Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukraina dan Rusia Bantah Tudingan Amerika Serikat Terkait Invasi Militer Rusia

Militer cantik Rusia di perbatasan Ukraina Timur. Indozone

Penulis: Frederikus Suni

(Jurnalis Metasatu dan Founder Tafenpah)

TAFENPAH.COM, INTERNASIONAL - Ukraina kembali dibuat panik oleh pernyataan-pernyataan dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anthony Blinken terkait informasi penyerangan Rusia ke Ukraina Timur, sesuai dengan laporan dari sumber-sumber inteligen AS yang tidak disebutkan namanya.


Baca Juga: Berkat Doa Paus Fransiskus, Rusia Batal Perang dengan Ukraina


Ya, meskipun pekan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin telah menarik sebagian pasukan tempurnya dari sisi Timur Ukraina dan menyisakan 30.000 pasukan aktif yang masih bertugas di perbatasan Timur. Namun, bukan berarti  Rusia akan bertindak gegabah dalam memantik kemarahan publik internasional.


Sementara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ikut membantah tudingan Amerika Serikat dengan mengatakan pembicaraan tentang invasi Rusia yang akan segera terjadi adalah "tidak pantas".



Menteri Pertahanan Ukraina pun Angkat Bicara

Militer Ukraian berjaga-jaga di perbatasan Timur sengketa dengan Rusia. Reuters

Menteri Pertahanan Ukraina Alexei Reznikov mengatakan serangan "besok atau lusa" tidak mungkin terjadi karena belum ada "kelompok penyerang" Rusia yang terbentuk di dekat perbatasan.


Amerika Serikat tidak perlu menyebarkan ketakutan psikologis kepada publik internasional. Karena tindakan itu berakibat pada ketakutan bagi warga Ukraina yang belum sepenuhnya merasa aman dari bahaya dari luar.


Tak bisa dimungkiri bahwasannya perang opini yang sering kali dilancarkan oleh Amerika Serikat ke Rusia itu hanya sebatas provokasi.


Entah maksud Amerika Serikat menyebarkan ketakutan itu untuk apa, siapa pun tidak tahu rencana AS di belakang layar skenario ini.


Namun, yang terpenting adalah warga Ukraina harus tetap waspada akan ancaman dari pihak-pihak yang memanfaatkan situasi demi kepentingan negaranya.


Sementara, Rusia dengan tegas mengatakan bahwa mereka tidak mudah termakan provokasi dari Amerika Serikat. Selain itu, Rusia juga tidak akan menyerang tetangga mereka.


Skenario dari Amerika Serikat juga memantik kemarahan dari pihak Belarus. Di mana mereka menyalahkan "memburuknya situasi" di Ukraina Timur sebagai salah satu alasan untuk memperpanjang latihan di Belarus yang akan berakhir pada hari Minggu.


Lalu, bagaimana solusi dari Putin untuk keluar dari tudingan Amerika Serikat?

Presiden Rusia Vladimir Putin mencari solusi diplomatik bersama pihak internasional.Reuters

Satu-satunya jalan yang diambil oleh Putin adalah melalui jalur meminta saran dari Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam mencari solusi diplomatik untuk krisis di Ukraina Timur.


Informasi itu juga sampai di telinga Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Johnson mengapresiasi Putin yang mau mengambil jalur diplomatik demi meredam isu invasi militernya ke Ukraina.


Lebih lanjut, Johnson meminta Putin untuk menarik semua pasukannya dari Belarus demi kedamaian dunia, terutama Rusia dan Ukraina sendiri.


Catatan: Karya ini telah dipublikasikan oleh Frederikus Suni di akun Kompasiananya www.kompasiana.com/fredysuni

Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Ukraina dan Rusia Bantah Tudingan Amerika Serikat Terkait Invasi Militer Rusia"