlibur di sana.



Yang pasti, kalau ada waktu, boleh lah investasikan 3 atau pun Seminggu untuk datang dan mengenal kehidupan beserta alamnya masyarakat NTT.



Nah, waktu terbaik untuk menyaksikan eksotisme Danau Lotus itu pada bulan April hingga Juni ya.






Salam travelling!









.








Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Surga Teratai (Danau Lotus) Terbesar Kedua Dunia di Manggarai Barat - NTT"