Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Goes to Campus di Polsri, Trakindo Berbagi Wawasan untuk Bantu Siapkan Mahasiswa Berkarier

Para pembicara Trakindo Goes to Campus - Polsri mengagumi semangat mahasiswa-mahasiswi Polsri untuk berkarir di sektor industri dan berdedikasi bagi Indonesia.Humas Cbcomm

Redaksi Tafenpah

PALEMBANG, Tafenpah.com - PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Cat® di Indonesia, selalu berkomitmen mendukung kemajuan sektor pendidikan di Indonesia, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Kali ini, berkolaborasi dengan Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) di Palembang Sumatera Selatan, Trakindo kembali menggelar Trakindo Goes to Campus (TGTC). 


Melalui kegiatan ini, Trakindo berbagi pengalaman di industri alat berat kepada para mahasiswa dengan memberi gambaran mengenai perubahan-perubahan di sektor industri dalam menghadapi tuntutan perkembangan zaman, dan juga membantu peserta dalam menyiapkan diri dan keterampilan yang dibutuhkan sebelum mereka menjadi bagian dari sektor industri. Ini merupakan TGTC pertama di tahun 2022, setelah sebelumnya pada 2021 lalu dilakukan sebanyak 3 kali di Surabaya, Makassar, dan Batam. 


 

Foto bersama sebagian peserta TGTC Polsri

Tema TGTC kali ini adalah “Membangun Keahlian Teknologi Tenaga Kerja Masa Depan”. Kegiatan ini diikuti sekitar 526 mahasiswa-mahasiswi dan staf pengajar yang berasal dari jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro, khususnya Diploma 4 Teknik Sipil Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan, Diploma 4 Program Studi Teknik Elektro, Diploma 4 Teknik Mesin Produksi & Perawatan, Diploma 3 Teknik Sipil, Diploma 3 Teknik Mesin, Diploma 3 Teknik Elektro Program Studi Teknik Listrik, dan Diploma 3 Teknik Elektro Program Studi Teknik Elektronika, serta dihadiri juga oleh sejumlah staf pengajar Polsri.


 


Reni Mailinar Vidyasiwi Azhar, HR Manager Sumatera Area Trakindo mencoba memberi gambaran kebutuhan SDM tidak hanya di Trakindo, tapi di industri alat berat. “Dunia industri saat ini sangat cepat sekali perkembangannya. Adopsi otomasi teknologi terbaru mengubah lanskap dunia kerja. Perubahan ini membawa berbagai tantangan dan kita perlu mempersiapkan diri dengan baik dengan menyiapkan berbagai keterampilan tambahan sehingga bisa menjadikan tantangan sebagai peluang,” tutur Reni Mailinar Vidyasiwi Azhar.


 


Pada acara ini, Trakindo berbagi lebih jauh mulai dari kebutuhan hingga keahlian apa saja yang diperlukan, sehingga peluang yang ada karena kemajuan teknologi yang begitu pesat bisa dimanfaatkan dengan optimal. Hal ini diharapkan bisa mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan zaman, serta menambah wawasan mereka.


 


“Apa yang kita pelajari di bangku pendidikan tinggi dan apa kita pahami di awal karier, bisa sangat berbeda dalam kurun waktu 2 tahun setelahnya. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk memiliki keterampilan seperti soft skills untuk mendukung pengetahuan dan keterampilan teknik yang telah kita pelajari sebelumnya,” tutur Reni Mailinar Vidyasiwi Azhar.


 


Lebih jauh, Reni Mailinar Vidyasiwi Azhar juga memberikan gambaran bagaimana Trakindo mengambil langkah dalam menghadapi tantangan ini. Bagi Trakindo, SDM merupakan menjadi salah satu elemen kunci yang sangat mempengaruhi kinerja usaha. Untuk itu, Trakindo juga berfokus pada penguatan pendidikan karakter, selain tentunya juga meningkatkan kompetensi.


 


Selanjutnya, Faisal Muhdana, Branch Head Trakindo Prabumulih yang merupakan salah satu alumni Polsri, mengungkapkan pengalamannya mengenai pentingnya memiliki soft skills untuk bertahan dan terus bertumbuh. “Sektor industri terus berkembang, mulai dari aplikasi teknologi, standar, hingga ekspektasi pelanggan, maka dari itu mahasiswa perlu menumbuhkan sifat adaptif. Dengan mengembangkan soft skills, kemampuan hard skills akan beriringan ikut terus bertumbuh mengikuti perkembangan zaman,” ucap Faisal Muhdana.


 


Drs. Irawan Malik, MSME, Dosen Jurusan Teknik Mesin Polsri, menjelaskan perkembangan teknologi saat ini harus dilihat sebagai peluang dan harus dimaksimalkan sebaik-baiknya. “Perkembangan yang terjadi di industri jangan dihadapi dengan penuh kekhawatiran, tetapi dihadapi dengan antusias. Setiap mahasiswa perlu terus menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan tekniknya, tidak lupa mengasah karakter yang bisa beradaptasi, tangguh, mau terus belajar, dan siap menghadapi apa yang ada di depannya, sehingga bisa menjadi jawaban kebutuhan sektor industri dan untuk menjadi penerus di bidangnya masing-masing,” terang Irawan. Ia juga mengungkapkan keyakinannya bahwa setiap mahasiswa Polsri siap menjawab tantangan ini.


 


“Kolaborasi dengan Polsri ini merupakan perwujudan komitmen Trakindo di bidang pendidikan khususnya pendidikan vokasi dengan memberikan edukasi dan pembekalan kepada mahasiswa. Selain itu, ini juga wujud dari semangat kami, Advancing You Forward, komitmen untuk memajukan kemampuan dan kinerja semua pemangku kepentingan, termasuk pelajar, demi mencapai tujuan dan kesuksesan jangka panjang. Kegiatan ini diharapkan membuka wawasan mengenai karier dan teknologi di masa depan, serta memotivasi untuk mampu memberikan kontribusi positif untuk masa depan yang lebih baik,” tutup Reni.

Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Goes to Campus di Polsri, Trakindo Berbagi Wawasan untuk Bantu Siapkan Mahasiswa Berkarier "