Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jim Croque dan Kai Boham Apresiasi Menu Latihan Fisik Shin Tae-Yong

Jim Croque dan Kai Boham.Sumber gambar: BolaOkezone

Penulis: Fredy Suni

KUPANG, Tafenpah.com- Setiap pemain bola profesional, tentunya punya cara tersendiri, untuk menakar menu latihan dari sang juru taktik. Dua pemain keturunan Indonesia dan Belanda, Jim Croque dan Kai Davy Boham pun membeberkan menu latihan fisik dari Shin Tae-Yong.



Kedua pemain keturunan ini mengatakan, Shin Tae-Yong lebih menekankan latihan fisik. Karena kondisi fisik yang bugar akan memberikan performa terbaik bagi setiap pemain.



Baca Juga: Film CINTA BETE dan Panorama Alam NTT Mencuri Perfilman Indonesia


“Di Belanda, hanya sekali sampai dua kali per Minggu latihan berat. Di sini lebih, latihan beratnya lebih banyak. Bagaimana cara press dan lainnya, banyak untuk membuat Anda lebih kuat,” kata Croque kepada awak media di Stadion Madya, Senayan, dikutip Penulis dari laman instagram @Timnasindonesiainfo, Rabu (22/6/2022).



Hal senada juga disampaikan oleh rekan sejawat atau rekan seprofesinya, Kai Davy Boham. Boham mengatakan menu latihan Shin Tae-Yong lebih banyak menggenjot fisik dari pada taktik.




Terlepas dari penilain dari kedua pemain tersebut, publik tanah air pun mengacungi jempol kepada pelatih anyar asal negeri Ginseng, Shin Tae-Yong.



Lantaran, STY yang sudah memiliki segudang prestasi di industri sepakbola dunia, pun tahu kelemahan timnas Garuda selama ini. Jadi, untuk mengatasi permasalahan tersebut, tidak ada cara lain bagi STY untuk melebihkan porsi latihan fisik, ketimbang taktik.



Taktik memang sangat penting, namun akan jauh lebih efektif, jika didukung dengan stamina pemain yang baik. Karena ketika kita melihat kembali, permainan timnas sebelum dinakhodai STY, rata-rata pemain timnas kewalahan di pertengahan babak kedua.



Masalah ini semakin berkurang dengan menu latihan fisik STY.



Shin Tae-Yong Pelatih Visioner, Indonesia Beruntung Memilikinya

Shin Tae-Yong.BolaOkezone


Lebih lanjut, kedua pemain di atas juga mengapresiasi model pembinaan STY. Bagi keduanya, STY adalah pelatih visioner. Timnas Indonesia pun beruntung mendapatkan tanda tangannya.



"Dia (Shin Tae-yong) pelatih yang bagus, benar-benar bagus. Dia tahu apa yang dia katakan, kami tidak tahu dia bicara apa, tapi dia sangat bagus. Dia melakukan apa yang dia katakan, semua orang respek ke dia,” tambah mereka.





Mereka pun semakin nyaman bekerja sama dengan STY. Karena STY merupakan pelatih kharismatik. Daya pikat STY bukan hanya berada di dalam lapangan pertandingan, namun di luar pertandingan, ia pun berusaha untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pemain, keluarganya, instansi pemerintahan maupun swasta, terlebih netizen.



Netizen pun kepincut dan sudah jatuh cinta dengan keberadaan STY. Hal itu termanivestasi dalam seruan-seruan positif di jagad maya. Di mana setiap kali ada isu dari PSSI atau pun Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk memindahtugaskan STY ke level timnas U20.



Isu-isu itu pun sontak direspon netizen dengan sindiran satiris kepada PSSI. Salah satu sindiran satiris dari netizen adalah melalui tagar #Iriawanout dan #Stystay.



Namun, lupakan kegaduhan di dalam ruang publik tersebut! Karena kita pun sekarang bermimpi untuk kejayaan sepakbola Indonesia di waktu yang akan datang di bawah kendali STY.



Harapan itu juga diaminkan oleh kedua pemain di atas. 



Salam olahraga | Instagram: @Suni_Frederikus


Frederikus Suni
Frederikus Suni Hello pembaca Tafenpah...! Salam kenal dari saya Fredy Suni ya |Kunjungi juga situs baru saya di SuaraDiaspora.Wordpress.com Selamat membaca!! Terkait kerja sama bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @Literasi_Tafenpah

Posting Komentar untuk "Jim Croque dan Kai Boham Apresiasi Menu Latihan Fisik Shin Tae-Yong"