Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemesanan Hotel dari Wisatawan Mancanegara Tujuan Indonesia Menyentuh Titik Tertinggi dalam Kurun Waktu Dua Setengah Tahun ini

Penulis: Mitra Tafenpah | Editor: Fredy Suni

@SiteMinder

Jakarta, Tafenpah.com - Berdasarkan data dari SiteMinder, platform perdagangan (e-Commerce) hotel terbuka terkemuka di dunia, hotel-hotel di Indonesia saat ini tengah menikmati membanjirnya reservasi dari tamu internasional sejak Februari 2020.

Menurut World Hotel Index, indikator terkemuka dunia untuk tren reservasi hotel dan kedatangan tamu milik SiteMinder, hingga Juli 2022 sedikitnya 45 persen reservasi yang masuk ke hotel-hotel partner SiteMinder dilakukan oleh wisatawan mancanegara – sebuah tren yang semakin meningkat sejak Februari 2022 usai dilonggarkannya peraturan bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Dibandingkan dengan era sebelum pandemi, jumlah pemesanan di hotel-hotel partner SiteMinder di Indonesia saat ini berada di level 94 persen dalam perhitungan masa normal 2019, naik dari sebelumnya yang hanya tujuh persen pada April 2020.


Mengomentari preseden baik atas pulihnya pasar tersebut, Regional Vice President Asia Pacific SiteMinder, Bradley Haines, mengatakan, “Tingginya tingkat ketergantungan terhadap pelaku perjalanan internasional, sektor perhotelan di Indonesia tentu merasakan dampak atas dibatasinya pergerakan global dalam beberapa tahun terakhir ini. Namun, ciri dari masa pandemi ini yang diperlihatkan oleh data yang kami pegang adalah betapa cepatnya segala sesuatu dapat berubah.


“Dengan ribuan operator hotel besar dan kecil di Indonesia yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara, namun tidak memiliki akses ke teknologi yang kami sediakan, ada peluang luar biasa yang menanti setiap penyedia akomodasi di Indonesia saat ini dengan dibukanya perjalanan internasional.


“Sebagai platform perdagangan (commerce) hotel terbuka terkemuka di dunia, kami percaya teknologi tidak semata digunakan untuk membantu bisnis-bisnis di Indonesia untuk tetap bertahan namun juga agar berkembang saat negara ini kembali menyambut dunia nanti. Platform kami menyediakan satu tempat bagi operator hotel untuk menjual, memasarkan, mengelola, dan mengembangkan bisnis mereka. SiteMinder menawarkan jalur yang fleksibel bagi para pelaku bisnis perhotelan untuk memulai, meningkatkan atau memperluas skala bisnisnya melalui teknologi distribusi dan pemasaran yang telah meraih banyak penghargaan serta memiliki dukungan layanan nonstop 24 jam setiap hari, serta ekosistem terbesar sekaligus terbaik di kelasnya dalam hal integrasi teknologi, aplikasi, dan mitra.


SiteMinder, yang baru saja meluncurkan platform generasi terbaru guna mendukung industri perhotelan lebih baik, telah secara luas bekerja dengan pelaku bisnis di Indonesia dalam waktu yang cukup lama dengan menyediakan sebuah perspektif yang unik mengenai lanskap industri lokal.


Reza Rizky, E-Commerce and Digital Marketing Manager di Citradream Hotels by Ciputra dengan properti di Cirebon, Semarang, Bandung, Yogyakarta, dan Bintaro telah merasakan manfaat penggunaan SiteMinder. 


“Saya bangga menjadi klien pertama SiteMinder di Indonesia dan telah bekerja sama lebih dari satu dekade. Dalam periode tersebut, SiteMinder telah menjadi partner teknologi yang stabil, apapun kondisinya, sehingga saya sangat terbantu dalam menjalankan pekerjaan saya. Hal yang paling saya sukai dari teknologi mereka adalah user experience yang sangat mudah dimengerti. Mereka juga memiliki sebuah tim lokal yang merupakan nilai tambah tersendiri.


Untuk merayakan kembalinya pelaku perjalanan internasional ke Indonesia dan untuk mendiskusikan implikasinya terhadap penyedia akomodasi lokal, SiteMinder akan menggelar acara roundtable pada 29 Juli 2022 di Trans Resort Bali dengan menampilkan sebuah panel yang terdiri atas sejumlah general manager dari industri perhotelan lokal.

Frederikus Suni Admin Tafenpah Group
Frederikus Suni Admin Tafenpah Group Frederikus Suni (Fredy Suni) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Siber Asia (Asia Cyber University) | Frederikus Suni pernah DO dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta || Terkait kerja sama dan informasi iklan bisa melalui email tafenpahtimor@gmail.com || || Instagram: @suni_fredy || @tafenpahcom || @pahtimorcom || Youtube: @Tafenpah Group

Posting Komentar untuk "Pemesanan Hotel dari Wisatawan Mancanegara Tujuan Indonesia Menyentuh Titik Tertinggi dalam Kurun Waktu Dua Setengah Tahun ini"