Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Sih Membangun Personal Branding?

Membangun personal branding itu penting bagi setiap orang.Cariduit.id


Setiap orang pasti ingin dikenal di mayapada maupun dunia nyata. Apalagi generasi milenial yang lekat dengan teknologi. Rasanya kurang keren, jika belum memiliki personal branding.


Apa itu personal branding?

Personal branding secara garis besar merujuk pada kegiatan mengkampanyekan keberadaan diri sendiri melalui karya apa saja yang sudah kita kerjakan.


Setiap orang bisa mempromosikan karyanya melalui akun media sosialnya. Tujuan dari kegiatan promosi itu adalah memberitahukan kepada orang lain bahwa ini loh karya ataupun pekerjaan yang sedang saya kerjakan.


Misalnya seorang blogger ataupun penulis seperti saya, tujuan saya mempromosikan aktivitas saya adalah ingin membangun citra diri di dunia digital.


Melalui karya-karya saya seperti buku novel, biografi, buku antologi jurnalisme warga, ratusan artikel, puisi, cerpen yang sudah saya tayangkan melalui blog saya. Entah blog saya di Kompasiana, maupun yang sekarang kamu baca ini.


Kegiatan ini saya lakukan untuk membangun citra diri di dunia mayapada maupun dunia nyata. Dan terbukti, apa yang sudah saya hasilkan melalui karya saya, perlahan-lahan orang memandang saya sebagai seorang penulis dan blogger yang produktif.


Sama halnya dengan kamu yang sering membagikan kegiatan pekerjaan kamu melalui akun medsosmu. Melalui tayangan di akun medsosmu, orang mengenal kamu sebagai seorang karyawan, pebisnis, olahragawan dan lain-lain.


Di mana saja kita melakukan personal branding?

Teknologi telah memudahkan kita untuk membangun personal branding di manapun.Rumah asyam.com


Zaman digital telah memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk membangun personal branding melalui sarana komunikasi apa pun. Seperti yang telah saya utarakan di atas bahwasannya media sosial, website atau blog adalah sarana yang tepat untuk membangun personal branding.


Selain itu, kita juga melakukan kegiatan personal branding melalu jasa yang kita tawarkan kepada sesama di lingkungan tempat tinggal kita. Misalnya seorang tetangga ingin mengerjakan salah satu tugas atau apa pun itu, mereka dirundung kebingungan. 


Tanpa sengaja mereka minta bantuan kepada kita untuk mengerjakannya. Dan hasilnya pun sesuai dengan apa yang diinginkan oleh si tetangga.


Berawal dari kegiatan itu, si tetangga akan mempromosikan kita kepada rekannya yang lain. Dengan begitu, citra diri kita mulai dikenal banyak orang sebagai pribadi yang mahir di bidan jasa tertentu.


Personal branding adalah salah satu sarana yang paling tepat dan efektif bagi seseorang di era digital ini.

Kapan waktu yang tepat untuk membangun personal branding?

Setiap orang memiliki waktu tersendiri untuk membangun personal brandingnya. Seorang pekerja kantoran tentunya memiliki waktu yang berbeda dengan seorang blogger ataupun penulis yang di mana saja bisa menayangkan artikelnya.


Begitu pun seorang petani cengkeh, sayuran, buah-buahan dsb. Karena kita semua memiliki porsi atau kemampuan sendiri dalam menentukan waktu yang tepat untuk mempromosikan atau membangun citra diri.

Siapa saja yang akan melihat personal branding kita?

Siapapun bisa melihat personal branding kita. Blog.Skillakademy.com


Jika kamu adalah seorang pencari kerja, tentu yang akan melirik kamu melalui personal branding yang telah kamu bangun adalah seorang rekruiter atau perekrut kerja.


Seorang mahasiswa yang pandai dalam menulis, bernyanyi, melukis dan beretorika pun dilirik oleh dosennya.


Lebihnya jauhnya, si mahasiswa ini memiliki kesempatan besar untuk memasuki dunia kerja dengan personal branding yang sudah lama ia bangun.


Selain itu, setiap orang, entah dari profesi apa pun pasti melihat personal branding kamu melalui tayangan artikel atau pun karya-karya yang kamu ciptakan dan dipublikasikan kepada masyarakat umum.

Bagaimaan reaksi kamu, ketika mengetahui pentingnya personal branding di era digital?

Tentu kita akan merasa berharga dan senang, jika orang lain melirik personal branding kita.Vickyfahmi.com


Saya yakin kamu pasti semakin terpacu untuk membangun personal branding kamu. Mumpun selagi masih muda, kesempatan untuk membangun personal branding masih terbuka lebar.


Untuk itu, cara terbaik untuk membangun personal branding adalah memanfaatkan media sosial kamu dengan postingan yang bermanfaat dan bernilai tambah bagi pembaca. Bukannya memposting status galau terus.


Okeylah itu tergantung hak kamu. Akan tetapi, jika kamu ingin membangun personal branding, mulai sekarang cobalah untuk membuat postingan yang bermanfaat dan memberikan nilai positif bagi followers kamu.


Terakhirnya, personal branding adalah sesuatu yang sangat berharga di zaman digital. Tidak ada kata terlambat untuk kamu. Yang terpenting kamu mempunyai semangat untuk memperbaharui diri. Niscaya esok dan lusa, personal branding kamu akan menemukan jodohnya.


Salam tafenpah.


Frederikus Suni
Frederikus Suni Sastra mengalir dari kampung Haumeni untuk literasi Indonesia. Karya novel Terjebak, Superego, Kumpulan artikel editor pilihan Kompasiana Jejak Aksara, Antologi Jurnalisme warga "150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi, Buku Biografi "Wanita Tangguh Peraih Masa Depan. Penulis Media Online Kompasiana, Terbitkanbukugratis.id dan Pep News. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara Jakarta

Posting Komentar untuk "Bagaimana Sih Membangun Personal Branding?"