Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biarkanlah Peserta Didik SDK Haumeni Tersiksa dan Katong Tersenyum di Bawah Ruangan Ber-AC!

Sangat memprihatinkan kondisi bangunan SDK Haumeni. Foto oleh Fredy suni

Penulis: Fredy Suni

Tafenpah.com - Duduk di bawah ruangan ber-AC membuat tampuk pemerintahan semakin nyaman dengan berbagai fasilitas yang meninabobokan segelintir orang. Namun, di balik kenyamanan tersebut, ada jeritan dan tangisan dari peserta didik SDK Haumeni, Kecamatan Bikomi Utara, kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terus berjuang untuk mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak.


Sayangnya janji tinggal janji, layaknya lelaki buaya  yang berusaha untuk merayu tambatah hatinya. Setelah ia mendapatkan simpati dari tambatan hatinya, ia semakin masa bodo dengan keadaan sosial dan psikologi orang yang katanya sangat berharga bagi dirinya.


Demikian analogi atau perumpamaan bagi mereka yang selama ini berpakaian sepatu pantofel, celana panjang, kameja necis dan rambut berkilau dengan minyak rambut Pomade.


Tuan dan Nyonya yang terhormat, jika berkenan, datang dan lihatlah keadaan fasilitas SDK Haumeni yang sangat memprihatinkan.

SDK Haumeni dengan kondisinya yang semakin memprihantinkan.Fredy Suni

Di manakah letak naluri intelektulitas Anda? Sebagai pejuang literasi digital Indonesia, tentu saja saya khawatir dan pesimis akan perkembangan sumber daya manusia NTT, khususnya dari peserta didik SDK Haumeni yang sampai saat ini masih berjuang untuk mendapatkan sedikit uluran tangan dari Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara.


Dalam hal ini, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga yang memiliki wewenang untuk memperbaiki sarana dan prasarana ruang belajar di SDK Haumeni.


3 Minggu yang lalu, saya liput di SDK Haumeni dan saya sudah mengirimkan hasil liputan tersebut kepada Kepala Bidang (Kabid)  TK/SD Kabupaten Timor Tengah Utara, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Timor Tengah Utara, dan beberapa Anggota DPR RI perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Baca juga: SDK Haumeni Sulit Mendapatkan Bantuan dari Pemerintah Pusat dan Daerah

Namun hingga kini belum ada respon positif dari mereka. Lantas, siapakah yang bertanggung jawab dalam hal ini? Tentu saja yang memiliki wewenang adalah Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Timor Tengah Utara.


Banyak sekolah di daerah terpencil yang kondisinya memprihatinkan. Padahal pemerintah memiliki program prioritas di bidang pendidikan untuk daerah terdepan, terpencil dan tertinggal.


Liputan Selengkapnya: Tonton di Sini


Apalagi SDK Haumeni itu merupakan sekolah perbatasan yang masuk dalam prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) di bawah kepemimpinan Nadiem Makarim.


Dilansir dari Youtube MetasatuTV, Albertus Kolo selaku guru yang berasal dari Haumeni mengatakan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara sudah beberapa kali mengadakan survei untuk merenovasi atau pun mendirikan bangunan baru, tetapi hingga kini belum terealisasi.


Baca Juga: SDK Haumeni dalam Kondisi Memprihatinkan! Bagaimana dengan Harapan Tenaga Pendidiknya?


Bahkan ia pun mengatakan kepada Wartawan Metasatu bahwa Sekolah Katolik Haumeni memang selama ini mengalami kesulitan dan sangat ribet untuk diperhatikan oleh pemerintah, baik dari Pusat hingga Daerah sendiri.


Terakhir, saya selaku jebolan dari SDK Haumeni mewakili rekan-rekan di mana pun dengan rendah hati memohon kepada Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara untuk merealisasikan janji-janji manisnya dari tahun-tahun sebelumnya.


Karena generasi bangsa itu butuh perhatian serius dan aksi nyata, bukan butuh wacana!




Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Biarkanlah Peserta Didik SDK Haumeni Tersiksa dan Katong Tersenyum di Bawah Ruangan Ber-AC!"