Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mgr. Hironimus Pakaenoni Uskup Baru Keuskupan Agung Kupang (KAK)




Tafenpah.com, Kupang - Hari ini sabtu 09/03/24 secara resmi otoritas gereja Vatikan mengumumkan sosok pemimpin gereja (Uskup) baru yang akan melanjutkan tugas pengembalaan umat Katolik di Keuskupan Agung Kupang. Pengumuman ini disambut bahagia oleh seluruh umat Katolik di kota karang.

Pengumuman ini disampikan langsung oleh Mgr Perus Turang dalam perayaan ekaristi dengan membacakan surat resmi dari Vatikan di Gereja katolik Santa Maria Assumpta tepat pukul 19:00 WIB. Pengumuman ini juga disiarkan secara langsung melalui chanel youtube komsos Keuskupan Agung Kupang. 

“Paus Fransiskus sudah mengumumkan pengangkatan RD.Hironimus Pakainoni sebagai Uskup metropolitan kupang sesudah Mgr Petrus Turang mengajukan pengunduran diri sesuai kanon 401 pasal 1”.Pengumuman ini disaksikan oleh seluruh imam keuskupan kupang dan seluruh umat (dilangsir dari channel youtube komsos atambua).

Rm.Hironimus Pakainoni yang biasa disapa Romo Roni akan mengemban dan melanjutkan tugas pengembalaan sebagai Uskup Agung Keuskupan Kupang mengantikan Mgr Petrus Turang yang telah menuai masa pensiun dalam umur 77 tahun. Rasa penasaran dan tanya dari seluruh umat Katolik di kota karang yang begitu lama menjadi terpenuhi,hal ini terlihat dari banyaknya umat yang berdatangan ke tempat kediamannya untuk mengucapkan selamat dan profisiat atas jabatan suci yag diterima. 

Rm.Hironimus Pakainoni adalah sosok yang rendah hati dan taat.Ketaatan itu beliau tunjukan melalui tugas yang diemban dan dijalankan kurang lebih 19 tahun sebagai dosen teologi di universitas Widya mandira Kupang Fakultas Filsafat dan juga sekaligus sebagai Pembina untuk para frater. Totalitas dan pemberian diri ini menjadi salah satu keutamaan yang beliau miliki dari sekian banyak keutamaan.

“Romo Roni Pakainoni itu adalah sosok pembina yang selalu membuat kami merasa segan dan bahagia ketika kami dekat dengan beliau. dan satu hal yang membuat kami merasakan sikap baiknya adalah ketika memberikan ucapan selamat pagi,siang ataupun malam ia selalu merespon dengan berbalik untuk menatap kami cukup lama dan tersenyium indah" ( Kesan dari salah satu frater)     

 Pemilihan Uskup baru ini memiliki banyak proses yang panjang dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam pemilihan kandidat uskup baru biasanya diajukan langsung oleh Uskup yang sementara memimpin kurang lebih 3 orang dari Keuskupan yang bersangkutan sebagai calon penganti dan dikirim ke vatikan diakhir masa jabatannya hal ini agar ada proses seleksi kelayakan dari setiap kandidat yang diajukan.

Terpilihnya Rm.Hironimus Pakainoni untuk melanjutkan tugas pengembalaan sebagai Uskup sudah secara matang melewati proses seleksi yang cukup lama dan hari ini seluruh umat katolik di Keuskupan Kupang dan seuruh dunia menjadi saksi atas semua ini dan dengan terpilihnya RD. Hironimus Pakainoni sebagai uskup baru Keuskupan Agung Kupang ia akan resmi menjalankan tugas sebagai Uskup setelah menerima Thabisannya. “

Penulis:  Ignas Mano

Editor: Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Mgr. Hironimus Pakaenoni Uskup Baru Keuskupan Agung Kupang (KAK) "