Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Hari Blogger Nasional 2021

Twibbon Hari Blogger Nasional 2021. Tafenpah.com


Membaca adalah cara untuk membuka dunia. Begitu pun dengan ngeblog/blogging, kamu berkesempatan untuk menjadi seorang entrepreneur.


Bukan hanya itu saja, dengan ngeblog, kita bisa melatih kemampuan menulis, analisa, menyelesaikan masalah, berpikir kritis, mengikuti perkembangan zaman, selalu update, menjalin relasi lintas profesi, baik dalam skala lokal, nasional maupun internasional, berkesempatan untuk bekerja sama dengan perusahaan, Google Adsense/iklan, penjualan tautan atau afiliasi, menjual produk sendiri, mendapatkan tawaran menulis biografi toko publik, menjadi influencer, melanjutkan studi, mendapatkan penghargaan dari nasional maupun internasional, menambah uang jajan, membangun personal branding,  dan masih ada sejuta manfaat yang bisa kita dapatkan dari ngeblog.


Apa itu blogging? Ngeblog atau blogging adalah kegiatan literasi yang dilakukan oleh blogger atau penulis blog setiap hari. Tujuan dari blogging adalah memberitahukan atau menginformasikan sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca.


Link Twibbon Ucapan Selamat Hari Blogger Nasional 2021https://www.twibbonize.com/tafenpahl?slide=3


Siapa dan kriteria apa saja yang perlu dipersiapakan untuk menjadi seorang blogger? Sebagai blogger nasional, saya mengatakan bahwa tidak ada batasan bagi seseorang untuk menjadi blogger! Semua orang bisa menjadi penulis blog atau konten kreator. Entah dia itu adalah seorang tokoh publik, mahasiswa, pekerja kantoran, motivator, supir, pedagang kaki lima, pelaku UMKM, ibu rumah tangga, petani, dan berbagai profesi yang kita temui setiap hari.


Terkait mekanisme, prosedur, cara atau kriteria menjadi seorang blogger itu hanya ada tiga yakni;memiliki pengetahuan yang cukup, kemauan untuk belajar dan konsisten.


Tiga hal ini akan membantu kita dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan atau bidang pekerjaan yang kita ketahui.


Akan tetapi, untuk menjadi pribadi yang konsisten itu sangat sulit! Karena setiap hari, kita selalu berhadapan dengan stimulus atau rangsangan dari dalam diri kita maupun lingkungan sekitar untuk tidak konsisten dalam mengembangkan blog atau website yang kita miliki.


Contohnya: ketika saya sementara mengerjakan satu artikel untuk blog saya www.tafenpah.com tetiba ada pesan notifikasi masuk di hanphone saya. Sebagai generasi muda yang memiliki rasa kepo, saya pun mencari tahu ada informasi atau berita apa saja dari notifikasi tersebut.


Di sini muncullah praduga, jangan-jangan pesan itu dari gebetanku. Saya pun memilih untuk tidak melanjutkan tulisan artikel yang sudah setengah telanjang. Lalu, saya hanyut dalam irama perpesanan. “Say-hello” dan canda tawa bersama si gebetan itu pun semakin lama semakin asyik dan akhirnya saya menyadari bahwa masih ada tugas saya. Tapi, jarum jam sudah menunjukkan pukul setengah dua dini hari, saya pun langsung terkapar. Inilah salah satu dorongan dari dalam diri sendiri.


Sementara dorongan atau stimulus dari luar diri adalah berasal dari lingkungan. Contohnya kita bisa memvisualisasikan godaan-godaan apa saja yang pernah kita temui dalam keseharian kita.


Pengorbanan Masa Muda Demi Masa Depan

“Cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah menciptakannya.” Begitulah pepatah klasik nan inspiratif dari Abraham Lincoln, mantan Presiden Amerika Serikat.


Untuk mewujudkan impian menjadi blogger yang handal, kita pun harus mengorbankan masa muda. Baik itu dalam masa pacaran, berjumpa dan bercanda bersama rekan-rekan, nongkrong dan kegiatan-kegitan yang bernuansa anak muda.


Miris, ya memang miris! Tapi, itulah konsekuensi dari sebuah pilihan hidup. Selama ini,mungkin kebanyakan berpikir bahwa saya kurang bergaul dengan orang lain. Akan tetapi, saya lebih memilih untuk menajdi diri sendiri, ketimbang menjadi pribadi yang selalu dikontrol oleh orang lain.


Hidupku adalah masa depanku. Caraku adalah karakterku.Begitu pun hidupmu adalah urusan pribadimu dan masa depanmu juga! Yang terpenting, kita saling menghargai sebagai makhluk yang berakal budi.


Lebih baik saya menghabiskan masa mudaku untuk membangun investasi berupa ilmu pengetahuan di dunia yang saya sukai dan menjadi superhero di usia tua. 


Catatan yang terpenting dari artikel ini adalah jangan pernah melihat seseorang ketika sudah berada di puncak kariernya. Tapi, lihatlah dari jendela masa lalunya, ketika ia memulai langkah pertama. Karena di sanalah kita akan tahu bahwa untuk mencapai sesuatu hal yang membanggakan diri sendiri, orangtua, kampung halaman, nama sekolah/kampus itu membutuhkan proses yang panjang dan lama. – Fredy Suni.


Akhirnya, selamat Hari Blogger Nasional 2021. Jadilah blogger yang mampu mencerahkan diri sendiri, orangtua, keluarga, sesama, lingkungan, maupun bangsa dan negara tercinta.


Link twibbon tafenpah.com: https://www.twibbonize.com/tafenpahl?slide=3






Frederikus Suni
Frederikus Suni Sastra mengalir dari kampung Haumeni untuk literasi Indonesia. Karya novel Terjebak, Superego, Kumpulan artikel editor pilihan Kompasiana Jejak Aksara, Antologi Jurnalisme warga "150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi, Buku Biografi "Wanita Tangguh Peraih Masa Depan. Penulis Media Online Kompasiana, Terbitkanbukugratis.id dan Pep News, NTTBANGKIT.COM. Pernah kuliah di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta. Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) Partai Golkar DPD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Campus Ambassador Internasional at MUN

2 komentar untuk "Selamat Hari Blogger Nasional 2021"