Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gak Lolos UTBK? Tenang, Masih Ada Jalan untuk Menuju Kampus Impian!

 

Gak lolos UTBK? Tenang, masih ada jalan untuk menuju kampus impian. Humas Zenius

Penulis: Humas Zenius | Editor: Fredy Suni

JAKARTA, Tafenpah.com - Pengumuman Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 telah diumumkan. Tahun ini, ada 800.852 peserta dari seluruh Indonesia yang mengikuti UTBK. Lini masa pun diramaikan dengan berbagai ekspresi dari para peserta, baik yang lolos, maupun yang tidak. Sebanyak 192.810 peserta dinyatakan lolos atau 24,07 persen dari keseluruhan peserta yang mendaftarkan diri untuk ikut seleksi. Sementara 700 ribu lebih dinyatakan tidak lolos. 


Bagi kamu yang belum berhasil lolos UTBK, tetap semangat ya! Masih ada beberapa opsi seperti Ujian Mandiri yang diselenggarakan oleh banyak perguruan tinggi di Indonesia, atau mengambil opsi gap year untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti UTBK di tahun depan. Jalur Mandiri masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sendiri memiliki kuota maksimum sebesar 30%, sedangkan jalur Mandiri khusus PTN Badan Hukum (PTN-BH) memiliki kuota maksimum yang lebih besar, yaitu 50%. Besarnya kuota ini membuat jalur Mandiri menjadi jalur kedua dengan kuota terbanyak, membuktikan kesempatan untuk masuk ke kampus impian masih besar. 

Tetap santai sobat, karena di Zenius impian kamu akan tergapai. Humas Zenius

Namun kamu tetap harus membuat persiapan yang matang, agar kesempatan terakhir ini dapat kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Berikut sederet tips untuk persiapan menghadapi Ujian Mandiri yang telah dirangkum oleh platform edukasi berbasis teknologi, Zenius:


1. Pelajari Konsep dengan Serius

Hal paling utama dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Mandiri adalah dengan mempelajari konsep dengan serius. Beberapa dari kita terkadang memilih untuk loncat mempelajari materi-materi spesifik yang kita ingin pelajari dan mengabaikan konsep dasar. Cara seperti ini justru kurang tepat dan tidak efektif dalam jangka panjang.


2. Perbanyak Latihan Soal-Soal Tahun Lalu

Tips kedua ini adalah senjata penting yang tidak boleh terlewatkan untuk mempersiapkan diri sebelum hari-H. Dengan melatih diri menghadapi soal-soal yang disuguhkan di ujian tahun lalu, kamu dapat membiasakan diri dan mempelajari pola-pola soal yang akan disajikan. Semakin banyak soal-soal yang kamu kerjakan, akan semakin terlatih pula muscle memory kamu. 


3. Atasi Rasa Gugup dengan Melakukan Aktivitas selain Belajar

Bukan hal aneh jika kamu merasa gugup saat menghadapi ujian nantinya. Setiap orang pun memiliki coping mechanism yang berbeda-beda dalam mengatasi rasa gugupnya. Cara terbaik, cobalah untuk membuat dirimu menjadi rileks dengan melakukan hobi ataupun hal-hal yang kamu suka. Misalnya seperti menonton film, bermain musik, ataupun kegiatan lainnya. 


4. Kerjakan Ujian Hingga Waktu Selesai

Manfaatkan waktu ujian yang ada secara maksimal. Kamu bisa memulai dari soal-soal yang mudah dijawab. Jika selama proses kamu bertemu dengan soal yang menurutmu sulit untuk dijawab, lewati saja dan fokus ke soal berikutnya agar tidak buang waktu. Setelah semua soal yang mudah kamu jawab dengan yakin, kamu bisa kembali ke soal-soal yang sulit dan fokus untuk mengerjakannya. 


5. Pertajam Kemampuan dengan Zenius Ultima Boot Camp UM & Ultima Supreme

Untuk persiapan menghadapi Ujian Mandiri yang lebih maksimal, tentunya kamu bisa pertajam kemampuanmu bersama Zenius. Platform edtech ini telah dikenal memiliki rekam jejak yang baik dalam mempersiapkan siswa menuju kampus impiannya. Di tahun 2021 lalu, 7 dari 10 pengguna premium Zenius berhasil lolos UTBK, meningkat 15% dari angka kelulusan tahun sebelumnya. 


Untuk kamu yang mengincar Ujian Mandiri seperti SIMAK UI dan Ujian Tulis UGM (UTUL UGM), kamu bisa mempersiapkan dirimu dengan paket Ultima Boot Camp UM dari Zenius. Di sini, kamu akan belajar dengan panduan lengkap mulai dari live class, study guide, video & try out premium. Persiapan belajarmu akan dijamin maksimal karena ada jadwal harian dan Ujian Mandiri guide dengan pengingat dan informasi lengkap dari tutor Zenius.


Sementara, bagi kamu yang memilih untuk mengambil opsi gap year demi persiapan yang lebih panjang, kamu bisa memilih menggunakan paket Ultima Supreme. Sistem paket belajar ini dirancang khusus untuk persiapan UTBK. Mulai dari live class bersama Master Tutor, study guide, try out UTBK, dan pembahasannya, hingga konsultasi dalam memilih jurusan. 


Setelah yakin dengan persiapanmu, kamu bisa uji kemampuan diri hadapi soal Ujian Mandiri melalui lebih dari lima pilihan try out Ujian Mandiri. Soal-soal yang disajikan pun mengacu pada soal-soal dari SIMAK UI dan UTUL UGM di tahun-tahun sebelumnya. Paket try out Ujian Mandiri ini dapat diakses dengan ZenCoin - sebuah metode pembayaran fleksibel dan terjangkau di aplikasi Zenius. Satu paket try out dapat dibeli dengan 250 ZenCoin atau setara dengan Rp12,500. Konten ini dapat diakses selamanya tanpa harus berlangganan terlebih dahulu.


Tetap semangat untuk kamu yang bersiap menghadapi Ujian Mandiri. Tetap percaya diri dan berikan kemampuan terbaikmu ya!

***


Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Gak Lolos UTBK? Tenang, Masih Ada Jalan untuk Menuju Kampus Impian!"